5 Cara Menjauhkan Diri dari Media Sosial

radarpekalongan.co.id

Seruni.id –  Apakah Facebook seringkali membuat kamu berubah moody?  Twitter adalah akar dari semua pekerjaan yang tertunda? Dan Instagram membuat kamu dijauhi teman? Kamu tidak perlu takut sendirian apabila merasakannya, percaya atau tidak hal itu juga dirasakan banyak orang. Jika memang demikian yang terjadi, sedikit menjauhkan diri dari media sosial mungkin menjadi solusi cerdas.

Related image
tekno.tempo.co

Mengurangi aktivitas sosialisasi lewat dunia maya sepertinya sedikit menakutkan, namun sadarkah kamu bahwa tak akan ada yang peduli atau merasa kehilangan. Sebaliknya, keputusan tersebut sangat baik sebab kamu akan mendapatkan jam tidur lebih banyak karena tidak perlu terlebih dahulu mengecek Facebook di malam hari atau memiliki lebih banyak waktu membaca buku dibandingkan menelusuri Instagram.

Berikut 5 cara menjauhkan diri dari media sosial yang bisa kamu lakukan.

1. Bersosialisasi Dalam Kehidupan Nyata

Kiat pertama cukup mudah. Sebagian besar orang menggunakan media sosial untuk bersosialisasi, tapi kamu juga bisa melakukannya dalam kehidupan nyata. Dan, tampaknya hal ini akan membantu karena orang yang bersosialisasi lebih banyak dalam kehidupan nyata cenderung memiliki lebih sedikit waktu di dunia maya.

2. Pikirkan Sebelum Memposting

Memang sangat menggoda untuk mengunggah foto makanan yang baru saja kamu masak. Namun jika kamu mengunggah gambar makanan ke-10 dalam seminggu ini, akan lebih baik kamu mengurungkan niatmu.

3. Lebih Baik Teleponan daripada Chatting

Ini adalah kelanjutan dari kiat nomor satu. Jika kamu dapat memilih antara menelepon seseorang atau berbincang lewat kiriman teks, telpon saja mereka. Lakukanlah dengan cara lama, karena kamu harus mengekspresikan emosi tanpa menggunakan emoji dan kamu juga akan melatih keterampilan sosial.

4. Lakukan Akhir Pekan Tanpa Medsos

Beberapa dari kamu mungkin kaget saat membaca ini. Namun percayalah, ini adalah ujian akhir untuk menentukan apakah kamu dapat hidup tanpa media sosial atau tidak. Akhir pekan juga merupakan saat yang tepat untuk ujian karena kamu cenderung memiliki waktu luang yang paling banyak saat itu dan tidak memeriksa akun media sosial merupakan tantangan.

Baca Juga: Cara Cerdas dan Bijak Ajari Anak Gunakan Media Sosial

5. Jalani Hidupmu, Bukan Hidup Mereka

Mungkin ini terdengar agak kasar, tapi jika cukup sibuk dengan kehidupanmu sendiri, kamu bahkan tidak peduli dengan teman media sosial. Sebagai gantinya, ketika kamu memikirkan media sosial, periksa situs berita, kamu akan memiliki lebih banyak pengetahuan dan tidak akan terganggu oleh masalah orang lain.

Itulah 5 cara menjauhkan diri dari media sosial yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak kecanduan dalam penggunaan medsos tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.