Cara Tepat Mengenalkan Uang pada Anak Usia Dini

Cara Tepat Mengenalkan Uang pada Anak Usia Dini
google.com

Seruni.id – Sebagai orangtua, kita dituntut untuk memberi banyak ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada anak. Agar mereka siap mengahadapi kehidupan. Salah satu yang penting sekali kita ajarkan adalah mengenalkan uang pada anak. Apalagi, hampir seluruh aspek kehidupan berkaitan dengan uang.

Cara Tepat Mengenalkan Uang pada Anak Usia Dini
google.com

Mengedukasi anak sejak dini tentang konsep uang, mampu melatih mereka untuk menunda keinginan mereka dan membuatnya terampil dalam membuat perencanaan. Jangan sampai ia justru tidak mengerti mengenai uang, sehingga mereka akan bingung dan tidak pandai dalam mengelola uang yang dimilikinya. Jika masih ragu dan bingung bagaimana cara tepat mengenalkan uang pada anak, berikut telah Seruni rangkum dari berbagai sumber:

1. Kenalkan Anak dengan Konsep Keuangan

Ketika anak sudah mengerti tentang uang, sebaiknya jangan lepas ia begitu saja dan jangan lelah untuk mengarahkannya. Sebagai orangtua, kamu harus lebih dulu bisa menjelaskan mengenai jenis-jenis uang, mulai dari uang kertas dan uang logam. Kemudian jangan lupa jelaskan kepada mereka nominal dari masing-masing uang ini berguna untuk anak agar ia tidak berpikir bahwa semua uang itu sama nominalnya. Jelaskan sebisa mungkin dengan menggunakan bahasa yang dapat mereka pahami.

2. Berikan Mereka Gambaran Mengenai Cara Menggunakan Uang

Anak-anak dengan pemikirannya yang masih sangat polos, mungkin akan bertanya “Untuk apa sih kita punya uang?”. Nah, saat seperti ini, kita perlu mengajaknya dalam memberikan gamabaran mengenai cara menggunakan uang. Pada tahap awal, kita bisa mengajarkan konsep uang ke anak melalui sebuah permainan. Salah satunya yakni permainan monopoli.

Dari permainan ini, mereka akan belajar mengenai sistem jual-beli dengan metode uang sebagai alat tukar hingga paham fungsi dari bank sebagai tempat untuk menyimpan uang.Selain itu, bisa juga mengajak anak berbelanja terutama saat ingin melakukan pembayaran. Dari kegiatan ini, anak akan melihat proses jual beli hingga pembeli dan penjual melakukan transaksi. Kegiatan ini akan membuat anak memahami cara bertransasi menggunakan uang.

3. Berikan Anak Uang Saku

Tak ada salahnya untuk memberikan anak uang saku. Bukan bermaksud agar anak bisa jajan sembarangan, loh. Tapi, dari uang saku ini, kita bisa mengenalkan konsep uang kepadanya. Perlu diingat, uang saku yang diberikan pada anak secukupnya saja, ya, jangan berlebihan. Tujuannya agar ia tidak terbiasa jajan dan memiliki sifat boros. Ini juga berguna agar anak memiliki tanggung jawab terhadap uang yang ia miliki.

4. Ajak Mereka ke Bank atau ATM

Ketika melihat kita membayar di kasih dengan kartu debet atau kartu kredit, anak mungkin akan berpikira bahwa kartu bisa memberi uang kapan saja yang kita mau. Tunjukkan pada anak, bahwa uang yang keluar itu merupakan tabungan selama ini. Dengan begitu, ia akan lebih mengenal tentang manfaat dan keuntungan menabung.

5. Jangan Lupa Ajarkan Anak untuk Saling Berbagi

Mengenalkan uang pada anak tak melulu dengan cara menabung. Ajarkan pula pada mereka tentang rasa empati dan pentingnya berbagi pada sesama yang lebih membutuhkan. Mulailah dengan menceritakan alasan mengapa kita harus saling memberi dan membantu. Jelaskan juga, bahwa tidak semua anak di dunia ini cukup beruntung untuk memiliki uang. Katakan padanya, bahwa dengan berbagai sedikit uang, tidak akan membuat kita kekurangan.

Baca Juga: 7 Cara Menabung Yang Benar dan Mudah

Dari mengenalkan konsep uang pada anak, ternyata banyak pelajaran penting yang bisa anak-anak ambil. Jadi, jangan ragu mengenalkan uang pada anak, ya. Yang terpenting jangan pernah mengajarkan anak untuk berperilaku boros ataupun pelit. Karena semuanya harus seimbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.