Cemas Jelang Persalinan? Ini Tiga Doa yang Dianjurkan Rasul

muslimah-hamil-
google.com

Seruni.id – Menanti kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga kecil menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orangtua, apalagi jika dinanti adalah anak pertama. Meskipun persalinan membutuhkan persiapan fisik dan mental yang cukup, kehadiran bayi tetaplah membahagiakan. Jelang persalinan merupakan saat-saat yang sangat menegangkan.

Cemas Jelang Persalinan? Ini Tiga Doa yang Dianjurkan Rasul
google.com

Saat itu, seorang ibu diuji. Tak jarang mereka merasa cemas dan khawatir akan keselamatan diri dan calon bayinya itu. Maka dari itu, bagi seorang wanita Muslim yang sedang mengandung sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa, agar dapat melahirkan dengan lancar. Berikut ini beberapa doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada setiap umatnya:

1. Doa Ketika Ditimpa Kekhawatiran

Rasulullah SAW pernah memberi petunjuk kepasa Asma binti Umais, beliau bersabda, “Maukah engkau aku ajari beberapa kata yang bisa kau ucapkan saat dalam kekhawatiran? (ucapkan): ‘Allah, Allah Rabbku. Aku tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun'”. (HR. Abu Dawud)

2. Doa Saat Ditimpa Kesulitan pun Kesedihan

Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda, “Apabila seorang hamba ditimpa kesulitan dan kesedihan, berdoa:

“Ya Allah, aku adalah hamba-Mu, anak hamba-Mu yang laki-laki dan anak hamba-Mu yang perempuan. Ubun-ubunku berada di tangan-Mu. Keputusan-Mu pada diriku pasti terjadi dan adillah ketentuan-Mu pada diriku. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama milik-Mu yang Engkau sebutka untuk diri-Mu dan Engkau turunkan dalam kitab-Mu dan Engkau ajarkan kepada salah seorang makhluk-Mu atau masih dalam perkara gaib yang hanya Engkau sendiri mengetahuinya. Jadikanlah Alquran penyejuk hatiku, cahaya penglihatanku, pembebas kesedihanku, dan pengusir kegelisahanku.’ Allah pasti akan menghilangkan kesulitan dan kesedihannya dan menggantikan dengan kemudahan.” (Shahih Al Kalimit Thayyib Ibnu Taimiyyah)

3. Doa Saat Mengalami Ketautan

Abu Bakrah meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Doa orang yang tertimpa ketakutan adalah:

“Ya Allah, hanya rahmat (kasih sayang)-Mu lah yang kuharap. Maka itu, jangan Engkau biarkan diriku sendiri sekejap mata pun dan perbaikilah semua urusanku. Tiada Illah selain Engkau.” (Shahih Al Adabil Mufrad [261], no 539)

Baca Juga: 4 Metode Persalinan yang Dipercaya Akan Mengurangi Rasa Sakit

Demikian ketiga doang yang dapat Seruni sampaikan yang dapat diamalkan oleh ibu hamil yang sedang gelisah menunggu atau menjalani proses persalinan. Semoga bisa dipahami dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.