6 Cara Sederhana dan Aman untuk Mengatasi Mata Kering

  • Bagikan
6 Cara Sederhana dan Aman untuk Mengatasi Mata Kering
portalrepublik.com

Seruni.id – Pernah merasakan mata kering hingga menimbulkan perih? Kondisi ini pasti sangat tidak nyaman. Bahkan, di beberapa kasus, mata kering juga dapat mempengaruhi kualitaas penglihatan.

6 Cara Sederhana dan Aman untuk Mengatasi Mata Kering
hot.liputan6.com

Mata kering atau yang disebut juga dengan sindrom mata kering, adalah kondisi ketika mata tidak dapat menghasilkan cairan sebagaimana mestinya, atau saat air mata tidak bekerja dengan baik untuk melumasi mata.

Jika mengalami hal seperti ini, apa sih yang harus dilakukan? Nah, berikut Seruni sudah merangkumnya untukmu. Namun, kamu harus tahu dulu apa saja penyebabnya, ya. Simak baik-baik!

 

Apa Penyebabnya?

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan mata menjadi kering. Misalnya karena cuaca, seperti udara kering dan berangin, tentu membuat air mata lebih cepat menguap.

Selain itu, tidak sering berkedip juga bisa menjadi faktor yang membuat mata menjadi kering. Biasanya hal ini kerap terjadi ketika sedang bermain game atau menatap layar monitor terlalu lama.

Penyebab berikutnya bisa terjadi karena mengonsumsi obat tertentu. Seperti antidepresan, obat hipertensi, obat jerawat, dan terapi hormon. Biasanya akan ada efek yang dirasakan, salah satunya membuat mata kering. Selain itu, kerusakan kelenjar air mata karena radiasi atau operasi laser mata juga bisa jadi penyebab lainnya.

 

Apa Saja Ciri-ciri dan Gejalanya?

Ketika mata tidak memproduksi air mata dengan cukup atau air mata tidak dapat melumasi dengan baik, biasanya akan ada gejala yang muncul, seperti:

  • Mata terasa perih
  • Lebih sensitif terhadap cahaya
  • Sensasi kesat atau berpasir di dalam mata
  • Terasa panas, menyengat, atau gatal di dalam mata
  • Ada rasa mengganjal di dalam mata
  • Mata memerah
  • Penglihatan kabur
  • Mata lelah dan berair
  • Lendir di dalam atau di sekitar mata

Apabila merasakan kondisi seperti di atas, tapi tidak segera diobati, biasanya akan menimbulkan peradangan, bisul, nyeri, atau bekas luka pada bagian kornea. Pada kasus tertentu, mata kering dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sebagian. Namun, kehilangan penglihatan total sebagai akibat dari mata yang mengering adalah hal yang langka.

 

Cara Mengatasi Mata Kering

Saat mata kering terjadi, lakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya. Di antaranya:

 

1. Mencuci dan Memijat Kelopak Mata Secara Lembut

Kalau kamu merasakan mata sangat kering, segerelah cuci dengan air bersih yang hangat. Cara mencucinya bukan berarti harus menyiramnya dengan air, ya. Melainkan menggunakan lap bersih dan kompres di area mata selama beberapa saat. Kemudian, pijat area mata secara perlahan. Istirahatkan mata sebentar. Kamu bisa menggunakan penutup mata agar cahaya tidak masuk dan menganggu istirahat mata.

 

2. Bersihkan dengan Air Sirih atau Kembang Telang

Kamu juga bisa mencoba cara tradisional untuk mengatasi mata kering, yaitu dengan mencucinya menggunakan air rendaman daun sirih atau kembang telang. Keduanya sama-sama dipercaya dapat memperbaiki keluhan mata raingan, termasuk mata kering. Namun, sebelum menggunakan, kamu harus merebus daun sirih terlebih dahulu dan tunggu sampai dingin. Barulah cuci mata dengan air tersebut dan rasakan mata akan lebih segar dan lembap.

 

3. Memperbanyak Konsumsi Makanan dengan Vitamin A

Bukan rahasia lagi, bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Namun ternyata, selain itu, vitamin A juga penting loh untuk kesehatan pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, kekebalan tubuh, serta perlindungan terhadap radikal bebas. Kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti daging sapi, wortel, aprikot, dan sayuran berdaun hijau.

 

4. Konsumsi Makanan dengan Asam lemak Omega 3

Asam lemak omega 3, memang dikenal sangat baik untuk anak-anak serta ibu hamil. Selain itu, bagi kamu yang mengalami keluhan seperti mata yang kering, juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan tersebut, loh. Adapun jenis makanan dengan asam lemak omega 3 di antaranya yaitu, ikan makarel, salmon, kenari, chia seeds, dan lainnya.

 

5. Memanfaatkan Humidifier

Kalau kamu sering bekerja di ruangan ber-AC dan di depan layar, salah satu menghindari mata kering adalah dengan memasang humudifier atau pelembap ruangan. Alat ini berguna untuk membuat udara menjadi lebih lembap dan meminimalisir kemungkinan mata semakin kering.

 

6. Terapi Akupunktur

Mata kering memang hanya terjadi sementara saja. Namun, dalam beberapa kasus, kondisi ini ada yang berlangsung sampai berhari-hari, loh. Apabila sudah menganggu keseharian, tak masalah jika ingin mencari pengobatan.Salah satunya adalah dengan melakukan terapi akupunktur. Melansir dari healthcmi.com, terapi ini bisa meningkatkan sekresi dan stabilitas air mata, menahan penguapan air mata dan mencegah kerusakan mata. Namun, pastikan kamu memilih akupunktur yang aman, ya. Agar tidak mengalami efek samping yang merugikan.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi mata kering yang bisa kamu lakukan. Ingat, kesehatan adalah yang utama.

  • Bagikan