17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang

  • Bagikan
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
google.com

Seruni.id – Bagi mereka yang kreatif dan memiliki jiwa wirausaha yang tinggi, usaha di kampung bisa dijadikan sebagai peluang oleh mereka. Sebeb, kesempatan untuk berbisnis bisa datang dari mana saja. Tinggal di pedesaan bukan penghalang untuk menemukan ide bisnis yang menguntungkan.

17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang

Kuta tahu, sebagian besar wilayah di Indonesia adalah daerah pedesaan yang identik dengan kawasan yang indah nan asri. Di balik keindahan alamnya, tersimpan banyak potensi bisnis yang jika dikelola dengan tepat dan serius, bukan tidak mungkin keuntungan akan mengalir. Dengan sedikit kreativitas, kamu sudah bisa menciptakan peluang usaha di lingkungan tempat tinggal.

Dengan mengamati lingkungan sekitar, kamu bisa mencipatakan ide yang mudah dijalanan dan tentunya menguntungkan. Sebab, desa memiliki sifat dan karakter yang sangat berbeda dengan perkotaan. Sebelum membahas lebih jauh usaha apa saja yang bisa dilakukan di desa, Seruni ingin membahas sedikit potensi peluang usaha di desa berkembang pun usaha di daerah sepi sekalipun.

Potensi Berbisnis di Desa

Desa memiliki peluang usaha yang sangat luar biasa. Ketersediaan lahan yang luas serta lingkungan yang masih asri membuat desa menjadi sangat berpotensi dan cocok untuk mengembangkan suatu usaha. Dalam hal ini, memilih bisnis yang cocok menjadi kunci utama kesuksesan bisnis yang nantinya akan kamu jalani.

Setiap ide bisnis yang akan kamu jalani di desa harus sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Jika kamu benar-benar inign mengembangkan bisnis di desa, maka ide tersebut setidaknya harus berhubungan dengan potensi di desa tersebut. Dengan cara seperti ini, usaha akan menjadi lebih mudah dijalankan dan tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan keuntungan.

Dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal lumrah yang kerap terjadi. Namun kamu bisa kok menemukan beragam di desa yang belum memilik banyak pesaing. Kira-kira usaha apa, ya?

Peluang Usaha di Bidang Pertanian dan Peternakan

Usaha ini sepertinya paling ideal, mengingat di daerah pedesaan masih tersedia banyak lahan yang bisa kamu manfaatkan sebagai ladang usaha. Lantas, usaha apa sih yang cocok untuk di bidang pertanian atau peternakan?

1. Budidaya Belut
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
budidayaperawatan.blogspot.com

Salah satu usaha potensial di desa dalam bidang peternakan adalah budidaya belut. Apalagi peminat belut untuk konsumsi cukup tinggi sehingga memiliki peluang yang sangat baik bagi masyarakat yang memiliki lahan cukup sebagai kolam peternakannya. Namun, bagi kalian yang ketersediaan lahannya terbatas, jangan bersedih. Karena budidaya belut masih bisa dilakukan dengan media lainnya, seperti menggunakan media drum.

2. Beternak Lele
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
google.com

Selain membudidayakan belut, kamu juga bisa beternak lele. Ketika kamu menjatuhkan pilihan untuk melakukan usaha yang satu ini. Pertama kali yang harus dilakukan adalah beternak khusus pembibitan lele. Artinya, pekerjaan kamu hanya berfokus pada bagaimana memilihara induk lele agar dapat bertelut dan menghasilkan ribuan bibit yang baik. Setelah itu, kamu hanya perlu memberikan makanan khusus seperti cacing sutera bagi benih untuk tumbuh hingga ukutan tubuh tertentu. Tak perlu repot karena para peternak pembesaran lele akan datang ke rumahmu untuk membelinya.

Kedua, jika kamu memelihara lele untuk dibesarkan dan siap konsumsi. Untuk ini kamu harus meyediakan kolam-kolam khusus di halaman atau sekitar rumah. Keunggulan lele adalah, jenis ikan yang bisa tetap hidup dalam kondisi air yang keruh sekalipun. Beternak lele bukan hanya mudah dijual karena banyaknya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakannya melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

3. Beternak Ayam Kampung
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
ayamkampungku.com

Ayam kampung adalah jenis daing yang tak tergantikan oleh ayam potong biasa. Sebab, kuliatas nutrisi dan keamanan daging ayam kampung dari penyakit membuat konsumsi ayam kampung menjadi kebutuhan yang terus meningkat saat ini. Beternak ayam kampung menjadi salah satu usaha paling sukses di desa, karena banyak sekali dicari oleh rumah makan. Ayam dari hasil peliharaanmu nantinya bisa disetorkan ke kota. Modal besar yang kamu miliki adalah lahan di desa yang masih relatif luas.

Hanya orang desa yang sebenarnya sangat potensial mengembangkan usaha ini. Selain itu, usaha ini akan juga memberikan jaminan gizi bagi keluarga kamu sendiri karena mengkonsumsi ayam yang dipelihara sendiri tentu jauh lebih murah ketimbang harus merogoh kocek di rumah makan.

4. Menanam Sayur dan Buah-buahan
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
cianjurekspres.net

Sektor pertanian yang satu ini menjadi pilhan usaha yang paling ideal dan sangat tepat dijalankan di daerah pedesaan. Untuk memperoleh putaran hasil yang lebih cepat, menanam sayuran memang lebih menjanjikan daripada berkebun buah-buahan. Sedangkan, jika ingin memperoleh kualitas sayuran yang lebih baik dengan harga jual yang tinggi, maka metode bertanam dengancara yang lebih higenis seperti hidroponik menjadi peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan.

5. Menjual Pupuk Kemasan
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
bisnisukm.com

Di pedesaan, kotoran hewan bisa didapat dengan mudah karena banyak penduduknya yang memelihara ternak. Nah, jika kamu memiliki hewan ternak, ini bisa menjadi dua usaha yang sangat menguntungkan. Misalnya kamu beternak kambing, kotorannya bisa dimanfaatkan menjadi pupuk yang kemudian bisa dijual. Namun sebelum dipasarkan, kotoran hewan harus terlebih dahulu diolah, dan difermentasi. Lalu kotoran hewan yang sudah menjadi pupuk bisa langsung dikemas sebelum dijual.

6. Pengembangan Jamur Tiram
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
google.com

Jika ingin memiliki pendapatan harian yang cukup besar, kalian bisa membuka usaha pengembangkan jamur tiram. Bertani jamur tiram menjadi peluang usaha di kampung yang sangat strategis. Karena bisnis ini hanya membutuhkan modal kecil, dan bahan baku yang dibutuhkan pun banyak tersedia di desa dengan harga yang murah meriah.

Seperti kayu, kapur, dan dedak yang biasa digunakan sebagai bahan makanan ayam. Perlengkapan lainnya adalah drum bekas dan plastik yang dibutuhkan ketika menanak baglog atau log. Bahan bakar untuk merebus log menggunakan kayu. Keuntungan yang kamu miliki adalah biasanya rumah warga desa memiliki ukuran yang luas sehingga ada ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ribuan log jamur nantinya.

Kamu bisa mempelajari bahan, proses dan cara memasarkan jamur ini dari internet atau belajar pada orang yang sudah menjalankannya. Jika kamu sudah rutin membuat media tumbuh untuk jamur ini secara rutin maka jamur ini akan tumbuh setiap hari.

Peluang Usaha di Bidang Jasa

Selain pertanian dan peternakan, peluang usaha di desa yang juga berpeluang sukses adalah di bidang jasa. Meskipun peluangnya tak seluas di daerah perkotaan, masyarakat pedesaan tetap membutuhkan bantuan orang lain yang menyediakan bantuan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan kegiatan hidupnya, seperti berikut ini:

7. Menjahit atau Permak Pakaian
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
mdlspot.com

Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang jahit menjahit pakaian, kamu bisa mencoba usaha ini. Karena meskipun terlihat sepele, namun sangat berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar. Cobalah usaha ini dari kecil-kecilan terlebih dahulu. Misalnya menerima orderan dari tetangga terdekat. Bisnis seperti ini biasanya tidak memerlukan iklan atau promosi yang berlebihan. Karena jika hasil jahitanmu memuaskan para konsumen, maka merekalah yang akan mengiklankan usahamu secara cuma-cuma dari mulut ke mulut.

8. Laundry
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
jpninfo.c.om

Terdapat desa di beberapa daerah masih sangat sulit mengakses air berih. Tidak setiap penduduk desa bisa menikmati air besih untuk kehidupannya, seperti untuk memasak, mandi, bahkan mencuci. Ini bisa dijadikan peluang usaha untuk kamu, misalnya membuka jasa laundry. Karena saat ini, usaha laundry telah menjadi peluang usaha di desa berkembang yang mulai banyak dilirik orang.

9. Barbershop atau Jasa Pangkas Rambut
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
properti.kompas.com

Usaha barbershop masih jarang ditemui di desa, padahal semua penduduk secara rutin pasti malakukan potong rambut. Tidak seperti salon yang memerlukan modal relatif besar karena dilengkapi dengan beragam fasilitas yang mendukung. Usaha barbershop hanya memerlukan modal usaha yang relatif lebih kecil. Modalnya hanyalah berupa kursi, meja, cermin, sisir, pisau cukur, gunting dan perlengkapan penunjang lainnya. Tidak masalah jika kamu tidak memiliki keahlian di bidang ini karena bisa merekrut karyawan yang ahli. Kamu bisa menetapkan gaji bulanan atau sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

10. Membuka Les Privat
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
educenter.id

Kamu memiliki pendidikan yang cukup dan kemampuan mengajar yang baik? Kamu bisa mencoba menjadi guru les privat di desa, loh. Selain bisa mendapatkan penghasilan, dengan menjadi guru les, kamu sudah berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa. Apalagi di pedesaan yang akses informasinya tak selengkap di perkotaan. Adanya guru les privat tentu sangat membantu mereka.

11. Membuat Hiasan Kerajinan Tangan
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
google.com

Hiasan dari kerajinan tangan bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Apalagi jika dibuat dengan unik, menarik, dan berkualitas baik. Tentu banyak orang yang melirik. Setiap daerah memiliki orang yang berkemauan membuat hiasan unik dari berbagai bahan yang ada di daerah mereka. Ini lah yang dilakukan kelompok ibu-ibu di Dayak dengan menciptakan aneka hiasan berbahan manik-manik khas Kalimantan. Ciri khas manik-manik yang disebut mutu manikam itu sekarang banyak menjadi bagian dari berbagai pagelaran fashion dunia. Aneka kerajinan seperti ini bisa menjadi salah satu jenis usaha unik di desa dengan menjual produknya ke kota atau menjadi oleh oleh wisatawan.

12. Jasa Pembuatan Website dan Pengelolaannya
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
google.com

Membuka usaha pembuatan website salah satu peluang usaha rumahan di desa yang juga menarik saat ini. Di era modern ini, banyak orang yang membutuhkan website sekaligus pengelolaannya, tak terkecuali warga pedesaan. Contohnya desa wisata. Desa wisata membutuhkan wisata dari luar desa sehingga membutuhkan promosi wisata melalui online.

Luar biasanya, jasa pembuatan website tidak mempersayaratkan tinggal di kota karena bisa dilakukan di mana saja sepanjang internet masih terjangkau. Keuntungan besar kamu jika mengembangkan usaha ini di desa adalah kamu bisa memasang tarif sebagaimana jasa sama yang ditawarkan orang-orang di kota. Otomatis menjadi pendapatan yang tinggi ketika Anda tinggal di desa. Itulah yang membuat jasa pembuatan website bisa dikembangkan menjadi peluang usaha rumahan di desa.

Peluang Usaha di Bidang Perniagaan

Berikutnya adalah pada sektor niasa yang lebih umum disebut dengan ‘usaha dagang’ melipui jual beli atau hanya sebagai makalar saja. Banyak lahan bisnis pada sektor ini yang dapat dijalankan oleh masyaraat desa dan perkampungan seperti berikut:

13. Menjual Pulsa
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
zanpulsareload.com

Saat ini sudah banyak masyarakat yang memiliki gadget. Dengan meningkatnya kepemilikan telepon genggam, ketersedian tempat penjual pulsa tentu sangat penting dan banyak dicari orang. Meskipun keuntungan dari menjual pulsa tidak terlalu besar, namun perputaran uang sangatlah cepat. Apalagi usaha ini sangat cocok dijalankan untuk para ibu rumah tangga.

14. Bisnis Online
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
liputan6.com

Jaringan internet sudah semakin meluas dan sudah masuk ke daerah pedesaan. Ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan bisnis online yang saat ini sedang marak dilakukan banyak orang. Bisnis ini sangat mudah, karena bisa dilakukan dari rumah. Pilihlah bisnis online yang sesuai dengan kondisi tempat tinggalmu. Misalnya membuka toko online atau usaha dropship secara online. Barang apa sih yang bisa dijual? Contohnya seperti pakaian, aksesoris, dan lainnya. Jika ternyata peminatnya cukup banyak, bukan tidak mungkin usaha ini akan menjadi sukses di desa tempatmu tinggal.

15. Bisnis Angkringan Gaul
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
google.com

Bisnis angkringan sudah luamayan marak sebagai peluang usaha di desa berkembang. Untuk membuatnya menjadi usaha unik di desa dar menarik minat para anak muda, cobalah menambahkan beberapa fasilitas, salah satunya WiFi. Atau bisa juga menambahkan layar tancap dengan proyektor di salah satu sudutnya. Siaran sepakbola atau Moto GP akan cukup menjadikan warung angkringanmu sebagai tempat tongkrongan yang asik.

16. Menjual Minuman Kekinian
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
google.com

Beragam minuman kekinian menjamur di kota-kota besar. Tetapi jika bisnis ini dibawa ke desa, sebetulnya hasilnya juga tidak buruk. Malah sebaliknya, akan menjadi potensi bisnis yang menggiurkan, apalagi sebagai peluang usaha di desa berkembang. Contoh usaha kecil-kecilan ini ada banyak sekali. Mulai dari minuman kekinian lokal seperti Cappucino Cincau sampai minuman impor seperti Thai Tea dan Mango Thai bisa jadi ide usaha unik di desa tempat kamu tinggal.

17. Usaha Makanan Ringan Unik
17 Contoh Usaha di Kampung yang Berpeluang untuk Berkembang
akibanation.com

Tidak memerlukan modal yang banyak, cukup hanya dengan uang satu juta saja, kamu sudah bisa membangun bisnis, loh. Tapi kamu harus memiliki ide yang cemerlang. Usaha makanan ringan unik bisa menjadi ide usaha rumahan yang cemerlang dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap ide makanan ringan unik anda tersebut. Kamu bisa menjual makanan ringan kekinian seperti makaroni goreng, sosis telor, basreng atau bakso goreng, dan sebagainya. Atau beberapa makanan ringan unik seperti keripik singkong dengan aneka varian rasa dan level pedas, keripik nangka, keripik bayam, sampai keripik kulit buah naga bisa menjadi ide bisnis kecil-kecilan.

Baca Juga: 8 Prinsip Bisnis Ala Rasulullah

Itulah 17 peluang usaha rumahan di desa yang bisa kamu jalankan, yang terpenting ada niat, tekad, serta modal yang cukup untuk merealisasikannya. Sebagian usaha ini juga tidak berbasis pada kebutuhan sehari-hari semua orang sehingga memiliki daya survive yang tinggi. Selamat mencoba.

  • Bagikan
seruni.id