Kumpulan Doa untuk Orangtua yang Bisa Dibaca di Momen Hari Ibu

  • Bagikan
Kumpulan Doa untuk Orangtua yang Bisa Dibaca di Momen Hari Ibu
kabarlumajang.pikiran.rakyat.com

Seruni.id – Momen Hari Ibu, tidak cukup hanya dengan memberikan hadiah atau sedakar ucapan saja. Namun, jangan lupa untuk memanjatkan doa untuk orangtua di momen tersebut. Sebab, doa menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan. Terlebih, ibu adalah sosok yang paling berjasa dalam hidup kita. Bukan hanya mengasuh dan mengasihi saja, tapi ibu telah mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan kita ke dunia.

Kumpulan Doa untuk Orangtua yang Bisa Dibaca di Momen Hari Ibu
hoops.id

Sehingga, kita harus menaruh rasa hormat kepada orangtua khususnya ibu. Sebagaimana yang kita tahu ‘surga ada di telapak kaki ibu’. Maka dari itu, dalam rangka memperingati Hari Ibu, mari kita panjatkan doa untuk orangtua seperti yang telah Seruni rangkum berikut ini:

 

1. Doa untuk Orangtua Agar Disayang Allah

Mendoakan orangtua, sebaiknya dilakukan setiap saat, bukan hanya di momen-momen tertentu saja. Namun, di momen Hari Ibu ini, tidak ada salahnya untuk memanjatkan doa untuk orangtua agar disayang oleh Allah SWT.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

“Allahummagh firlii wa li walidayya warham huma kama rabbayani shaghira.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orangtuaku. Baik ibu maupun bapakku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil.”

 

2. Doa untuk Orangtua Agar Diampuni Dosanya

Di momen Hari Ibu ini, doa untuk orangtua yang dapat dipanjatkan selanjutnya adalah, doa agar Allah mengampuni dosa-dosa kedua orangtua. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

“Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayaa warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, walijami’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwata illaa billahillaahil’aliyyil adhiimi.”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orangtua, dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka merawatku ketika aku kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimah, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampunan dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

 

3. Doa untuk Orangtua yang Telah Meninggal

Bagi orangtua yang telah meninggal dunia, mereka akan selalu menanti-nantikan doa dari anaknya. Sebab, setelah meninggal dunia, doa menjadi kado terindah yang selalu ditunggu. Nah, di momen Hari Ibu ini, kamu bisa membacakan doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

“Allahummaghfirlahu warhamu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu, wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqihi minal khotoyya kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdilhu daaron khoirom min daarihi, wa ahlan khoirom min ahlihi, wa zawjan khoirom min zawjihi, wa adkhikul jannata wa a’idzhu min ‘adzabil qobri wa’adzabin naar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunolah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia, luaskan kuburnya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Berisihkan ia dari segala kesahalan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya, berilah ganti keluarga yang lebih baik daripada keluarganya, istri yang lebih baik daripada istrinya, dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.”

Doa di atas, merupakan doa untuk orangtua laki-laki yang telah meninggal dunia. Sementara untuk wanita, doa yang diucapkan tetaplah sama, hanya saja lafal “hu” diganti dengan lafal “ha”.

Baca Juga: 50 Ucapan Selamat Hari Ibu Menyentuh Hati

Jadi, itulah kumpulan doa untuk orangtua yang bisa kamu panjatkan di momen Hari Ibu. Namun, sebaiknya, berdoa untuk orangtua tidak hanya dilakukan di momen-momen tertentu saja, ya. Tapi, baiknya dilakukan setiap hari. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan