Sering Menyimpan Dendam Terlalu Lama? Ini Dampaknya pada Kesehatan

  • Bagikan
Sering Menyimpan Dendam Terlalu Lama? Ini Dampaknya pada Kesehatan
idoinspire.com

Seruni.id – Hingga saat ini dan sampai kapanpun, menyimpan dendam terlalu lama bukanlah hal yang baik. Sebab, hal tersebut akan berdampak pada kesehatan tubuh, loh.

Sering Menyimpan Dendam Terlalu Lama? Ini Dampaknya pada Kesehatan
medium.com

Setiap orang, pasti pernah memiliki masalah dengan orang lain. Hanya saja, cara mengatasinya tentu berbeda-beda. Ada yang mengakui kesalahan dan saling memaafkan, melupakan masalah tersebut, hingga ada yang menyimpannya sebagai dendam. Dendam adalah kondisi di mana seseorang tidak bisa melupakan kesalahan orang lain, menyimpan amarah yang cukup dalam, hingga ada niat untuk membalas perbuatan seseorang kepadanya.

Apakah kamu sedang merasakan hal tersebut saat ini? Harus kamu tahu nih, menyimpan dendam terlalu lama tidak hanya berdampak pada rusaknya hubungan, tapi juga bisa berdampak pada gangguan emosi dan kesehatan fisik. Agar kamu bisa melupakan dendam tersebut, coba yuk cari tahu beberapa hal yang akan terjadi pada tubuhmu jika kamu menyimpan dendam terlalu lama berikut ini:

 

1. Cemas dan Sulit Tidur

Ketika kamu menyimpan dendam terlalu lama, tubuhmu secara otomatis akan mengalami stres dan tekanan darah yang meningkat. Hingga akhirnya, kamu menjadi mudah cemas, khawatir yang berlebihan, mudah lelah, dan sulit tidur. Untuk memperbaiki hal tersebut, tentu saja kamu harus memaafkan dan melupakan hal telah terjadi. Dengan begitu, kamu pun akan merasakan kedamaian.

 

2. Penuaan Dini

Tubuh akan memproduksi hormon stres lebih banyak ketika kamu menyimpan dendam terlalu lama. Hormon tersebut bernama koristol, yang dapat menimbulkan depresi dan frustrasi. Sehingga membuatmu sulit tidur, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan memicu gaya hidup yang tidak sehat pula. Hal tersebut pun lantas berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan metabolisme yang tidak bisa terjaga dengan baik, sehingga menyebabkan penuaan dini.

 

3. Meningkatkan Risiko Kerusakan Jantung

Menyimpan dendam terlalu lama, sama saja kamu sedang memupuk emosi negatif dalam diri. Hal tersebut adalah salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu saja akan membahayakan tubuh. Serapi apapun kamu mengemas dendam tersebut, selalu saja akan membuatmu merasa tertekan dan marah. Rasa tertekan dan marah yang berulang, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Asosiasi Jantung Amerika Serikat sudah membuktikan menyimpan rasa marah dan dendam dapat memicu terjadinya jantung koroner yang didahului kondisi tekanan darah tinggi dan anteroklerosis.

 

4. Rentan Terkena Diabetes

Pola hidup seseorang menjadi tidak sehat manakala ia menyimpan dendam terlalu lama. Sebagaimana yang ditemukan oleh para peneliti, bahwa orang yang mengemas dendam dalam diri dan rasa amarah yang begitu dalam, berisiko memiliki kebiasaan kesehatan yang buruk, seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi kalori lebih banyak. Lama kelamaan, hal tersebut memungkinkan seseorang terkena diabetes.

 

5. Memicu Penyakit dengan Rasa Nyeri Kronis

Seseorang yang menyimpan dendam terlalu lama, cenderung lebih sering mengalami beberapa kondisi medis. Penelitian yang dilakukan pada populasi di Amerika Serikat menunjukkan, bahwa individu yang menyimpan dendam, memiliki peluang 50 persen lebih tinggi mengalami penyakit dengan rasa nyeri seperti ulserasi lambung, sakit punggung, dan sakit kepala. Hal ini, kemungkinan berkaitan dengan gangguan psikosomatis.

Baca Juga: 8 Tips Paling Efektif untuk Menahan Emosi Saat Berpuasa

Ternyata, mengemas dendam terlalu lama tidak bisa disepelekan begitu saja. Apalagi, ketika mengetahui dampaknya pada kesehatan. Tentunya tidak inginkan tubuh kita dirugikan dengan hal yang tidak seharusnya? Jadi, cobalah belajar untuk menjadi seorang pemaaf. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih bahagia dan tenang dalam menjalani hidup.

  • Bagikan