Dituding Hamil Tiga Bulan, Bunga Citra Lestari Sebut Perutnya Bloating, Apa itu?

  • Bagikan
Dituding Hamil Tiga Bulan, Bunga Citra Lestari Sebut Perutnya Bloating, Apa itu?
instagram.com/bclsinclair

Seruni.id – Kabar kurang sedap tengah menimpa penyanyi, Bunga Citra Lestari. Wanita yang akrab disapa Unge itu, dituding tengah berbadan dua. Padahal, diketahui dirinya masih sendiri.

Tundingan tersebut berembus lantaran sebuah video yang beredar di TikTok. Dalam video tersebut, Bunga Citra Lestari tengah memakai baju ketat yang menampakan lekuk tubuhnya. Namun, banyak warganet yang salah fokus pada bagian perut yang tampak sedikit membesar.

Dituding Hamil Tiga Bulan, Bunga Citra Lestari Sebut Perutnya Bloating, Apa itu?
instagram.com/bclsinclair

BCL Membantah Kabar Tersebut

Mengenai isu kehamilannya tersebut, pelanut lagu ‘Sunny’ itu pun membantahnya. Bunga merasa sangat sedih mendengar hal tersebut yang termasuk ke dalam body shaming.

Bunga Citra Lestari pun memberi alasan mengapa perutnya tampak membuncit, salah satunya yaitu karena kebiasaan makannya.

“Mungkin perut saya sedang bloating atau sedang datang bulan. Semua kemungkinan itu bisa menyebabkan bentuk perut saya,” ujar BCL dikutip dari laman Detik.

 

Apa itu Bloating?

Bloating atau perut kembung merupakan kondisi dimana bagian perut terasa penuh da tidak nyaman. Kondisi ini biasanya ditandai dengan sering bersendawa atau buang angin. Walaupun bloating kerap dialami banyak orang dan dianggap tidak berbahaya, tapi tanpa disadari kondisi ini ternyata menjadi sinyal bahwa ada yang tidak beres dalam pencernaan kita.

Lantas, apakah jika mengalami perut kembung artinya ada permasalahan yang serius? Pada sejumlah kasus, kondisi perut kembung adalah tanda yang kerap dialami oleh pasien kanker usus, pankreas, lambung, hati, divertikulitis, iritasi lambung, dan infeksi pada panggul.

Sebenarnya, apa saja sih yang menyebabkan perut menjadi bloating? Berikut di antaranya:

  • Makan terlalu cepat
  • Dehidrasi
  • Terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan pedas
  • Diet ketat
  • Terlalu sering duduk
  • Stress

 

Cara Mengatasi Masalah Bloating

Perut kembung sering kali menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, bahkan membuatnya terlihat lebih besar. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang terbukti ampuh, yaitu:

1. Hindari Makan Terlalu Banyak dalam Satu Waktu

Makan terlalu banyak dalam satu waktu bisa membuat perut kenyang hingga mengalami bloating. Untuk menghindari bloating, cobalah makan dengan porsi yang lebih kecil. Kemudian, saat makan, kunyahlah secara perlahan. Selain mengurangi jumlah udara yang kamu telan, mengunyah dengan perlahan juga membuatmu makan lebih lambat, sehingga sangat berpengaruh terhadap jumlah asupanmu.

2. Berhenti Menelan Angin

Di dalam sistem pencernaan terdapat dua sumber gas, yaitu gas yang dihasilkan oleh bakteri di usus dan udara atau gas yang ditelan ketika kamu mengonsumsi makanan. Namun, sumber paling besar dan berpengaruh adalah minuman berkarbonasi seperti soda.

Pasalnya, minuman berkarbonasi mengandung gelembung dengan karbon dioksida, gas yang akan dilepaskan dari cairan setelah mencapai perut. Selain itu, mengunyah permen karet, minum melalui sedotan dan makan sambil berbicara, juga dapat menyebabkan jumlah udara yang tertelan semakin meningkat. Jadi, usahakan untuk menghindari hal tersebut, ya.

3. Kurangi Makanan yang Mengandung Gas

Beberapa makanan berserat tinggi bisa membuat orang menghasilkan gas dengan jumlah besr. Contohnya kacang-kacangan seperti kacang dan letil, serta beberapa biji-bijian. Selain itu, makanan berlemak juga bisa memperlambat pencernaan dan pengosongan lambung.

Walaupun makanan tersebut cukup untuk mengganjal perut, tetapi ini bisa menjadi sumber masalah bagi mereka dengan kecenderungan untuk cepat kembung. Sebagai solusinya, makanlah kacang dengan jumlah yang lebih sedikit.

4. Hindari Sembelit

Masalah pencernaan yang sangat umum terjadi adalah sembelit, kondisi ini biasanya disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda. Berdasarkan sebuah studi, sembelit sering memperburuk gejala kembung karena itu orang yang sering mengalami sembelit harus mengonsumsi lebih banyak serat.

Namun, mengonsumsi lebih banyak serat juga bisa memperburuk keadaan kembung. Karena itu bagi orang yang rentan kembung harus mencoba cara lain untuk menghilangkan sembelitnya seperti minum banyak air dan melakukan banyak aktivitas fisik.

5. Menggunakan Minyak Peppermint

Kembung juga bisa disebabkan oleh perubahan fungsi otot di saluran pencernaan. Nah, obat yang disebut antispasmodik, yang bisa membantu mengurangi kejang otot, telah terbukti bermanfaat untuk menormalkan fungsi otot di pencernaan.

Minyak peppermint adalah zat alami yang diyakini berfungsi dengan cara yang sama seperti obat antispasmodikl. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi berbagai gejala pada pasien IBS (irritable bowel syndrome), termasuk kembung minyak peppermint juga tersedia dalam bentuk suplemen, loh.

Baca Juga: 5 Gerakan Pilates untuk Mengatasi Perut Kembung

Jadi, itulah yang dimaksud dengan bloating, kondisi yang dialami oleh Bunga Citra Lestari. Adakah di antara kalian yang mengalami hal serupa? Jika pernah atau sedang mengalami, kalian bisa melakukan cara-cara di atas untuk mengatasinya. Namun, jika cara tersebut sudah dilakukan, tapi tidak menunjukan perubahan, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Bagikan