Hilangkan 7 Kebiasaan Ini Jika Ingin Hidup Sejahtera di Masa Tua

Hilangkan 7 Kebiasaan Ini Jika Ingin Hidup Sejahtera di Masa Tua
google.com

Seruni.id – Banyak anak milenial yang berharap hidup sejahtera di masa tua nanti. Tentu, ini menjadi harapan banyak orang. Namun, bagaimana bisa kita hidup sejahtera, jika di masa sekarang saja, kebiasaan buruk masih melekat dalam diri.

Hilangkan 7 Kebiasaan Ini Jika Ingin Hidup Sejahtera di Masa Tua
blog.cicil.co.id

Kebiasaan buruk seperti mengatur uang saat muda misalnya, rupanya sangat berpengaruh hidup di saat tua. Tak sedikit orang yang saat tua justru hidupnya jauh dari kata ‘enak’. Karena itu, penting sekali untuk kita menghindari kebiasaan buruk yang bisa membuat masa tua menjadi susah. Apa saja ya kebiasaan buruk yang harus kita hilangkan sedini mungkin?

1. Bergaya Bak Sosialita

Kamu tahu apa itu BPJS? Ya, ‘Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita’, inilah gambaran bagi seseorang yang bergaya bak sosialita namun tak sesuai dengan isi dompet. Ini salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan saat muda dan bukan tidak mungkin akan membuat kehidupanmu di masa tua tidak sejahtera. Tak sedikit orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli barang hanya untuk status sosialnya diakui. Bahkan, banyak pula dari mereka yang menghabiskan seluruh gajinya cuma untuk membeli tas merk desainer ternama.

Akibatnya? Kamu jadi kerepotan sendiri karena harus berhutang sana-sini untuk menutupi biaya hidup sehari-hari. Sebab, besar pasak daripada tiang atau sama saja dengan pendapatanmu tak lebih besar dari pengeluaran. Jika terus seperti ini, yang ada masa tuamu akan meringis dan pusing memikirkan hutang yang menggunung hanya karena ingin terlihat modis.

2. Perencanaan yang Gagal

Kamu selalu gagal dalam perencanaan keuangan? Bisa jadi ini menjadi suatu tanda bahwa kamu akan kesulitan di masa tua. Menurut sebuah penelitian terbaru daru University of Scranton mengungkap bahwa 92% orang gagal mencapai tujuannya karena tidak bisa mengatur dengan baik finansial mereka.

Banyak orang yang tidak dapat merencanakan keuangannya dengan baik sehingga sangat rentan terhadap pembelian impulsif, pengeluaran melebihi bata, serta tak mampu membuat keputusan bijak dalam menggunakan uang. Sosulisnya bagaimana? Yakni setiap pengeluaran harus dibagi ke dalam pos-pos tertentu. Jika perlu, buatlah catatan dan membatasi pengeluaran yang tidak menguntungkan. Catatan tersebut dapat membantu kamu untuk mengontrol pengeluaran yang tidak diinginkan.

3. Tidak Menabung

Banyak anak muda yang belum memahami betapa pentingnya menabung untuk masa depan. Kebanyakan dari mereka beranggapan ‘gimana nanti saja’. Jika ingin hidup sejahtera di masa tua, sebaiknya cobalah untuk menghilangkan mindst ini dari pikiranmu. Karena hal ini akan berdampak buruk untukmu di masa depan nanti. Gak mau kan, di hari tuamu nanti, yang seharusnya sudah bisa leha-leha, duduk santai, tapi masih saja pusing memikirkan besok makan apa, ya? Oleh sebab itu, selagi masih muda, jangan lupa untuk menyisihkan sedikit uang setiap bulannya.

4. Kebiasaan Berutang

Hayo siapa yang sering melakukan kebiasaan ini? Coba deh, perlahan-lahan hilangkan kebiasaan berutang jika ingin hidup sejahtera di masa tua. Karena kebiasaan berutang bisa menjerumuskanmu, loh. Sah-sah saja jika kamu ingin membeli barang mahal, tapi alangkah lebih baiknya kamu bisa menabung, setelah uangnya terkumupl baru deh beli dan bawa pulang barang incaranmu dengan membayarnya secara tunai. Dengan begitu, kamu tak akan pusing memikirkan utang, apalagi jika utang tersebut berbunga.

5. Sering Membuat Keputusan Buruk

Penelitian yang dilakukan oleh University of Warwick di Inggris meneliti, bahwa hubungan sebab-akibat antara kemiskinan dan pengambilan keputusan yang buruk dalam mengeluarkan uang. Hasilnya tak diragukan lagi, bahwa memang ada hubungannya. Penduduk berpenghasilan rendah seringkali membuat keputusan buruk dalam mengeluarkan uang karena ekspektasi berlebihan. Sebaiknya, kamu jangan sampai ‘dibutakan’ oleh keadaan saat ini karena bisa menghambat tujuan keuangan.

6. Tidak Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Karena tidak bijak menggunakan kartu kredit, banyak anak muda yang stres memikirkan utang tersebut. Padahal, jika menggunakannya secara bijak, kartu sakti ini sangat bermanfaat. Sayangnya, kebanyakan orang kalap saat memiliki kartu kredit, karena beranggapan kalau kartu kredit itu uang tambahannya. Anggapan seperti ini salah besar. Untuk mengantisipasi jika ingin hidup sejahtera di masa tua, gunakan kartu ini sebijak mungkin, ya.

7. Tidak Memiliki Investasi

Saat ini sudah banyak lembaga keuangan yang menawarkan investasi beragam jenis dengan investaso minimal yang tidak terlalu besar. Contohnya seperti reksadana. Kamu bisa berinvestasi hanya dengan modal Rp. 100 ribu saja. Atau Rp. 700 ribu kamu sudah bisa investasi emas batang dengan membuka tabungan emas. Walaupun jumlahnya terbilang kecil, namun masih saja banyak anak muda yang enggan melakukannya.

Kebiasaan buruk yang dianggap sepele ini justru membuat hidup mereka menjadi susah saat masa tua nanti. Pasalnya, investasi itu jangka panjang. Jadi, jika dari muda saja sudah memiliki investasi, dijamin masa tuamu akan tentram, damai, dan sejahtera. Karena itu, yuk mulai sekarang peduli pada diri sendiri agar masa tua bisa hidp enak dengan cara berinvestasi.

Yuk berubah lebih baik dan tinggalkan kebiasaan buruk mulai sekarang. Semoga berhasil, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.