Efek Samping Mengonsumsi Jeruk Nipis

travel.tribunnews.com

Seruni.id – Jeruk nipis kaya vitamin C dan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh manusia. Tapi di balik itu, ada pula efek samping mengonsumi jeruk nipis jika berlebihan. Manfaat dari jeruk nipis yaitu dapat menjaga kekencangan kulit, mencegah masalah pencernaan, serta mendetoksifikasi tubuh. Anda memang setiap hari harus mengonsumsinya, tetapi jangan berlebihan ya.

Related image
nuansa.web.id

Anda jangan mengabaikan efek sampingnya bila tak ingin tetap nyaman bekerja dan beraktivitas. Bahkan, dampaknya dapat menimbulkan penyakit ringan hingga serius. Berikut adalah beberapa dampak yang Anda alami ketika terlalu banyak minum air jeruk nipis. Simak ulasannya berikut ini.

Luka di Lapisan Perut

Karena banyak konsumsi jeruk nipis, Anda dapat mengalami ulkus peptim atau luka di bagian lapisan perut. Tak hanya itu, luka tersebut dapat terjadi di sekitar esofagus bagian bawah atau usus halus. Itu terjadi akibat kelebihan produksi asam di perut. Karena banyak asam di perut dapat menimbulkan korosi atau menyebabkan luka pada lapisan dalam organ pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan ulkus peptik ringan atau berat. Perut bisa terasa melilit dan tidak nyaman.

Sering Buang Air Kecil

Efek samping yang selanjutnya, bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil. Jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Akibat lainnya Anda juga bisa mengalami dehidrasi. Karena kandungan asam jeruk nipis mengandung diuretik alami.

Serangan Migrain

Migrain adalah suatu kondisi yang membuat pasien menderita sakit kepala sebelah. Banyak penelitian mengungkapkan, seseorang yang berlebihan makan jeruk nipis dapat mengalami serangan sakit kepala tersebut. Pemicunya karena asam amino yang disebut tyramine pada jeruk tersebut jumlahnya sangat banyak. Asam amino ini bertanggung jawab pada aliran darah ke otak, sehingga membuat orang menderita serangan migrain.

Baca Juga: Jangan Keliru! Inilah Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala

Erosi pada Gigi

Terlalu banyak mengonsumsi jeruk tersebut juga dapat menyebabkan erosi pada gigi. Itu terjadi akibat asam sitrat dan asam askorbat pada buah ini. Asam tersebut bersama dengan kandungan gula alami dalam jeruk nipis, bisa menyebabkan gigi berlubang dan terkikis perlahan-lahan.

Diare

Buah tersebut merupakan buah yang sangat asam. Bila dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan. Ekstrak jeruk nipis yang masuk ke dalam usus dapat memicu diare dan perut mulas. Jika Anda mengalami hal tersebut, dampaknya pekerjaan sehari-hari terbengkalai dan tubuh kehabisan cairan.

Batu Ginjal

Kulit jeruknya juga banyak digunakan dalam memasak. Tanpa disadari kebiasaan tersebut bisa menyebabkan batu ginjal. Ini karena kandungan oksalatnya. Kandungan tersebut dapat mencegah penyerapan kalsium, sehingga menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.