10 Ciri Istri Durhaka Menurut Islam yang Harus Kita Tahu

  • Bagikan
10 Ciri Istri Durhaka Menurut Islam yang Harus Kita Tahu
siapgrak.com

Seruni.id – Bagaimanakah ciri istri durhaka menurut Islam? Berikut Seruni akan merangkumnya, semoga ciri-ciri berikut ini tidak ada di dalam diri kita, ya.

10 Ciri Istri Durhaka Menurut Islam yang Harus Kita Tahu
popmama.com

Salah satu faktor pendorong terciptanya keluarga yang harmonis adalah hadirnya seorang wanita yang menjalankan perannya sebagai seorang istri dengan baik. Misalnya, taat kepada Allah SWT, suami, dan agama. Namun, tak sedikit wanita yang kurang memahami pentingnya hal tersebut, disadari atau tidak, mereka justru melakukan hal-hal yang sifatnya durhaka. Ingatlah, bahwa rida suami adalah rida Allah SWT, sehingga kita semua wajib mengetahui ciri istri durhaka menurut islam berikut ini:

1. Keluar Rumah Tanpa Izin Suami

Bagi wanita yang telah menikah, segala sesuatu yang akan dilakukan harus memperoleh izin dari suami terlebih dahulu. Sebab, suami adalah kepala keluarga yang menjadi penanggung jawabmu di akhirat kelak. Apabila seorang istri keluar rumah atau pergi tanpa seizin suami, maka setiap langkahnya akan dilaknat oleh para malaikat. Hukum keluar rumah tanpa seizin suami adalah haram. Salah satu alasan yang membuatnya haram karena meninggalkan suami mengarah pada terjadinya perceraian.

 

2. Menuntut Kesempurnaan dalam Rumah Tangga

Ciri istri durhaka menurut Islam berikutnya, selalu menuntut kesempurnaan dalam rumah tangga. Tak dipungkiri, setiap orang pasti menginginkan rumah tangga yang selalu diselimuti kebahagiaan tanpa cela. Namun, itu tentu tidak mungkin terjadi, karena tidak ada yang sempurna di dunia ini. Perselisihan adalah hal yang lumrah terjadi, tapi jangan sampai istri menuntut agar kehidupan rumah tangga yang sempurna, karena bisa saja itu menyakiti hati suami. Bagaimanapun, pasangan sedang berusaha untuk membahagiakan kita semampunya, jadi hargailah dan terima kekurangannya.

 

3. Mengingkari Segala Bentuk Kebaikan Suami

Wanita yang kufur akan nikmat, terlebih atas kebaikan suami, merupakan salah satu ciri istri durhaka. Pasalnya, hal tesebut tidak menunjukkan rasa terima kasih atas kerja keras suami yang telah memberikan hal-hal baik, contohnya adalah gaji. Bagi istri yang diberi nafkah, tapi tidak merasa puas dengan nominal yang berikan, maka sudah menunjukkan bahwa dirinya tidak bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan melalui suaminya.

 

4. Cemburu yang Berlebihan

Cemburu adalah hal yang wajar dirasakan bagi mereka yang telah berpasangan. Akan tetapi, jika cemburu secara berlebihan dan tidak didasari dengan alasan yang kuat, maka hal ini perlu dihindari, ya. Istri yang terlalu protektif berlebihan, apalagi sampai mengekang suami, bisa membuatnya menjadi tidak nyaman dan justru menciptakan kehidupan rumah tangga yang tidak harmonis.

 

5. Sibuk dengan Kegiatan di Luar Rumah

Bukan masalah jika wanita memiliki kegiatan lain di luar rumah, seperti bekerja misalnya. Namun perlu diingat, jangan biarkan kegiatan tersebut membuatmu lupa bahwa kamu adalah seorang istri. Jangan biarkan kegiatanmu di luar rumah, membuatmu abai dan menelantarkan keluarga di rumah, ya.

 

6. Tidak Bisa Menjaga Perasaan Suami

Tidak bisa menjaga perasaan suami merupakan salah satu ciri istri durhaka yang harus kita hindari. Salah satu contoh sikap yang bisa melukai hati suami adalah berperilaku kasar dan mengeluarkan umpatan yang menyakiti hati. Hindarilah hal-hal tersebut, baik bagi istri maupun suami. Sebab, sudah sepatutnya, sepasang insan yang disatukan dengan ikatan yang sakral dapat saling menghargai, mencintai, dan membahagiakan satu sama lain.

 

7. Menceritakan Keburukan Suami atau Keluarga ke Orang Lain

Tak ada satu pun manusia yang tak memiliki kelemahan dan kesalahan, begitupun suami yang hanya manusia biasa. Meski demikian, bukan berarti sebagai istri bisa dengan seenaknya menceritakan keburukan tersebut pada orang lain, ya. Kamu mungkin menganggap hal ini biasa saja dan sering berkeluh-kesah seputar kebiasaan buruk pada suami pada teman. Namun, hati-hatilah dalam bercerita tentang unek-unek yang bersangkutan dengan suami atau keluarga. Karena tahukah kamu? Mengumbar air pasangan adalah salah satu dosa besar, loh.

 

8. Mengkhianati Suami

Ciri istri durhaka berikutnya yaitu berkhianat. Bagi suami atau istri, mengkhianati pasangan adalah tindakan yang akan menimbulkan dosa dan keburukan. Bukan hanya menyakiti hati pasangan, hal tersebut juga bisa melukai keluarga dan menodai pernikahan.

 

9. Sering Mengeluhkan Kehidupan Berumah Tangga

Tak ada rumah tangga yang benar-benar sempurna, ada baiknya sebagai manusia untuk selalu bersyukur dan tabah dalam segala hal, terutama ketika menjumpai masalah di dalam rumah tangga. Istri yang sering mengeluhkan tentang kehidupan rumah tangganya, maka ia menunjukkan ciri dari istri yang durhaka. Pasalnya, itu artinya ia tidak bersyukur atas segala nikmat dan karunia di rumah tangganya.

10. Memaksa Suami Menuruti Keinginannya

Kadang kala, ada beberapa tindakan istri yang mengarah pada terkekangnya suami. Misalnya, terlalu protektif, materalistis, hingga perasan ingin didengar tanpa mau mendengar, adalah salah satu ciri istri durhaka menurut Islam. Baik suami maupun istri sudah seharusnya melakukan segala hal (dalam kebaikan) yang diinginkan karena itu merupakan haknya. Namun, jika istri secara koersif meminta suami melakukan hal yang sebenarnya tidak ingin suami lakukan, maka hal itu termasuk zalim. Istri yang salihah tentu menghindari tindakan tersebut.

Baca Juga: 7 Ciri Istri yang Dapat Menolong Suami di Akhirat Kelak

Itulah 10 ciri istri durhaka menurut Islam yang harus kita hindari. Semoga ciri di atas tidak ada di dalam diri kita, ya.

  • Bagikan