7 Ciri Istri yang Dapat Menolong Suami di Akhirat Kelak

  • Bagikan
7 Ciri Istri yang Dapat Menolong Suami di Akhirat Kelak
haloriau.com

Seruni.id – Ada tujuh ciri istri yang dapat menolong suami di akhirat kelak. Bagaimanakah cirinya dan apakah kita memiliki ciri-ciri tersebut? Mari simak jawabannya berikut ini.

7 Ciri Istri yang Dapat Menolong Suami di Akhirat Kelak
umma.id

Istri adalah pendamping hidup bagi suami. Tak hanya menemani suami dalam menjalani kehidupannya, tapi peran istri mampu membuat kehidupan suaminya menjadi lebih baik, bahkan kebaikannya bisa membawa mereka ke surga bersama-sama.

Setiap wanita yang telah bersuami, pasti mereka tak ingin membiarkan suaminya terjebak dalam dosa dan keburuan di dunia, terlebih hal tersebut dapat mengantarkannya menuju neraka. Namun, dengan kehadiran istri sallilah, maka bisa menjadi penolong suami di akhirat kelak. Berikut Seruni telah merangkum beberapa ciri istri yang dapat menolong suami di akhirat nanti.

 

1. Memiliki Pengetahuan Agama yang Cukup

Ciri istri yang dapat menolong suami di akhirat kelak, ialah mereka yang memiliki pengetahuan agama yang cukup. Dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni, sehingga mereka mampu mengetahui mana yang benar dan salah. Ilmu pengetahuan agama yang cukup, juga bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

2. Selalu Mengingatkan Suami

Istri yang baik tidak hanya menjadi pendamping bagi suami saja, tapi juga menjadi alarm pengingat dan menjadi cahaya bagi suami. Sebab, ada kalanya suami melampaui batas dan harus diingatkan. Baik istri maupun suami sama-sama harus saling menjaga dan meningatkan hal-hal yang harus diperbaiki agar terhindar dari dosa-dosa. Tidak hanya menolong dirinya sendiri, seorang istri yang demikian juga mampu menolong suami di akhirat nanti.

 

3. Menutup Aurat dan Menjaga Dirinya Sendiri

Wanita yang memiliki ilmu pengetahuan agama yang cukup, mereka akan paham bahwa menutup aurat adalah wajib bagi setiap muslimah. Istri yang dapat menolong suami di akhirat kelak, ialah istri yang tidak hanya mengetahui dan mendapatkan ilmu-ilmu agama, tapi menerapkannya dalam kehidupan. Dengan menutup aurat dan menjaga diri sebaik mungkin, maka istri tersebut telah memuliakan suaminya.

 

4. Memiliki Banyak Bekal Ilmu untuk Hidup

Bukan hanya memiliki ilmu agama, seorang istri yang dapat menolong suami di akhirat kelak, biasanya memiliki banyak bekal ilmu untuk hidup yang dijalaninnya. Istri yang baik, tentunya mereka akan tabah dan sabar dalam menghadapi berbagai persoalan dalam hidup, serta ulert dalam menjalani kehidupan yang berliku.

 

5. Taat pada Suami dalam Kebaikan

Istri yang taat adalah salah satu ciri istri yang salihah dan dapat menolong suaminya di akhirat kelak. Dengan catatan, ketaatan tersebut dalam hal kebaikan. Apabila seorang istri tidak bersedia untuk taaat, maka ia telah menjadi istri durhaka. Dengan demikian, ia tidak bisa menjadi penolong suaminya. Sebab, ia tak dapat menolong dirinya sendiri. Hubungan yang demikian, hanya akan mengarah pada pertikaian dalam pernikahan.

 

6. Berusaha Menyenangkan Hati Suami

Ciri istri yang dapat menolong suami di akhirat kelak, ialah mereka yang selalu berusaha menyenangkan hati suami. Ada berbagai cara untuk menyenangkan suami, mulai dari berhias, memberikan kalimat yang menyejukkan hati, serta memberikan perhatian-perhatian kecil yang berarti untuknya. Para istri wajib tahu, bahwa dengan menyenangkan dan menenangkan hati suami, maka mereka akan terhindar dari dosa-dosa seperti amarah dan sakit hati karena istri.

 

7. Menjaga Kehormatan dan Harta Suami

Sebagai istri yang baik, pasti paham betapa pentingnya menjaga nama baik suami. Mereka pasti tak akan pernah melakukan hal yang justru mencemarkan martabat suami. Seperti menceritakan keburukan suami dan keluarganya. Jika demikian, maka bisa dikatakan istri tersebut sudah durhaka. Nama adalah lambang kebaikan dan kehormatan suami, sehingga ia harus dipelihara dari berbagai macam label negatif.

Tak hanya nama baik, harta suami juga harus dipelihara sebaik mungkin. Harta yang tak digunakan dalam hal kebaikan, maka ia hanya akan mendatangkan mudarat bahkan hingga dosa. Hal ini harus dijaga oleh istri, meski ia sedang tak berada di dekat suami.

Baca Juga: 8 Tips LDR bagi Pasangan Suami Istri Agar Tetap Harmonis

Demikianlah beberapa ciri istri yang dapat menolong suami di akhirat kelak. Perlu diingat, jika ingin menolong suami, maka seorang istri harus bisa menolong dirinya sendiri. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan