Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja Agar Diberkahi

  • Bagikan
Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja Agar Diberkahi
portalrepublika.com

Seruni.id – Salah satu bakti seorang istri adalah dengan memberikan doa untuk suami. Agar suami diberikan perlindungan di mana pun ia berada, terlebih ketika suami sedang berjuang mencari nafkah untuk keluarga.

Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja Agar Diberkahi
sekolahnesia.com

Suami menjadi pasangan istri dalam segala hal. Jadi, ketika seorang istri mendoakan suaminya, maka sama saja ia tengah mendoakan dirinya sendiri. Misalnya, berdoa agar suami yang sedang bekerja selalu dalam lindungan Allah SWT, dalam kondisi yang sehat, serta mendapatkan rezeki yang melimpah lagi berkah. Dengan melayangkan doa untuk suami yang sedang bekerja, maka istri telah menjalankan tugasnya sebagai istri yang baik dan shalihah. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

 

1. Doa untuk Suami yang Bekerja di Tempat Jauh

Ketika suami mengais rezeki di tempat yang jauh, ada perasaan gundah dan gelisah yang dirasakan oleh seorang istri. Namun, kamu harus tetap tenang dan yakin, bahwa sebaik-baiknya penjagaan adalah penjagaan dari Allah SWT. Untuk memberikan ketenangan bagi istri, maka bacalah doa berikut ini:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Bismullahi tawakaltu’alallahi wa haula walaaquwwata illa billahi.”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Mu, tiada daya dan upaya melainkan Engkau.”

 

2. Doa untuk Suami Agar Dijauhkan dari Bahaya

Tidak seorang pun yang tahu akan takdir yang telah Allah gariskan, termasuk untuk seorang suami yang sedang bekerja. Apabila takdir tersebut buruk, maka hanya doa yang dapat mengubahnya. Adapun doa untuk suami agar dijauhkan dari bahaya ketika bekerja adalah:

“Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari rasa pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan orang.”

 

3. Doa untuk Suami Agar Memperoleh Rezeki yang Halal

Sebagai seorang istri, tentu kita berharap agar suami memperoleh rezeki yang halal. Sebab, dengan rezeki yang halal, akan memudahkan kita untuk meraih keberkahan dari Allah SWT. Hal ini tentunya harus diiringi dengan doa, berikut adalah doa untuk suami agar mendapatkan rezeki yang halal:

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Allahumma inii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.”

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, No. 925 dan Ahmad 6: 305, 322).

 

4. Doa untuk Suami Agar Selamat Dunia Akhirat

Bisa dibilang doa yang berikut ini adalah doa sapu jagat. Sebab, dalam doa tersebut, berisikan segala apa yang di dunia pun akhirat.

“Allaahumma inna nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut.”

“Allaahumma hawwin ‘alainaa fil sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisab.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

 

5. Doa untuk Suami Agar Terhindar dari Harta yang Haram

Untuk meraih keberkahan dalam rumah tangga, maka segalanya harus berdasarkan yang halal, termasuk rezeki. Sebab, jika salah satunya berasal dari harta yang haram, maka hal tersebut tidak akan menjadi berkah dan kelak akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Untuk itu, ketika suami sedang bekerja, sebagai istri bacalah doa untuk suami berikut ini:

“Allaahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubid’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anahroomika wa bifadlika ‘amman siwaak.”

Artinya: “Ya Allah yang Maha Kaya dan maha Terpuji, Tuhan yang menakdirkan yang mengembalikan, yang Maha Kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karunia-Mu.”

 

6. Doa untuk Suami Agar Diberikan Umur Panjang

Selalu bersama dengan suami, adalah harapan setiap istri. Maka, salah satu doa untuk suami yang tidak lupa dipanjatkan adalah meminta agar diberikan umur yang panjang. Agar bisa selalu bersama dalam meraih ridha Allah SWT. Adapun doa yang dapat dibaca adalah:

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allaahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit limaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribanaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhikawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka alaa kulli syai-in qodiir.”

Artinya: “Ya Allah, panjangkanlah umur kami, berilah kesehatan pada jasad kami, berilah keterangan pada hati kami, jagalah iman kami, luruskanlah amalan kami, perbanyaklah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam beragama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Baca Juga: 15 Perkataan Talak dari Suami yang Kerap Tak Disadari

Semoga dengan selalu memanjatkan doa untuk suami yang sedang bekerja, akan membuat hatimu menjadi lebih tenang dan mendapatkan keridhaan dari Allah SWT.

  • Bagikan
seruni.id