6 Hal yang Harus Dipetimbangkan dalam Memilih Hunian untuk Pasangan Baru

6 Hal yang Harus Dipetimbangkan dalam Memilih Hunian untuk Pasangan Baru
banksinarmas.com

Seruni.id – Sebagai pasangan baru, tentu tidak selamanya akan tinggal di rumah meruta. Karena ketika kalian sudah berkomitmen dan mengikat janji suci, maka sudah waktunya kalian mandiri, dan mencari tempat tinggal sendiri.

6 Hal yang Harus Dipetimbangkan dalam Memilih Hunian untuk Pasangan Baru
liputan6.com

Sebagian dari mereka yang telah menikah, ada yang memilih untuk menyewa rumah, membeli, pun menempati rumah hasil gadai. Memilih hunian untuk pasangan baru, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru, ya. Sebaiknya, perhatikan beberapa hal berikut ini, agar tidak menyesal dikemudian hari. Selama menyimak!

1. Perhatikan Besaran Dana yang Dimiliki

Dalam memilih hunian untuk pasangan baru, harus lebih teliti, terutama dalam masalah dana yang dimiliki. Nah, biasanya keuntungan dari membeli rumah berdua adalah tersedianya dana yang lebih banyak dibanding dengan membeli rumah sendiri. Dengan budget yang kalian miliki, kamu dan psangan bisa memilih hunian yang lebih baik. Ini akan terasa sangat adil, karena kalian beruda akan menempati hunian tersebut bersama-sama plus anak-anak kalian nanti. Jangan menunggu lama, karena harga rumah dari tahun ke tahun akan semakin melonjak.

2. Perhatikan Keadaan Lingkungan Sekitar

Sebagai orang yang baru saja keluar dari zona nyaman, dan memutuskan untuk mandiri bersama pasangan, kamu perlu mengevaluasi lingkungan yang nantinya akan menjadi tempat tinggalmu. Bagaimana kondisinya saat hujan, apakah sinar matahari mampu mencapai rumahmu, dan hal lainnya. Itu semua menjadi faktor penting, loh. Sebab, agar nantinya tidak merepotkan.

3. Perhatikan Lokasi dan Ukuran Rumah

Meskipun kalian adalah pengantin baru, namun dalam memilih hunian, harus memperhatikan lokasi serta luas rumah yang akan ditinggali. Karena kelak kalian memiliki buah hati, ia juga akan tinggal bersama. Ukuran tempat tinggal yang terlalu sempit akan menimbulkan ketidaknyamanan, belum lagi ketika ada orangtua, atau saudara yang datang. Menurut kebanyakan orang, tipe rumah ideal untuk pasangan baru adalah tipe 36 dan 45. Namun, ada pula yang berpendapat, tipe 30 masih pantas, asalkan bangunannya bertingkat.

4. Perhatikan Komunikasi Antar Tetangga

Jika sudah menemukan tempat yang dirasa pas, selanjutnya perhatikan pula komunikasi antar tetangga. Cobalah untuk sekedar basa-basi dengan calon tetanggamu nanti. Apakah mereka seorang yang biasa saja, ramah, atau bahkan individual. Jangan hanya mengandalkan rumah yang bagus saja, dalam memilih hunian untuk pasangan baru, sosialisasi pun wajib diperhatikan, ya.

5. Kemudahan dalam Menunjang Kehidupan

Selanjutnya perhatikan pula keberadaan lokasi-lokasi yang akan memudahkan kehidupan kalian. Seperti keberadaan minimarket, sekolah, rumah sakit, pun tempat lain yang dirasa penting. Tidak harus dekat semua, hanya saja kamu harus memastikan bahwa beberapa tempat tersedia tanpa membuatmu kesulitan. Misalnya, warung yang dapat dijangkau dengan jalan kaki, atau rumah tetangga yang berada dekat dari rumahmu.

6. Aspek Kenyamanan

Jangan tergiur dengan rumah harga murah, namun kamu merasa tidak nyaman berada di sana. Sebab, kamu tidak akan tinggal sehari dua hari saja, tapi dengan waktu yang cukup lama dan itu semua dapat mempengarhui kehidupanmu ke depannya. Jujurlah jika tempat tersebut kurang membuatmu nyaman. Serta jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk meninggali sebuah tempat.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Bunga yang Bisa Menebarkan Energi Positif di Dalam Rumah

Itulah hal-hal yang harus menjadi pertimbangan ketika kalian memilih hunian untuk pasangan baru. Jangan ragu untuk saling berdiskusi dan mencari solusi bersama, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.