5 Ciri Teman Sejati Menurut Islam, Kamu Harus Tahu!

  • Bagikan
5 Ciri Teman Sejati Menurut Islam, Kamu Harus Tahu!
dream.co.id

Seruni.id – Ingin tahu bagaimana sebenarnya ciri teman sejati menurut Islam? Atau kamu ingin menjadi salah satu teman sejati itu sendiri? Berikut Seruni berikan ulasannya.

5 Ciri Teman Sejati Menurut Islam, Kamu Harus Tahu!
id.pinterest.com

Memiliki temana sejati adalah hal yang menyenangkan, terlebih jika mereka bisa diajak untuk berdiskusi tenang segala hal. Belum lagi, jika mereka bisa mengajak kita ke arah yang lebih baik lagi. Tentu ini patut kita syukuri. Hal Hal ini selaras dengan ajaran agama Islam, terutama untuk menjalin silaturahmi, bahkan kita tidak boleh asal dalam memilih teman, karena bisa saja menyesatkan kita.

Dan ternyata Islam memiliki kriteria dan ciri-ciri tersendiri dalam pertemanan sejati, loh. Belum lagi, beberapa sifatnya bisa kita tiru, sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih arif dan budiman. Apa saja cirinya?

1. Beriman kepada Allah SWT

Sebagai makhluk sosial, kita memang tidak boleh menutup diri dan memilih-milih pertemanan. Kita boleh berteman dengan siapa saja, asalkan kita bisa memfilter sifat-sifat mereka. Jika sifatnya buruk, maka jangan kita tiru. Pun sebaliknya, jika mereka memiliki sifat dan budi perkerti yang baik, kita bisa mencontohnya.

Sebagai seorang muslim, kita bisa melihat seseorang tersebut bisa dijadikan panutan yang baik atau tidak. Hal tersebut bisa kita contoh dari tindakan dan perilakunya. Misalnya, teman kita rajin menjalankan salat lima waktu, akhlak dan tutur katanya baik, serta tidak menyia-nyiakan diri dengan hal yang tidak penting. Dengan menunjukkan sifat baik tadi, maka teman kita tersebut bisa mencerminkan cinta terhadap Allah SWT.

2. Selalu Ceria Ketika Bertemu

Ciri teman sejati berikutnya, ia selalu menampakkan wajah yang ceria ketika bertemu. Sekalipun sebenarnya ia sedang dalam masalah atau suasana hatinya sedang tidak baik. Bahkan, mereka akan selalu berusaha membahagiakan orang di sekitarnya dan memberikan semangat. Mereka senang untuk memberikan senyuman dengan wajah yang berseri-seri. Memberikan senyuman sendiri juga merupakan kebaikan yang bisa mendatangkan pahala. Jika kamu memiliki teman seperti itu, beri perhatian yang khusus dan jalin hubungan terus-menerus.

3. Siap Sedia untuk Menolong

Menolong orang lain adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Apalagi, jika kita tidak mengharapkan imbalan apa pun. Prinsip tolong-menolong bisa menjadi bentuk kebaikan, termasuk di dalamnya mencegah terhadap kemungkaran dan menyuruh kepada kebaikan. Kamu bisa menolong teman hanya bila permintaan mereka tidak mendatangkan mudarat atau tidak menentang hukum Allah. Jika mereka hendak tersasar melakukan tindakan buruk, sebagai teman sejati perlu mengingatkan. Ini menjadi ciri teman sejati, yang mana ia akan selalu menjaga temannya agar tidak terjerumus ke dalam api neraka.

4. Mampu Menjaga Rahasia

Rahasia adalah sebuah amanah yang harus kita jaga rapat-rapat. Sebab, apabila kita mengumbarkannya pada orang lain, tentu kita akan mendapatkan dosa. Namun, teman sejati tidak akan melakukan hal ini, meskipun ia dipancing-pancing bercerita oleh orang lain. Dan sebaiknya, orang-orang yang tidak pandai menjaga rahasia, tidak perlu dijadikan teman dekat, karena mereka bisa berkhianat terhadap amanah yang sudah diberikan kepadanya. Penghianat sendiri merupakan karakter dari orang munafik. Sebagai seorang muslim, kita tidak boleh memiliki karakter seperti ini.

5. Selalu Berbaik Sangka

Ciri teman sejati menurut Islam yang selajutnya adalah mereka selalu berbaik sangka. Rasanya cukup sulit sekali untuk mengesampingkan ego dan prasangka buru. Namun, dengan berprasangka baik pun hal yang sangat penting diperlihatkan kepada teman. Usahakan untuk tidak selalu suudzon terhadap orang lain, terlebih pada teman dekat. Akan lebih baik, untuk selalu berhusnudzon atau berbaik sangka.

Ini termasuk salah satu akhlak baik yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sifat berbaik sangka kepada teman atau tetangga sekitar jelas berdampak besar di dalam kehidupan, terutama dalam hubungan manusia. Sikap yang ditunjukkan bisa dengan rasa tenang, berpikiran positif terus kepada orang lain dan menjunjung tinggi rasa hormat kepada sesama. Tanpa perasaan iri, dengki, curiga atau rasa cemburu.

Baca Juga: 10 Tipe Teman dalam Kehidupan Sosial, Kalau Kamu yang Mana?

Itulah lima ciri teman sejati menurut Islam yang bisa kita tiru. Bahkan, sifat-sifat di atas bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

  • Bagikan