Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Seruni.id – Ada beberapa film tentang Ibu yang bisa kamu saksikan bersama keluarga saat peryaan Hari Ibu di 22 Desember nanti, loh.

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Ibu memiliki peran penting dalam hidup kita, mulai dari mengandung, melahirkan, hingga membesarkan dan mendidik setulus hati. Karena perannya yang sangat penting, tak heran kalau tanggal 22 Desember selalu diperingati sebagai Hari Ibu.

Perayaannya bisa tentu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya menghabiskan waktu bersama Ibu dengan menonton film tentang Ibu bersama. Ada beberapa film yang bisa menjadi referensi tontonan kita bersama Ibu di hari spesial nanti nih, apa saja, ya?

1. A Mother’s of Love

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Jika melihat dari judul memang seperti film luar negeri, tapi siapa sangka kalau ‘A Mother’s of Love’ ini adalah salah satu film Indonesia tentang Ibu. Film bergenre horor karya Joko Anwar ini menceritakan tenang Murni yang diperankan oleh Marissa Anita, seorang Ibu tunggal dan memiliki anak bernama Jody (Muzzaki).

Kehidupan mereka bisa dibilang dalam keadaan ekonomi yang sulit, sehingga mereka diusir dari kontrakan dan harus menemukan tempat tinggal baru. Suatu hari, Murni kehilangan putra semata wayangnya dan berusaha mencari keberadaan sang anak. Dengan segala usahanya, ia pun menemukan Jody yang sedang di loteng.

Ternyata Jody tak sendirian, banyak anak-anak kecil di dalamnya. Konon, katanya mereka adalah anak-anak yang hilang. Muncullah rasa penasaran Murni, sehingga ia ingin menyelidiki kasus tersebut, namun sayangnya hal tersebut justru membawa petaka besar. Murni harus berhadapan dengan Wewe Gombel, sehingga alur cerita di dalamnya semakin menegangkan.

Serial antologi horor Folklore karya Joko Anwar ini memang mengambil mitos tentang Wewe Gombel, setan penculik anak-anak. Film ini bukan hanya berisi horor saja, melainkan menceritakan tentang Wewe Gombel yang ingin sekali memiliki anak. Maka dari itu, Wewe Gombel selalu menculik anak kecil karena ingin mempunyai anak.

2. Athirah

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Berikutnya ada film Athirah, dimana ini adalah sebuah film biografi yang mengisahkan tentang Ibunda Jusuf Kalla, Hj. Athirah Kalla. Athirah telah rilis pada 29 September 2016 lalu. Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Alberthiene Endah. Film tentang Ibu yang disutradarai oleh Riri Riza ini bercerita tentang kehidupan Athirah (Cut Mini) yang goyah ketika sang suami menikahi perempuan lain.

Dalam lingkup budaya yang memungkinkan ini terjadi dan tanpa ruang bagi perempuan untuk bisa menolak, Athirah bergulat melawan perasaannya demi mempertahankan keutuhan keluarganya. Sementara itu, anak laki-laki tertutanya, Ucu (Jusuf Kalla) yang diperankan oleh Christoffer Nelwan, tidak tahu pada siapa ia harus berpihak. Ibunya adalah orang yang sangat ia cintai, penuh kesabaran dan baik hati, sementara Bapaknya tetap menjadi sosok yang ia kagumi.

3. Ada Surga di Rumahmu

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Film tentang Ibu berikutnya ini berjudul Ada Surga di Rumahmu, film ini memiliki genre komedi religi anak-anak yang menceritakan kehidupan dalam pesantren. Ramadhan (Raihan Khan) yang berusia 12 tahun memang dikenal memiliki karakter sulit diatur dan nakal, sehingga harus masuk pondok pesantren. Sang Mama (Elma Theana) ingin anaknya memiliki karakter yang baik dan taat agama.

Dalam film ini, karakter Elma Theana membuat jalan ceritanya mengharukan, apalagi jika telah banyak berkorban untuk sang anak. Selain itu, sang Ayah dari Ramadhan yang diperankan oleh Budi Khairul harus menjual satu gijalnya. Pengorbanan ini ia lakukan untuk membiayai sang anak selama belajar pesantren. Ada banyak sekali pesan modal yang bisa kamu ambil dari film Indonesia tentang Ibu yang bikin nangis ini.

4. Susah Sinyal

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Film garapan Ernest Prakasa ini merupakan salah satu film tentang Ibu dan anak perempuannya yang sering bertengkar. Hal ini karena Ellen (Adinia Wirasti) dan anak semata wayangnya Kiara (Aurora Ribero). Ellen yang sudah bercerai dengan suaminya selalu sibuk bekerja, hingga Kiara tumbuh menjadi remaja yang kehilangan sosok Ibu.

Kiara justru lebih dekat dengan sang nenek. Hingga suatu hari, sang nenek meninggal dunia. Pernah suatu ketika Kiara terlibat masalah di sekolah hingga membuat ibunya harus menghadap guru BK. Pada akhirnya, sang guru pun menyarankan keduanya untuk berlibur bersama.

5. Emak Ingin Naik Haji

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Film yang cocok di tonon saat Hari Ibu berikutnya ada Emak Ingin Naik Haji, yang rilis pada 2014 lalu. Film tentang Ibu ini diperankan oleh Reza Rhardian (Zein) dan Ati Kanser (Emak). Emak yang bekerja sebagai penjual kue berusaha mengumpulkan uang untuk menyambung hidup dan keinginan besarnya naik haji.

Sebagai anak, Zein pun berusaha membantu Emak untuk menggapai cita-citanya agar bisa naik haji. Film Emak Ingin Naik Haji sangat mengharukan karena memperlihatkan perjuangan Zein dan Emak agar keinginannya benar-benar tercapai. Pesan moral yang ada di film ini bisa diambil sebagai pembelajaran tersendiri untuk anak-anak.

6. Me vs Mami

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Me vs Mami cocok sekali untuk ditonton bersama Ibu tersayang, film tentang Ibu dan anak perempuannya ini telah rilis pada tahun 2016 lalu. Film ini menceritakan tentang kehidupan ibu dan anak yakni Mira (Irish Bella) dan mami Maudy (Cut Mini). Berawal dari perceraian mami Maudy dengan sang suami, hubungannya dengan putri semata wayangnya berujung konflik. Suatu hari keduanya harus bersatu memenuhi permintaan terakhir neneknya, Uci.

7. Wedding Dress

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Drama Korea tidak hanya menceritakan tentang kisah sepasang kekasih saja, namun ada pula film tentang Ibu Korea yang begitu mengharukan. Seperti film yang satu ini, Wedding Dress menceritakan tentang seorang Ibu tunggal yang mengidap kanker dan karenanya ingin mempersiapkan kehidupan putri tunggalnya di sisa waktunya.

Sekalipun menderita penyakit parah, film ini menggambarkan bagaimana cinta seorang ibu tak terbatas dan tak terhingga sepanjang masa. Ia tetap mengutamakan dan memikirkan anaknya ketika waktunya sendiri di dunia hampir tak bersisa.

8. Thread of Lies

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Hyun Sook adalah Ibu tunggal yang tinggal bersama dua anak remajanya yang masih sekolah. Namun, pada suatu hari putri bungsunya yang masih berusia 14 tahun memutuskan untuk bunuh diri. Sambil berusaha meneruskan hidupnya dan putri sulungnya, tak mudah bagi Hyun Sook untuk keluar dari rasa bersalah dan penyesalan atas kematian putri bungsunya itu.

Dalam film ini kamu akan melihat bagaimana kesedihan dan rasa bersalah yang dirasakan oleh seorang Ibu saat melihat anaknya meninggal lebih dulu daripada ia sendiri. Juga bagaimana beliau begitu merindukan anaknya yang telah meninggal tersebut.

9. Mom

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Merupakan film tentang Ibu yang tayang di stasiun tv MBC pada 5 September 2015-21 Februari 2016, Mom menceritakan tentang seorang Ibu tunggal yang telah membesarkan keempat anaknya hingga dewasa seorang diri.

Namun, tak seorang pun dari keempat anaknya tersebut yang benar-benar peduli terhadapnya. Dengan jumlah episode yang cukup banyak, drama ini akan mengajarkanmu banyak hal tentang cinta Ibu dan pentingnya untuk membahagiakan beliau yang telah susah payah membesarkan dan memberikan cinta pada anak-anaknya.

10. Missing

Deretan Film Tentang Ibu yang Cocok Ditonton pada 22 Desember!

Film Missing menceritakan tentang seorang Ibu yang berusaha menemukan bayinya yang diculik oleh sang pengasuh. Dalam usaha pencariannya tersebut, ia menelusuri jejak masa lalu pengasuh bayi yang ia ia sewa dan menemukan fakta mengharukan di baliknya.

Dalam film tentang Ibu ini, mengambarkan tentang bagaimana besarnya cinta seorang Ibu yang berusaha untuk merawat anaknya dengan baik sembari sibuk bekerja di luar. Juga bagaimana beliau rela memberikan segala yang ia miliki asalkan bisa bertemu kembali dengan anaknya yang menghilang. Benar-benar film yang mengharukan!

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Libur, Bikin Kamu Makin Semangat!

Itulah beberapa rekomendasi dari film keluarga yang cocok kamu saksikan saat Hari Ibu, ada banyak pesan moral yang bisa kamu ambil di dalamnya. Rekomendasi film di atas pun bisa kamu tonton bersama keluarga atau anakmu agar mereka memahami perjuangan orangtua. Selamat menonton!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.