9 Keutamaan Surat Al Waqiah

  • Bagikan
9 Keutamaan Surat Al Waqiah
freepik.com

Seruni.id – Keutamaan surat Al Waqiah sangatlah banyak, maka dari itu, pada artikel kali ini, Seruni akan membahasnya. Pastikan kamu menyimaknya baik-baik, ya.

9 Keutamaan Surat Al Waqiah
freepik.com

Al-Qur’an adalah sebuah kitab yang di dalamnya berisikan ajaran-ajaran spiritual yang tidak perlu diragukan kebenarannya. Sebab, semua ayat yang ada di dalamnya, adalah ayat yang penuh keagungan serta memiliki banyak keutamaan. Salah satu surat yang memiliki keutamaan adalah surat Al Waqiah. Surat ke-56 di dalam Al-Qur’an ini memiliki arti ‘Hari Kiamat’.

Surat yang terdiri atas 96 ayat ini, tidak hanya mengisahkan tentang bagaimana hari kiamat terjadi, tapi juga menerangkan tentang penciptaan manusia, api, dan segala jenis makhluk hidup lainnya. Dari sekian banyak keutamaan surat Al Waqiah, yang paling banyak terdapat di surah ini adalah tentang kekayaan. Namun, kekayaan yang dimaksud tidak terbatas pada materi saja.

Berdasarkan penelitian Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mencatat, yang mencatat bahwa kandungan dan keutamaan surat Al Waqiah ini adalah adanya nilai pendidikan keimanan seperti tentang asal usul kejadian manusia, tanaman, air dan api juga pendidikan keimanan kepada hari kiamat. Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah keutamaan surat Al Waqiah yang bisa diamalkan setiap hari:

 

1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Apabila kita mengamalkan surat Al Waqiah setidaknya satu kali setiap malam, maka Allah SWT akan memberikan ganjaran berupa pahala yang sangat besar, dan juga akan dijauhkan dari kemiskinan. Sebagaimana yang dilakukan oleh orang sufi agar dilimpahkan rezeki, biasanya mereka melakukan puasa selama 1 minggu yang dimulai dari hari Jumat.

Selepas sholat fardhu, maka baca surat Al Waqiah sebanyak 25 kali sehingga sampai pada malam Jumat berikutnya. Kemudian pada malam berikutnya, setelah sholat maghrib, maka membaca surat Al Waqiah sebanyak 25 kali, sesudah sholat isya dibacakan kembali sebanyak 125 kali yang diikuti dengan sholawat sebanyak 1000 kali. Selain itu, perbanyak sedekah dan amalkan surat ini pada pagi dan petang, insya Allah akan berhasil.

 

2. Memperoleh Kekayaan yang Melimpah

Keutamaan surat Al Waqiah yang dibacakan sebanyak 14 kali selepas sholat ashar, yaitu dapat mengantarkan seorang muslim untuk mendapatkan kekayaan dan rezeki yang berlimpah. Hal ini, sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadis yang berbunyi,

“Ajarkanlah surat Al Waqiah kepada isteri-isterimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan.” (HR. Ibnu Ady)

 

3. Ditunaikan Hajatnya

Keutamaan surat Al Waqiah yang berikut ini berkenaan dengan rezeki yang akan diperoleh oleh seseoranng. Caranya, ketika seseorang membaca surat ini sebanyak 41 kali dalam sekali duduk, maka insya Allah segala hajat yang diinginkan maka akan Allah SWT tunaikan.

 

4. Mempermudah Sakaratul Maut

Seperti yang disebutkan di dalam hadis Ibnu Abu Dunya, bahwa sakitnya sakaratul maut, seperti tiga ratus kali sakitnya tusukan pedang. Bisa kita bayangkan, bukan? Namun, barangsiapa yang mengamalkan surat Al Waqiah, maka niscaya dirinya akan dipermudah ketika sakaratul maut menghampiri. Apabila surat ini dibacakan di sisi orang yang sedang mengalami sakaratul maut, maka Allah SWT tidak akan mempersulit seseorang untuk dicabut nyawanya sehingga ia tidak akan mengalami dalam waktu yang lama.

 

5. Jadi Hartawan yang Dermawan

Allah SWT telah berjanji pada orang-orang yang selalu mengucapkan syukur. Hal ini tertuang dalam Al-Qur’an yang berbunyi,

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَئِن شَكَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu menginkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’.” (QS. Ibrahim: 7)

Saat membaca Surat Al Waqiah sebanyak 3 kali sesudah selesai menunaikan salat Subuh dan 3 kali sesudah menunaikan salat Isya dan sudah berubah menjadi kebiasaan, insya Allah hal tersebut akan berujung kepada seseorang yang memiliki banyak hartan dan juga dermawan.

 

6. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Keutamaan surat Al Waqiah bagi yang mengamalkannya adalah ia akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak. Hal ini, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim yang berbunyi,

Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata, “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat mereka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, halaman 117)

7. Mendapatkan Kesembuhan dari Sakit yang Diderita

Keutamaan surat Al Waqiah berikutnya, Allah SWT akan mengangkat sakit dan memberikan kesembuhan bagi hamba-Nya yang membaca surat Al Waqiah.

 

8. Tidak Akan Ditimpa Kekafiran

Seseorang yang mengamalkan surat Al Waqiah setiap hari, mereka tidak akan mendapat kekafiran yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Ini merupakan salah satu keutamaan surat Al Waqiah yang sangat bermanfaat bagi kaum muslimin. Hal tersebut berdasarkan sebuah hadis dari Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203)

 

9. Memperoleh Ketenangan Jiwa dan Raga

Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah, sekalipun tidak mengetahui artinya, maka mereka akan mendapatkan ketenangan untuk jiwa dan raganya. Hal ini, antara lain karena sebenarnya saat membaca Al-Qur’an secara keseluruhan akan menadapatkan rasa tentram. Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir berkata,

“Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumla dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117)

Baca Juga: 5 Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Demikianlah sejumlah keutamaan surat Al Waqiah yang perlu kita ketahui, terutama sebagai seorang Muslim. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan