10 Cara Merawat Tubuh Pasca Melahirkan

10 Cara Merawat Tubuh Pasca Melahirkan
haibunda.com

Seruni.id – Pasca hamil dan melahirkan, perempuan harus melakukan perawatan tubuh agar tetap terjaga dan tentunya cantik. Hal ini ini dikarenakan kondisi tubuh dan kulit mungkin akan menalami perubahan yang signifikan karena pengaruh hormon. Tak heran jika banyak perubahan tubuh setelah melahirkan, mulai dari bentuk tubuh hingga kesehatan.

10 Cara Merawat Tubuh Pasca Melahirkan
seosponsoprs.com

Untuk meminimalisir permaasalan tersebut, terdapat beberapa cara merawat tubuh pasca melahirkan yang bisa kamu lakukan, loh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Stretch Mark

Stretch mark menjadi masalah yang kerap dikeluhkan para wanita pasca melahirkan. Untuk menguranginya, kamu bisa melembapkannya dengan cocoa butter dan konsumsi lebih banyak vitamin C. Atau bisa dengan mengoleskan krim yang mengandung vitamin A, E, dan D untuk mempercepat penyebuhan kulit setelah melahirkan.

2. Kulit Wajah Kering

Setelah melahirkan, kulit wajah cenderung lebih kering dari biasanya. Kulit yang kering biasanya terdapat pada bagian seperti kuping, hidung, dahi, dan pelipis. Perawatan kulit setelah melahirkan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, ya. Gantilah pembersih wajahmu dengan yang berbahan dasar air.

Pakai juga pelembab yang kaya akan air dan mineral oil. Sebab, pelembab ini terasa lebih ringan dan membuat kulit wajah lebih mudah untuk menyerap semua kandungan sehingga akan membuat kulit wajah lembap sepanjang hari.

3. Kandung Kemih yang Lemah

Jika setelah melahirkan menjadi lebih sering buang air kecil, hal itu menjadi tanda bahwa otot-otot di sekitar pinggul mulai melemah. Setelah melahirkan buah hati, rahim wanita memang akan menyusut lebih cepat memberikan tekanan estra pada kandung kemih.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan kamu rutin melakukan olahraga dasar panggul. Agar kondisi tersebut tidak semakin parah, sebaiknya hindari pula kopi serta alkohol yang dapat mengiritasi kandung kemih.

4. Kantung Mata

Mata sembap, bengkak, berkantung, serta muncul lingkaran mata yang semakin hari semakin terlihat gelap, ini merupakan tanda bahwa kamu kurang tidur setelah melahirkan. Jika kamu sedang menyusui, langkah pertama adalah dengan menjaga kelembapan tubuh, konsumsilah air putih minimal dua liter setiap harinya.

Opsi yang kedua, kamu bisa mencoba memakai serum yang dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam dan kerutan halus pada kantung mata. Kamu juga bisa mencoba eye patch seminggu sekali untuk mengurangi kantung mata dan membuat mata terasa lebih terbuka dan segar.

5. Pigmentasi Kulit

Setelah melahirkan, yang menjadi harapan para wanita adalah hilangnya hiperpigemntasi pada wajah dan melasma. Sayangnya, hal ini tidak akan terjadi selama hormon belum stabil. Dan kondisi ini akan terus berlangsung hingga enam bulan setelah melahirkan.

Perbedaan warna kulit pada wajah bisa kamu kurangi dengan menggunakan masker khusus secara rutin sekali dalam seminggu, yang akan membuat warna kulit wajah kamu lebih merata. Sedangkan untuk kulit tubuh, kamu bisa gunakan pelembap yang mengandung vitamin E dan alfa-hidroksi yang mampu membantu meratakan warna kulit juga melembutkan dan menghaluskannya.

6. Nyeri Punggung Bagian Bawah

Nyeri punggung postpartum adalah keluhan yang kerap terjadi sehabis melahirkan. Hormon kehamilan melonggarkan ligamen dan sendi di sekitar pinggul dan panggul. etelah melahirkan, tubuh harus menyesuaikan kembali. Melakukan beberapa peregangan yoga sederhana dapat membantu meringankan rasa sakit.

7. Rambut Rontok

Krontokan rambut pada wanita yang baru melahirkan biasanya terjadi 3 bulan setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan turunnya hormon progesteron secara drastis. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ya. Sebab, rambut akan kembali tumbuh seperti saat sebelum kamu hamil. Hasilnya akan terlihat setelah 12 bulan melahirkan.

Untuk meminimalisir kerontokan pasca melahirkan, ada baiknya potonglah rambut dengan model lebih pendek. Selain rontok akan berkurang, kamu pun akan terlihat lebih segar. Atau kamu bisa mencoba memakai sampo yang mengandung minyak esensial untuk membangun perlindungan alami kulit kepala sehingga akar rambut akan tumbuh lebih kuat.

Baca Juga: 25 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Mengobati Rambut Rontok

8. Kerutan dan Garis Halus

Banyak sekali wanita yang mengeluhkan munculnya kerutan dan geris halus pada wajah ketika mereka habis melahirkan. Perubahan hormon yang drastis secara tiba-tiba memang menjadi penyebab utama semua permasalahan kecantikanmu, termasuk munculnya kerutan dan garis halus pada mata serta garis senyum.

Demi mengatasi masalah ini, gunakan krim perawatan wajah anti penuaan yang membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah, menjadikan kulit wajah lebih muda, sehat, dan kenyal. Cegah kerutan dan garis halus bertambah dengan selalu mengaplikasikan pelembap yang mengandung tabir surya sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.

9. Kulit kusam

Saat hamil, kulit glowing yang sebelumnya kamu miliki mendadak hilang begitu saja. Kamu merasa kulit berubah menjadi kusam, tidak bercahaya akibat kurang beristirahat selama berminggu-minggu. Mulailah dengan pembersih wajah yang mengandung ekstrak peony untuk membuang sel-sel kulit mati dan mengurangi kekusaman kulitmu. Jika kamu menginginkan kulit wajah bercahaya secara instan, kamu bisa gunakan masker yang kaya kolagen. Selain membantu mengecilkan pori-pori pada wajah, masker ini membantu kulit lelah terlihat segar dalam waktu 10 menit.

10. Kelebihan Lemak Perut dan Pinggul

Latihan abs dan glute sederhana adalah cara terbaik untuk mulai mendapatkan kembali tubuh ideal. Atau cobalah yoga atau Pilates untuk latihan seluruh tubuh yang tidak hanya akan mengencangkan perut tetapi juga akan membuat tubuh kembali ideal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.