Cara Mengirim Surat Lamaran Melalui Email dengan Benar

Cara Mengirim Surat Lamaran Melalui Email dengan Benar
cermati.com

Seruni.id – Mengirim surat lamaran melalui email, adalah hal yang paling sering dilakukan oleh para pencari kerja. Sebab, kamu tak lagi harus mendatangi satu perusahaan ke perusahaan lainnya untuk mengirimkan surat lamaran tersebut. Meski demikian, tak sedikit pula perusahaan yang mengharuskan calon karyawannya mengirim surat lamaran kerja secara langsung.

Cara Mengirim Surat Lamaran Melalui Email dengan Benar
tech.wp.pl

Walaupun begitu, masih ada saja beberapa para pencari kerja yang tidak mengetahui bahkan tidak mengerti cara mengirim surat lamaran melalui email dengan benar. Sehingga tidak ada balasan ataupun respons dari perusahaan yang dilamar. Oleh sebab itu, sebaiknya kita harus mengetahui hal-hal penting ketika mengirim surat lamaran kerja melalui email. Berikut caranya:

Tahap Persiapan

Sebelum mengetahui cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan adalam tahap melamar kerja. Berikut ini beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum mengirim lamaran via email:

1. Siapkan Seluruh Dokumen Persyaratan yang Diminta

Pastikan kamu telah membaca secara lengkap informasi lowongan kerja yang kamu dapatkan, sehingga kamu akan dengan mudah mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan.

Pas foto terbaru

  • Scan KTP
  • Surat lamaran kerja
  • CV (daftar riwayat hidup)
  • Scan ijazah pendidikan terakhir
  • Scran transkip nilai (daftar nilai)
  • Scan sertifikan pendukung (toelf, pelatihan, dan pengalaman kerja)

2. Mengubah Berkas Cetak Menjadi PDF

Agar lamaran pekerjaan yang kamu kirim dapat diterima dengan baik oleh HRD, pastikan semua berkas sudah kamu scan, ya. Selain itu, usahakan agar ukuran file tidak besar. Pastikan format file sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, ya. Seperti DOC, PDF, atau JPEG. Namun, jika kamu diminta untuk mengirimkan lamaran dalam bentuk PDF, tetapi berkas tersebut dalam bentuk JPG, PNG, atau DOCX, kamu bisa langsung mengubah berkas tersebut dengan Ms Word atau alat konversi online seperti SmallPDF, dan lainnya. Nah, untuk contoh lamaran kerja via email pdf, kamu bisa mencarinya via internet, ya.

3. Gunakan Email yang Valid atau Menggunakan Nama Lengkap

Untuk kalian yang memiliki email, namun masih menggunakan nama samaran, sebaiknya mulai sekarang kamu harus mengubahnya. Misalnya putri_cantik20202gamial.com ubah menjadi [email protected] Kamu bisa menggunakan Gmail dan Yahoo. Cara mengirim surat lemaran melalui email lebih baik menggunakan gmail. Namum kedua email ini sangat banyak digunakan untuk melamar kerja.

4. Pastikan Pengiriman dengan Email Sesuai Standar

Ada beberpa standar dalam pengiriman surat lamaran kerja via email. Di antaranya, email yang dituju/penerima, CC, subjek, body atau isi email, dan lampiran dengan benar. Untuk waktu pengiriman, ada baiknya dilakukan pada saat jam kerja, dari pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00. Dan tentunya pastikan kamu mengirim pada waktu lowongan kerja masih dibuka. Ini bertujuan bahwa kamu adalah prbadi yang profesional.

Tahap Pengiriman

Setelah semua berkas sudah dipersiapkan, berikutnya kamu bisa langsung melakukan proses pengiriman. Langkah yang berikut ini bisa menjadi cara mengirim lamaran lewat email di hp maupun di PC/laptop. Berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke Gmail

Untuk dapat mengaksesnya, silahkan buka browser melalui hp atau laptop, kemudian akses alamat google.com/mail. Login dengan menggunakan alamat email serta password yang kamu miliki. Setelah berhasil login, silahkan pilih menutu compose/tulis. Tunggu sebentar hingga muncul pop-up untuk menulis email.

2. Isi dan Pastikan Alamat Email yang Dituju Sudah Benar

Pastikan kamu mengecek alamat email dengan teliti, ya. Jangan sampai salah satu huruf atau angka penulisan email. Sebab, hal ini bisa menyebabkan surat lamaran tidak terkirim, karena alamat yang dituju salah.

3. Pastikan Subjek Email Sudah Benar

Tak sedikit lowongan kerja yang mengharuskan para pelamar untuk mencantumkan posisi yang ingin dilamar pada subjek email. Hal ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan mengetahui email yang sudah masuk adalah email lamaran kerja dari para pelamar. Contohnya untuk posisi coutomer service representative. Kamu bisa mencantumkan CSR – Aninda Purtri pada subjek email. Akan tetapi contoh ini tidak melulu dijadikan sebagai patokan. Sebab, beberapa perusahaan ada yang menginginkan subjek yang berbeda dari biasanya. Jadi, kamu harus lebih teliti lagi dalam melihat subjek email yang ada pada lowongan pekerjaan.

4. Tulis Lamaran Kerja di Body Email

Ada baiknya, tulislah lamaran kerja yang kamu ajukan pada bogy email dengan lengkap dan singat. Hindari terlalu bertele-tele dalam menulis lamaran pekerjaan. Kamu bisa menulis surat lamaran kerja dalam bentuk file DOC kemudian masukkan ke dalam lampiran, dan bisa juga menulisa surat lamaran kerja langsung pada body email. Hal ini bertujuan agar HRD dapat langsung membaca lamaran yang kamu kirim, daripada harus mendownload dulu file surat lamaran kerja dalam bentuk doc. Nah, kamu bisa melihat contoh body email lamaran kerja dari internet, ya.

5. Lampirkan Berkas Persyaratan

Jika kolom penerima telah selesai diisi, langkah berikutnya adalah melampirkan berkas persayaratan. Cara melamirkan berkas-berkas tersebut yakni dengan memilih ikon clip, kemudiam pilih berkas yang ingin kamu unggah, file bisa dipilih satu per satu atau menyeleksinya secara bersamaan. Usahakan agar file tidak lebih dari 2 MB. Jadi, perlu diperhatikan dalam melampirkan file, ya. Karena setiap lowongan pekerjaan berbeda-beda dalam melampirkan file. Sejumlah perusahaan ada yang mengharuskan agar semua file dijadikan dalam 1 file PDF, dan ada pila yang meminta agar file digabung dalam bentuk .RAR/.ZIP.

6. Cek Kembali Tujuan, Isi, dan Lampiran Email

Setelah semuanya sudah terisi, kamu harus memeriksa kembali semuanya. Apakah alamat email sudar sesuai persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau masih ada yang kurang. Namun, yang paling penting adalah memeriksa apakah alamat email perusahaan sudah benar dan tidak salah, karena jika ada yang salah surat lamaran tidak akan terkirim.

7. Berdoa dan Kirim Surat Lamaran

Jika semuanya telah lengkap sesuai dengan persyaran yang dibutuhkan perusahaan, Barulah kirim surat lamaran kerja lewat email. Jangan lupa berdoa agar surat lamaran ada dibaca oleh HRD perusahaan dan lamaran teman-teman sesusai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Via Email Lengkap

Contoh surat lamaran melalui email, sebenarnya sama seperti surat lamaran pada umumnya. Namun, yang membedakan hanyalah surat lamaran mengirimkannya lewat email. Adapun contohnya sebagai berikut:

Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 8 Lembar

KepadaYth.
Bapak/Ibu HRDLion Air Groupdi Tempat.
Dengan Hormat,

Berdasakan informasi yang saya baca dari media sosial instagram Recruitment Lion Air Group pada tanggal 20 Februari 2019. Melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk berkerja pada perusahaan Lion Air Group sebagai Staff Ground Operation dan Cargo Operation (GOS).

Berikut ini data singkat diri saya :

Nama                        : Aninda Putri

Tempat & Tgl Lahir     : Medan, 20 Januari 1996
Pendidikan akhir   : Diploma III – Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan, Lulus dengan I.P.K 3.42
Alamat                 : Jl. Pendawa Dusun Cikal Bakal Desa Karang Rejo Kec. Stabat Kab. Langkat
HP                            : 085211224568
Email                        : [email protected]

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, berpenampilan menarik, mampu membangun komuniasi dengan baik dan mampu berkerja secara personal maupun tim. Saya mampu berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Dengan pengalaman kerja didunia telkologi selama 2 tahun saya mampu berkerja menggunakan aplikasi komputer seperti Program SAP, Microsof Visio, Microsoft Access, Microsoft Excel, Photoshop, Saya juga Memahami beberapa bidang IT seperti HTML, Blogger, WordPress dengan Hosting, Memiliki Pengalaman di Bidang SEO (Search Engine Optimization) & SEM (Search Engine Marketing), Internet Marketing dan dapat mengetik dengan cepat. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Pas Photo Berwarna
2. Daftar Riwayat Hidup ( CV / Resume ).
3. Scan KTP.
4. Scan Ijazah.
5. Scan Transkrip Nilai.
6. Scan Sertifikat Pendukung
7. Scan Sertifikat Toefl

Demikian surat pemohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

t.t.d

Aninda Putri, A.Md

Baca Juga: 8 Kiat Sukes Melamar Pekerjaan

Sekian cara mengirim surat lamaran melalui email yang mudah dan tepat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.