7 Tips Makeup untuk Kulit Kering Agar Tampak Flawless

  • Bagikan
7 Tips Makeup untuk Kulit Kering Agar Tampak Flawless
mirror.co.uk

Seruni.id – Punya kulit kering tapi ingin tetap menggunakan makeup dengan hasil yang flawless? Simak tips makeup untuk kulit kering berikut ini, yuk!

7 Tips Makeup untuk Kulit Kering Agar Tampak Flawless
bebeautiful.in

Pemilik kulit kering, rentan sekali mengalami masalah, salah satunya adalah kulit yang mengelupas. Tentu saja ini menjadi hal yang menjengkelkan, apalagi ketika menggunakan makeup. Sering kali makeup terlihat tidak halus dan merata. Lalu, bagaimana ya caranya agar makeup untuk kulit kering lebih tampak flawless dan tahan lama? Tak perlu khawatir, karena Seruni telah merangkum sejumlah tipsnya di bawah ini.

 

1. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Agar makeup untuk kulit kering dapat bertahan seharian, kamu perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Bukan hanya itu saja, eksfoliasi dapat membantu meningkatkan penyerapan produk sehingga tidak akan ada sel kulit mati yang menghalangi penetrasi. Mungkin di antara kamu masih ada yang takut untuk melakukannya, karena menganggap bahwa eksfoliasi hanya membuat kulit semakin kering. Padahal, jika kamu memilih eksfoliator yang lembut, maka pengangkatan sel kulit mati akan lebih mudah tanpa menimbulkan iritasi.

 

2. Pastikan Kulit Terhidrasi

Kulit harus selalu terhidrasi untuk menghindari kekerigan. Maka dari itu, penting sekali untuk menggunakan pelembap setelah melakukan eskfoliasi. Pelembap berperan untuk memberikan kandungan mineral pada kulit. Pastikan agar kelembapan pada kulit tetap terkunci sehingga akan mempermudahmu dalam mengaplikasikan makeup. Namun, meski kulit kering, hindarilah penggunaan pelembap yang berbasis air, karena akan membuat makeup tidak menempel secara sempurna.

 

3. Gunakan Foundation dengan Dewy Finish

Sebagus dan sepopuler apapun foundation matte, hanya akan membuat kulit menjadi semakin kering. Selain mengeringkan, foundation berjenis matte juga dapat mengakibatkan cakey sehingga membuat wajah tampak penuh tambalan. Jika dirasa tidak mungkin untuk meninggalkan foundation, kamu bisa menggantinya dengan foundation dewy finish. Sebab, jenis tersebut lebih tepat bagi pemilik kulit kering. Kamu pun bisa tetap menggunakan concealer untuk menutupi bagian wajah yang kering. Tentunya dengan memilih jenis yang berbahan dasar air agar kulit tetap terhidrasi.

 

4. Hindari Penggunaan Powder Terlalu Banyak

Seberapa sering kamu menggunakan produk berbentuk powder alias bubuk? Mulai sekarang, coba dihentikan yuk. Karena makeup berbentuk powder hanya akan meredam minyak alami kulit. Powder yang diaplikasikan pada bagian kulit kering, hanya akan membuat kulit tampak bersisik, cakey, dan gersang. Sebagai solusinya, kamu bisa beralih penggunaan makeup powder ke produk berbentuk liquid atau krim.

 

5. Gunakan Teknik Tepuk

Mengaplikasikan makeup tidak bisa dilakukan sembarangan, loh. Apalagi, bagi kamu pemlik kulit kering. Karena teknik yang salah, hanya akan membuat hasil akhir tampak bertekstur dan mudah pecah. Ada dua teknik dasar yang bisa kamu lakukan. Pertama, jika kamu menggunakan kuas, maka kamu harus mengusapnya ke satu arah saja. Sedangkan jika menggunakan sponge, gunakanlah teknik pressing atau menepuk-nepuk. Hindarilah gesekan terlalu banyak pada bagian wajah, karena dapat membuat kulit semakin mengelupas.

 

6. Pilih Blush On dan Highlighter dengan Tekstur Cair

Tips makeup untuk kulit kering berikutnya, pilihlah perona pipi atau blush on dengan tekstur cair. Karena produk blush on berbentuk cair, akan membuat kompleksi wajahmu tampak lebih natural.

 

7. Selalu Gunakan Face Mist

Tips makuep untuk kulit kering yang terakhir adalah menggunakan face mist. Penggunaan face mist, bertujuan untuk membuat makeup bertahan lama dan menghindari pengelupasan makeup. Dengan menggunakan face mist, wajah pun akan tampak lebih segar dan terhidrasi.

Baca Juga: Intip 7 Tren Makeup yang Akan Hits di Tahun 2022

Jadi, itulah 7 tips makeup untuk kulit kering yang bisa kamu terapkan. Dengan melakukan tips di atas, maka riasan pun akan tetap terjaga meski kamu beraktivitas seharian penuh. Selamat mencoba.

  • Bagikan