Cara Mudah Membuat Sambal Terasi Agar Tahan Lama

Cara Mudah Membuat Sambal Terasi Agar Tahan Lama
resepkoki.com

Seruni.id – Sambal terasi memang cocok disajikan bersama aneka jenis makanan. Bahkan, sambal bisa membuat aneka makanan jadi terasa lebih nikmat, loh. Agar bisa makan nasi plus sambal setiap hari, memang harus membuatnya sendiri di rumah dalam stok banyak.

Cara Mudah Membuat Sambal Terasi Agar Tahan Lama
tabloidbintang.com

Namun terkadang, khawatir jika sambal disimpan terlalu lama, justru akan cepat basi. Tapi, dengan memperhatikan beberapa hal ini, sambal terasi yang kamu buat bisa lebih tahan lama dan tidak mudah basi, loh. Untuk lebih lengkap, langsung saja simak di bawah ini, ya!

1. Cabai, Bawang, dan Tomat Digoreng Hingga Layu

Sebelum mengolahnya, siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan, yakni sebagai berikut:

  • 100 gram cabai merah
  • 50 gram cabai rawit
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah tomat
  • 1 sendok makan terasi (yang sudah dibakar)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula merah (secukupnya)

2. Ulek Sampai Semuanya Halus

Setelah bahan-bahan telah dipersiapkan, kamu bisa langsung menguleknya. Tak perlu terlalu halus, ya. Ulek semua bahan hingga tercampur rata. Lebih pas lagi, jika semua bahan-bahan masih memiliki tekstur yang sedikit kasar.

3. Tumis dengan Api Kecil

Apabila sambal sudah dihaluskan, barulah tumis sambal tersebut dengan api kecil. Goreng sambal sampai mengeluarkan minyak. Karena sambal yang matang, bisa tahan lebih lama. Setelah itu, biarkan sambal sampai benar-benar dingin, jangan langsung dimasukkan ke dalam wadah jika sambal masih panas, untuk menghindari agar sambal tidak cepat basi.

4. Simpan dalam Wadah Berbahan Kaca

Ketika sambal sudah dingin, barulah masukkan ke dalam wadah berbahan kaca. Namun sebelum sambal terasi dimasukkan, sebaiknya cuci wadah tersebut sampai bersih lalu keringkan. Jika ingin sambal lebih tanah lama, kamu bisa menyimpannya di dalam lemari es.

5. Gunakan Sendok Bersih Setiap Kali Ingin Mengambilnya

Setiap kali hendak mengambil sambal, gunakanlah sendok bersih jangan memakai sendok bekas pakai, ya. Karena biasanya jika mengambil menggunakan sendok bekas pakai, sambal terasi justru tidak akan tahan lama.

6. Buat dengan Beragam Variasi

Agar sambal terasi yang kamu buat menjadi lebih nikmat, sebaiknya buatlah dengan banyak variasi. Sambal terasi bisa kamu jadikan dasar sambal-sambal lainnya. Nantinya kamu hanya tinggal menambahkan rebon yang sudah digoreng, dan jadilah sambal terasi rebon yang nikmat disantap. Jika memungkinkan, bisa juga menambahkan teri medan, cumi asin, udang, petang, kemangi, nanas, mangga dan masih banyak lagi. Jangan lupa ya, agar lebih lezat, nikmati sambal bersama nasi hangat.

Baca Juga: Sambal, Pedas nan Nikmat

Mudah banget kan membuat sambal terasi agar lebih tahan lama? Yuk segera buat untuk stok di rumah. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.