Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Mudah dan Hasil Akurat

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Mudah dan Hasil Akurat
lifepack.id

Seruni.id – Berat badan ideal bisa kita hitung dengan mudah dan hasil yang akurat, loh. Bagaimana caranya? Yuk simak caranya berikut ini:

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Mudah dan Hasil Akurat
doktersehat.com

Kita pasti sudah tahu, bahwa berat badan yang berlebihan alias obesitas sangat tidak baik. Bahkan, hal tersebut bisa saja menjadi menjadi risiko datangnya penyakit berbahaya yang dapat mengancam nyawa. Oleh sebab itu, penting sekali bagi kita untuk mengontrol berat tubuh rutin. Dengan mengendalikan berat tubuh, kita bukan hanya mendapatkan tubuh yang ideal saja, tapi juga sehat. Apabila tubuh yang ideal sudah didapatkan, besar kemungkinan kita akan terhindar dari masalah kesehatan.

Orang dengan berat badan berlebihan berisiko mengalami sejumlah penyakit, seperti diabetes, jantung, kolesterol, dan penyakit berbahaya lainnya. Sangat mengerikan bukan jika hal ini terjadi pada diri kita? Untuk meminimalisir risiko tersebut, kita harus mengontrol berat badan. Caranya tidaklah sulit, ikuti saja beberapa cara menghitungnya dengan mudah dan praktis berikut ini:

1. Hitung dengan Kalkulator BMI

Ada yang sudah tahu apa itu BMI? Perlu kamu tahu, Body Mass Index (MBI) atau bisa disebut juga dengan Indeks Masa Tubuh (IMT) adalah salah satu metode menghitung berat badan berdasarkan berat dan tinggi badan. Cara menghitungnya yakni berat badan harus dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Kamu bisa menyimak contohnya berikut ini:

  • Berat badan 70 kg dan tinggi 160 cm  1,60 meter (m)
  • Kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,60×1,60 = 2,56
  • Lalu, bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 70/2,56 = 23,4
  • BMI 23,4 jika dilihat berdasarkan standar World Health Organization (WHO), kamu termasuk normal.

Kategori BMI:

  • Kurang = <18.5
  • Normal = 18.5-24.9
  • Berlebih = 25-29.9
  • Obesitas ==> 30

2. Menghitung dengan Rumus Broca

Selain dengan kalkulator BMI, kamu juga bisa menghitung berat badan dengan rumus Broca. Rumus ini pertama kali ditemukan oleh dr. Pierre Paul Broca pada 1871 dan dipopulerkan oleh dr. BJ Devine pada 1970-an. Penggunaan rumus Broca pada pria dan wanita berbeda, ya. Lihatlah contohnya berikut ini:

Rumus Broca untuk Wanita

  • Cara menghitung berat badan berdasarkan rumus Broca untuk perempuan: ((tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))

Rumus Broca untuk Laki-laki:

  • Cara menghitung berat badan berdasarkan rumus Broca untuk laki-laki: ((berat badan – 100) – (10% x (tinggi badan -100))

3. Menghitung Berat Badan Anak Usia 0 – 12 Bulan

Bukan hanya berat badan orang dewasa saja yang perlu diperhatikan, tapi si kecil juga mesti diperhatikan, loh. Hal ini bertujuan agar anak tidak kelebihan berat badan apalagi kekurangan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Berat badan ideal bayi = (umur saat ini (umur dalam satuan bulan) : 2) + 4

Contoh:

  • Seorang bayi berusia 7 bulan, maka berat badan idealnya adalah:
  • Berat badan ideal = (7 : 2) + 4 = 7,5 kg

4. Menghitung Berat Badan Ideal Anak Usia 1-10 Bulan

Ketika anak sudah memasuki usia 1 tahun, berat badannya juga harus diperhatikan, ya. Cara menghitung berat badan ideal bayi usia 1 tahun, tentu berbeda dari yang sebelumnya. Kamu bisa melihat rumusnya berikut ini:

  • Berat badan ideal anak = 2n + 8 (*n = usia anak dalam satuan tahun)

Contoh:

  • Seorang anak berusia 7 tahun 6 bulan, maka berat badan idealnya adalah:
  • Berat badan ideal = (2 x 7,5) + 8 = 23 kilogram

5. Menghitung Berat Badan Ibu Hamil

Cara yang digunakan untuk menghitung beran badan ideal setiap usia dan kondisi itu berbeda-beda, loh. Misalnya, mengitung berat badan pada ibu hamil. Karena harus mempertimbangkan lamanya usia kehamilan dan berat badan normal janin di dalamnya. Rumusnya adalah sebagai berikut:

  • Berat badan ideal ibu hamil = berat badan ideal + (usia kehamilan (dalam minggu) x 0,35)

Contoh:

  • Anggun sudah memasuki usia kehamilan minggu ke-20. Berat badan idealnya dihitung menggunakan rumus Broca adalah 51 kg. Maka berat badan Muti di minggu ke-20 kehamilannya adalah:
  • Berat badan ideal = 51 + (20 x 0,35) = 58 kg

Baca Juga: 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi

Itulah beberapa cara menghitung berat badan ideal yang sangat mudah dengan hasil yang akurat. Hanya berbekal rumus di atas, kamu bisa langsung mengambil kalkulator dan hitung berat badanmu sendiri. Hal ini bermanfaat, sehingga kamu bisa mengatur pola makan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mari terapkan pola hidup sehat sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.