Sinopsis dan Fakta Film ‘Ayla The Daughter of War’ yang Sukses Bikin Penontonnya Menangis

  • Bagikan
Sinopsis dan Fakta Film 'Ayla The Daughter of War' yang Sukses Bikin Penontonnya Menangis
portalkudus.pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Media sosial, terutama TikTok, belakangan ini diramaikan dengan cuplikan film ‘Ayla The Daughter of War’ yang diunggah oleh para kreator TikTok. Padahal, film yang disutradarai oleh Can Ulkay telah dirilis pada tahun 2017 lalu.

Sinopsis dan Fakta Film 'Ayla The Daughter of War' yang Sukses Bikin Penontonnya Menangis
minews.id

Namun, film ini masih ramai dicari oleh netizen, bahkan mereka mengaku bahwa film tersebut sukses membuat mereka menangis. Lantas, sebenarnya apa sih yang membuat film Ayla The Daughter of War bergitu istimewa, sehingga kamu harus menontonnya juga? Berikut adalah fakta-fakta penting yang harus kamu tahu!

Sinopsis

Ayla The Daughter of War adalah sebuah kisah nyata yang menyentuh hati tentang seorang tentara dari Turki dan gadis kecil dari Korea Selatan. Film tahun 2017 ini disutradarai oleh Can Ulkay, yang terinspirasi dari kisah Ayla yang bertemu tentara Turki pada 1950, saat perang saudara di Korea Selatan Berlangsung.

Kisah tersebut berawal ketika seorang tentara Turki, yakni Suleyman, ditugaskan untuk membantu peperangan yang ada di Korea Selatan (Korsel), bersama dengan tentara lainnya. Sesampainya di Negeri Gingseng itu, Suleyman bersama regunya menyisiri sebuah desa yang sudah hancur lebur akibat peperangan.

Tak sengaja, ia mendengar suara seseorang, regunya pun bersiap untuk menembak asal suara tersebut. Belum sempat tembakan itu dilepas, ternyata ada seorang gadis kecil di antara tumpukan mayat yang sedang menangis. Kemudian, Suleyman membawa anak tersebut ke camp tentara mereka. Semula, ia tak mendapatkan izin dari atasannya, tetapi Suleyman berusaha keras membujuk hingga atasannya luluh.

Kendati memiliki kendala komunikasi karena perbedaan bahasa antara Suleyman dengan anak tersebut, ia tetap merawat dan menjaga anak anak itu dengan tulus dan memberikannya nama ‘Ayla’. Selama tinggal di camp, Ayla belajar banyak dari Suleyman yang melindungi serta mengurusnya. Tidak hanya Suleyman, tentara Turki lain pun turut serta mengurus dan bermain dengan Ayla, dan mereka menganggap Ayla adalah cahaya di antara kegelapan perang yang terjadi.

Selama gadis kecil itu tinggal bersamanya di camp, Suleyman terus berusaha mencari keluarga jauh Ayla dan berniat untuk mengembalikan ke keluarganya. Namun sayang, ternyata Ayla tidak memiliki keluarga lagi setelah desanya hancur dan menewaskan orang tuanya.

Banyak hal yang Suleyman ajarkan kepada Ayla, mulai dari membaca, hingga Ayla bisa memanggilnya dengan sebutan papa. Semakin hari hubungan keduanya makin erat dan saling mencintai, layaknya seorang ayah dan anak kandung. Hingga pada suatu ketika, Suleyman dan tentara Turki lainnya telah selesai menjalankan tugas di Koresel dan harus kembali ke Turki.

Selalu Mencari Keberadaan Ayla

Karena kedekatannya dengan Ayla sudah begitu erat, hatinya begitu berat untuk meninggalkannya. Ia pun berinisiatif untuk membawanya ke Turki. Akan tetapi, karena peraturan yang ada, ia tidak bisa membawa Ayla bersamanya ke Turki dan dengan berat hati harus meninggalkan Ayla di panti asuhan.

Sebelumnya, Suleyman sempat mencoba menyelundupkan Ayla ke dalam kopernya untuk dibawa ke Turki, tetapi hal tersebut tertangkap dan Ayla terpaksa dipulangkan ke panti asuhan. Ia kemudian berjanji pada Ayla akan menemuinya kembali.

Setelah sampai di Turki, Suleyman masih sering pergi ke kedutaan Korea Selatan di Turki untuk mencari keberadaan Ayla yang sudah berganti nama menjadi nama aslinya. Hal itu mempersulit Suleyman untuk mengetahui keberadaan Ayla. 60 tahun kemudian meskipun Suleyman sudah menikah dan memiliki anak-anak yang sudah dewasa, ia tetap mencari keberadaan Ayla. Suleyman berkata “Bagaimana aku bisa menyebut diriku ayah jika aku tidak bisa menepati janjiku pada putriku”.

Suatu ketika salah satu stasiun televisi mendengar kisah Suleyman dengan Ayla dan membantu Suleyman bersaman kedutaan Korea Selatan mencari Ayla, sampai akhirnya mereka dipertemukan setelah sekian lama.

Daftar Pemeran dalam Film Ayla The Daughter of War

  • Ismail Hacioglu: Suleyman (muda)
  • Kim Seol: Ayla (Balita)
  • Lee Kyung Jin: Ayla (dewasa)
  • Cetin Tekindor: Suleyman (dewasa)
  • Ali Atay: Ali
  • Damla Sonmez: Nuran
  • Murat Yildirim: Lieutenant Mesut
  • Eric Robert: Major General Coulter
  • Taner Birsel: Major Fuat
  • Cade Carradine: Captain Cage
  • Mehmet Esen: Colonel Celal
  • Altan Erkekli: Huseyin Dilbirligi
  • Meral Cetinkaya: Nimet
  • Johnny Young: Lieutenant Lee
  • Ko Eun-min: Ayla (remaja)
  • Erkan Petekkaya: Major Iskenderun
  • Chaby Han: Sung Joon
  • Sinem Ozturk: Gazeteci Ozgen
  • Esra Dermancioglu: Sebahat Dilbirligi
  • Ali Barkin: Pepe Muharrem
  • Koray Ergun: Halit
  • Janner Kurtaran: Sadik

Fakta Tentang Film Ayla The Daughter of War

1. Film yang berlatar peperangan Korea ini, buknalah film baru, melainkan film yang rilis di tahun 2017 lalu.

2. Ayla The Daughter of War ini, ramai dibahas ketika menjadi FYP (For Your Page) di TikTok. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film ini.

3. Kisah pilu sangat menggetarkan hati, sampai-sampai banyak yang menjatuhkan air mata karena film ini. Banyak yang turut berkomentar bersedih hati karena kisah dari film Ayla The Daughter of War.

3. Berkisah hubungan keluarga, antara ayah dan anak. Ayahnya merupakan seorang mantan tentara bernama Suleyman berasal dari Turki

4. Ayla seorang gadis kecil yang memiliki paras sangat menggemaskan bertemu dengan Suleyman pada saat peperangan di Korea Selatan pada tahun 1950.

5. Gadis kecil bernama Ayla itu merupakan korban selamat, namun pada saat itu Ayla masih berumur 5 tahun dan kedapatan sedang menangis di antara tumpukan para korban yang meninggal dunia.

6. Setelah masa tugasnya selesai, Suleyman ingin membawa Ayla ke Turki dan memasukan Ayla ke dalam koper tapi hal tersebut dipergoki oleh kawannya dan akhirnya gagal untuk membawa Ayla ke Turki akhirnya Suleyman pulang tanpa Ayla.

7. Nahas hubungan percintaanya dengan gadis di Turki kandas karena sang kekasih tidak sabar menunggu kepulangan Suleyman ini.

8. Akhirnya Suleyman menerima tawaran dari orang tuanya untuk menikah dengan Nimet

9. Nimetlah yang setia menemaninya untuk mencari anak angkat Suleyman yang Ayla itu. Ternyata pencarian ini karena Suleyman telah berjanji akan akan menemui Ayla.

10. Memakan waktu sampai 60 tahun lamanya untuk Suleyman dapat membayar janji kepada Ayla. Akhirnya Ayla dan Suleyman bisa bertemu.

Baca Juga: 5 Film Disney yang Seru dan Terbaru, Cocok Ditonton Bersama Keluarga

Jadi, itulah sinopsis dan fakta mengenai film Ayla The Daughter of War yang diangkat dari kisah nyata. Sebelum menyaksikan film ini, pastikan kamu sudah menyiapkan tisu, ya? Sebab, film ini akan menguraas air matamu.

  • Bagikan
seruni.id