Doa Agar Diberi Kesehatan yang Bisa Diamalkan Setiap Hari

  • Bagikan
Doa Agar Diberi Kesehatan yang Bisa Diamalkan Setiap Hari
freepik.com

Seruni.id – Kesehatan itu mahal, maka kita perlu menjaganya sebaik mungkin. Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, kita juga harus senantiasa memanjatkan doa agar diberi kesehatan. Sebab, dengan kita sehat, segala aktivitas akan berjalan lancar. Begitupun dengan beribadah yang akan semakin khusyuk. Berikut ini, Seruni telah merangkum beberapa doa agar diberi kesehatan dalam bahasa Arab, latin, dan artinya:

Doa Agar Diberi Kesehatan yang Bisa Diamalkan Setiap Hari
freepik.com

 

1. Doa Agar Diberi Kesehatann Jasmani

Berapa banyak pun harta yang dimiliki, jika tubuh tidak sehat, maka rasanya tidaklah nikmat. Maka dari itu, kita perlu senantiasa menjaganya dengan baik. Dan jangan lupa diiringi dengan membaca doa agar diberi kesehatan berikut ini:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

“Allahumma aafinii fii badanii, Allahumma ‘aafiinii fi sama’ii, Allahumma ‘aafinii fii basharii.”

Artinya: “Ya Allah, sehakanlah badanku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah, sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau.”

 

2. Doa Agar Diberi Nikmat Sehat

Agar tidak mudah jatuh sakit, tentu kita harus menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai cara. Mulai dari mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, berolahraga, juga memohon doa agar diberi kesehatan. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, ia berkata, “Di antara doa Rasulullah shallalahu’alaihi wa sallam adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

“Allahumma inni auudzubika min zawaali ni’matik wa tahawwuliaafiyatik wa fuhaaati niqmatik wa jamii sakhotik.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu.” (HR. Muslim: 2739).

Doa di atas, bisa kamu bacakan selepas shalat.

 

3. Doa Agar Diberi Kesehatan dan Perlindungan

Ada sebuah doa yang bisa kamu panjatkan untuk memohon kesehatan dan perlindungan. Dalam doa ini, kita berserah diri kepada Allah Ta’ala agar selalu diberikan nikmat berupa sehat. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالعَافِيَةَ وَالْمُئَافَدَةِدَائِمَةً فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَالْفَوْزُبِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاتِ مِنَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan, dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka.”

 

4. Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Setiap dari kita, pasti ingin selalu sehat dan panjang umur agar dapat beribadah dan bermanfaat bagi sesama. Berikut ini bacaan doa agar diberi kesehatan dan umur panjang yang bisa kamu amalkan setiap hari:

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allahumma thowwil ummurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhikhawaa-ijna fiddini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘ala kulli sya-in qodir.”

Artinya: “Ya Allah, berilah umur yang panjang kepada kami, berilah sehat pada tubuh kami, terangilah hati kami, menatapkanlah iman kami, baguskanlah amalan kami, lapangkanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam persoalaan agama, dunia, serta akhirat. Sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

 

5. Doa Memohon Kesehatan Diri dan Keluarga

Bukan hanya diri sendiri, kita juga pasti menginginkan jika keluarga dalam keadaan sehat walafiat. Dengan keluarga yang sehat, akan membuat kita merasa bahagia. Selain itu, juga bisa berkumpul bersama untuk kebaikan. Berikut adalah doa agar keluarga diberi kesehatan dan umur panjang.

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَاوَالْآٰ خِرَةِ. اَللّٰهُمَّ اَسْأَلُكَ الْعَفْوَوَالْعَافِيَةَ فِىْ دِيْنِى وَدُنْيَاىَ وَاَهْلِى وَمَالِىْ

“Allaahumma innii as-alukal ‘aafiyata fiddunyaa wal aakhirati. Allaahumma as-aluka ‘afwa fal ‘aafiyata fii diini wa dunyaa wa ahlii wamaa lii.”

Artinya: “Ya Allah, seungguhnya aku meminta kepada-Mu sehat wal ‘afiyat di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mmeinta kepada-Mu maaf dan sehat wal ‘afiyat pada agamaku, dan duniaku, dan keluargaku, dan harta bendaku.”

Baca Juga: Inilah Kumpulan Doa untuk Orang Sakit Agar Diberi Kesembuhan

Demikianlah doa agar diberi kesehatan yang bisa dipanjatkan setiap hari kepada Allah SWT. Karena Allah adalah sebaik-baiknya tempat bergantung dan meminta permohonan. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id