7 Dosa yang Tanpa Sadar Dilakukan Wanita Setiap Hari

google.com

Seruni.id – Sebagai seorang wanita kita diwajibkan untuk mengerjakan amal-amal kebaikan, serta menghindari hal-hal yang terlarang, agar amal baik yang telah dilakukan tidak menjadi rusak. Namun, terkadang ada saja dosa yang tanpa sadar dilakukan setiap hari, yang ternnyata merupakan dosa besar. Apa sajakah itu? Yuk mari kita simak dan renungkan di bawah ini.

Hasil gambar untuk dosa yang tanpa sadar sering dilakukan wanita setiap hari
dream.co.id
[read more]

Merubah Fisik

Dosa yang tanpa sadar dilakukan wanita ialah merubah bentuk fisiknya, ini merupakan salah satu perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT. Perbuhan fisik yang dimaksud adalah seperti melakukan operasi, implan, sedot lemak, memancungkan hidung, dan perubahan fisik jenis lainnya. Namun, apabila perbuahan fisik bertujuan untuk mengobati penyakit, maka masih diperbolehkan dengan dalil untuk menyembuhkan.

Mengabaikan Suami Sebagai Kepala Keluarga

Suami merupakan kepala rumah tangga yang wajib dihormati, sesuai dengan peraturan dalam ajaran Islam serta sabda Rasulullah SAW. Rasulullah memberikan gambaran jika saat suami memberi perintah untuk sebuah pekerjaan seperti memindahkan bukit merah menuju bukit putih ataupun sebaliknya, maka istri tidak memiliki pilihan lain kecuali melaksanakan perintah yang diberikan suaminya tersebut. Akan tetapi, saat ini cukup banyak wanita yang mengabaikan peran suami tersebut.

Banyak Bicara

Tanpa sadar banyak berbicara apalagi membual ternyata dapat menimbulkan dosa. Hal ini kerap dilakukan oleh banyak orang, terutama wanita. Jabir bin Abdillah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya orang yang paling aku benci dan yang paling jauh majelisnya dari aku pada hari kiamat adalah tsarsarun (orang yang banyak omong), mutasyaddiqun (yang membual dan bicara seenaknya), dan mutafayhiqun! Para sahabat menukas. ” wahai Rosulullah, kami telah mengetahui siapa itu tsarsarun dan mutasyaddiqun tapi mutafayhiqun kami tidak mengetahuinya. Siapakah mereka ? Rosulullah menjawab : mereka adalah orang yang sombong (angkuh).” (HR Ahmad, Ibnu Hibban dan Abu Nu’aim).

Berpakaian Namun Telanjang

Maksud dari berpakaian namun telanjang ialah, di mana seorang wanita mengenakan pakaian yang ketat dan tipis sehingga membuat setiap lekuk tubuhnya terlihat. Hal ini merupakan salah satu dosa yang tanpa sadar dilakukan banyak wanaita. Namun, keharaman ini tidak berlaku jika dikenakan di depan suami yang sah.

Pergi Tanpa Izin Suami

Dosa yang tanpa sadar dilakukan wanita selanjutnya adalah berpergian tanpa seizin suami. Sebab, Islam memandang wanita yang melakukan perjalanan meskipun dengan tujuan baik namun tidak mendapatkan izin dari suami, meskipun yang dilakukan puasa sunnah sekalipun, merupakan hal yang akan menimbulkan dosa sehingga akan menerima hukum istri yang melawan menurut Islam.

Berkawan Akrab dengan Lelaki yang Bukan Mahramnya

Dosa yang satu ini kerap disepelekan oleh para Muslimah, padahal dalam Islam sudah jelas dilarang untuk berteman akrab dengan lelaki yang bukan mahram, berbincang akrab secara langsung pun lewat media sosial. Rasulullah bersabda,

“Tidaklah seorang lelaki berduaan dengan wanita, melainkan yang ketiganya adalah setan.” (HR. At-Tirmidzi di-shahih-kan oleh Al-Albani).

Berihias

Dalam urusan penampilan, wanita selalu ingin terlihat cantik dan menarik, namuan seorang wanita tidak boleh berhias untuk selain suaminya. Apalagi, sampai meminta untuk menyambung rambut, dan juga mencukur alis. Rasulullah bersabda,

“Terlaknatlah wanita yg menyambung dan minta disambungkan rambutnya, wanita yg mencukur dan minta dicukur alisnya, wanita yg mentato dan minta ditato.” (HR. Abu Dawud, di-Shahih-kan oleh Al-Albany).

Demikianlah penjelasan yang terkait dengan dosa yang tanpa sadar dilakukan setiap hari, khusunya bagi para wanita. Semoga dengan penjelasan di atas dapat memberikan pencerahan bagi kita agar bisa mengurangi dosa-dosa tersebut. Semoga bermanfaat.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.