Ciri Wanita yang Sulit Masuk Surga

pondok-ruqyah.com
4.33/5 (3)

Seruni.id – Masuk surga adalah dambaan setiap insan. Setiap Muslimah pasti menginginkan riha Allah agar bisa menjadi penghuni surga. Namun, tidak semua orang bisa memasukinya. Bahkan, terdapat kelompok wanita yang sulit masuk surga. Jangankan masuk, mencium bau surga saja tidak bisa. Siapa saja mereka? Berikut ciri-cirinya: 

Hasil gambar untuk wanita yang sulit masuk surga
rumaysho.com
[read more]

Tidak Taat pada Suami

Ciri wanita yang sulit masuk surga, ialah mereka yang tidak taat pada suaminya. Seperti contoh, seorang istri yang keluar rumah tanpa seiizin suami, mengkhianati suami, lalai dalam melayani suami, serta menyakiti hati suami dengan tutur kata yang buruk.

Al-Hushain bin Mishshan pernah menceritkan bahwa bibinya pernah mendatangi Nabi shallallahu’alaihi wa sallam karena satu keperluan. Selepas dari keperluannya tersebut, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bertanya kepadanya,

“Apakah engkau sudah bersuami?” Bibi Al-Hushain pun menjawab, “Sudah.” “Bagaimana (sikap) engkau terhadap suamimu?”, tanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lagi. Ia menjawab, “Aku tidak pernah mengurangi haknya kecuali dalam perkara yang aku tidak mampu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Lihatlah di mana keberadaanmu dalam pergaulanmu dengan suamimu, karena suamimu adalah surga dan nerakamu.” (HR. Ahmad, 4:341 dan selainnya. Hadist ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, no. 1933).

Wanita yang Mewarnai Rambutnya, Khususnya dengan Warna Hitam

Mewarnai rambut seolah menjadi hal yang lumrah. Mereka yang kerap mewarnai rambut, beralasan karena ingin terlihat lebih muda ataupun terlihat lebih cantik. Tidak sedikit wanita yang kemudian berlomba-lomba mewarnai rambutnya. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Pada akhir zaman nanti akan ada orang-orang yang mengecat rambutnya dengan warna hitam seperti warna mayoritas dada merpati, mereka tidak akan mendapat bau surga.” (HR. Abu Daud; shahih).

Kurang Bersyukur pada Pemberian Suami

Saat suami memberikan nafkah dari hasil jerih payahnya, istri tak mensyukurinya dan merasa apa yang diberikan selalu kurang. Namun, disaat nafkah suami bertambah seperti naik gaji ataupun keutungan dari hasil usahanya yang lebih besar, istri justru membandingkan dengan pendapatan suami dengan tetangga atau temannya. Sikap tidak beryukur seperti ini yang akan membuat wanita sulit masuk surga.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Aku diperlihatkan di surga, Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.” (HR. Bukhari, no. 3241 dan Muslim, no. 2737).

Adapun sebabnya, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya tentang hal itu, lalu beliau menjelaskan dalam riwayat ‘Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Aku diperlihatkan neraka. Aku tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, ‘Kenapa bisa seperti itu wahai Rasulullah?’ Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.’ Lalu ada yang berkata, ‘Apakah karena mereka kufur kepada Allah?’ Beliau pun menjawab, ‘Mereka kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika engkau berbuat baik kepada istrimu sepanjang tahun, kemudian ia melihat sedikit engkau tidak berbuat baik padanya sekali saja, pasti ia akan mengatakan, ‘Aku tidak melihat kebaikan sedikitpun padamu.” (HR. Bukhari, no. 1052).

Berpakaian Tidak Sesuai Syari’at

Pakaian menjadi salah satu penyebab banyaknya wanita yang masuk neraka, banyak dari mereka yang bangga memperlihatkan auratnya atau memakai pakaian Muslim namun tidak sesuai syariat islam, seperti pakaian yang ketat, menampilkan lekuk tubuh, tipis, dan bahkan penuh warna warna mencolok untuk atau meyerupai kaum kafir sehingga terjerumus dalam dosa yang besar.

“ … dan wanita (perempuan)-wanita (perempuan) yang berpakaian tetapi hakikatnya mereka telanjang, melenggak-lenggokkan kepala mereka kerana sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Allah dan suaminya, kepala mereka seakan-akan seperti bunggul unta. Mereka tidak masuk Syurga dan tidak mendapatkan wanginya Syurga padahal wanginya boleh didapati dari jarak perjalanan sekian dan sekian.” (Hadis Riwayat Muslim dan Ahmad).

Meminta Diceraikan Tanpa Sebab

Perceraian memang dihalalkan dalam Islam, sebagai solusi terkahir jika masalah tersebut sudah tidak dapat diselesikan. Namun, dalam kondisi normal, ketika wanita meminta diceraikan tanpa alasan yang jelas, maka ia diharamkan masuk surga. Bahkan, tidak bisa mencium bau surga.

“Siapa pun wanita yang meminta talak pada suaminya tanpa alasan maka bau surga haram baginya.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad; shahih).

Wanita Sombong

Tidak ada yang pantas disombongkan dari manusia, karena sesungguhnya sombong adalah pakaian Allah. Hanya Allah yang berhak sombong. Karena Dialah pemilik dan penguasa segalanya. Jika ada manusia yang sombong, maka ia akan sulit masuk surga. Meskpiun kesombongan yang dilakukan kecil, seberat biji sawi.

“Tidak masuk surga, seseorang yang di dalam hatinya ada kesombongan, meskipun seberat biji sawi” (HR. Muslim).

Wanita yang Menuntut Ilmu Akhirat untuk Tujuan Duniawi

Mempelajari ilmu agama, ilmu syariat, serta ilmu akhirat, adalah sebuah aktifitas yang sangat mulia yang dianjurkan dalam islam. Namun, jika ilmu agama yang dicari hanya unutk mengejar duniawi, maka ancaman yang Allah berikan sungguh sangat mengerikan. Salah satunya tidak bisa mencium baunya surga. Dalam sebuah hadist dijelaskan,

“Barangsiapa menuntut ilmu yang seharusnya untuk Allah, namun ia tidak menuntutnya kecuali untuk mencari dunia, maka pada hari kiamat ia tidak akan mendapatkan bau surga.” (HR. Ibnu Majah, Abu Daud dan Ahmad; shahih).

Demikianlah ciri wanita yang sulit masuk surga. Semoga kita sebagai seorang Muslimah dihindarkan Allah dari golongan tersebut. Aamiin.

[/read]

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.