6 Fakta Film ‘Penyalin Cahaya’ yang Kini Jadi Sorotan

  • Bagikan
6 Fakta Film 'Penyalin Cahaya' yang Kini Jadi Sorotan
Para pemain film Penyalin Cahaya (instagram.com/penyalincahaya)

Seruni.id – ‘Penyalin Cahaya’ adalah salah satu film Indonesia yang kehadirannya tengah dinanti-nantikan para penikmat film. Bahkan, film besutan sutradara Wregas Bhanuteja ini, berhasil menempati urutan paling atas.

6 Fakta Film 'Penyalin Cahaya' yang Kini Jadi Sorotan
Para pemain film Penyalin Cahaya (instagram.com/penyalincahaya)

Namun, gegap gempita suasana menunggu film tersebut sirna. Lantaran ramainya kasus pelecahan seksual yang dilakukan oleh salah satu kru mereka. Kru penulis itu, diduga sebagai pelaku pelecahan seksual.

Hal itu terungkap dari pernyataan sang sutradara di media sosial. Menanggapi kasus ini, pihak rumah produksi pun mengambil sikap tegas dan mengapus nama terlapor pelaku pelecehan seksual dari daftar kredit film.

Kabarnya, film Penyalin Cahaya akan segera tayang di Netflix pada 13 Januari 2022 mendatang. Berikut ini, Seruni telah merangkum sejumlah fakta di balik film Penyalin Cahaya yang harus kamu tahu:

 

1. Film Tentang Penyintas Kekerasan Seksual

Film Penyalin Cahaya adalah film bergenre drama misteri yang diperankan oleh Shenina Chinamon, Chicco Kurniawan, Lutesha, dan pemain lainnya. Penyalin Cahaya, mengisahkan tentang seorang wanita bernama Sur (Sehinna Chinamon). Ia dianggap telah mencemarkan nama baik fakultas, lantaran tersebarnya foto dirinya dalam keadaan mabuk. Karena kejadian tersebut, Sur, terpaksa harus kehilangan beasiswanya. Untuk mengungkap kasus tersebut, Sur pun, meminta bantuan Amin (Chicco Kurniawan).

 

2. Raih 12 Piala FFI

Penyalin Cahaya, sempat dinobatkan sebagai film terbaik yang rilis pada 2021. Sebab, film tersebut telah berhasil meraih 12 piala Festifal Film Indonesia 2021 (FFI) dari 17 nominasi. Beberapa kategori yang berhasil dimenangkan, di antaranya adalah Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, hingga Film Cerita Panjang Terbaik.

 

3. Tayang di Netflix

Film Penyalin Cahaya perdana tayang di Festival Film Indonesia Busan 2021 pada Oktober lalu. Dan rencananya, film berdurasi 2 jam 10 menit ini, akan ditayangkan melalui Netlix pada 13 Januari 2022 mendatang. Mengapa harus Netflix? Menurut Wregas Bhanuteja, Netflix menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan peluang yang lebih luas agar pesan dalam film tersebut lebih luas jika ditayangkan di OTT.

 

4. Film Panjang Besutan Wregas Bhanuteja Pertama

Setelah merilis sejumlah film pendek, seperti Lemantun (2015) dan Prenjak (2016), Wregas akhirnya meluncurkan karya film panjang perdananya. Kisah di film Penyalin Cahaya ini, ia tulis untuk menyadarkan penonton akan maraknya isu kekerasan seksual yang kerap menimpa wanita. Selain menjadi Sutradara Terbaik di FFI 2021, ia juga didapuk sebagai penulis skenario terbaik.

 

5. Diperankan Oleh Aktor Muda dan Legendaris

Kolaborasi antara aktor muda dan legendaris, menjadi perpaduan yang ditunggu-tunggu oleh para penikmat film. Film ini diperankan oleh Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, dan aktor legendaris seperti Lukman Sardi. Akting mereka tak perlu diragukan lagi. Dijamin akan menarik perhatian banyak penonton.

 

6. Nama Salah Satu Kru Dihapus dari Kredit Film

Seperti yang telah Seruni sebutkan di atas, salah satu kru dari film Penyalin Cahaya ini, ada yang terjerat kasus kekerasan seksual yang dilakukan olehnya. Atas kasus tersebut, tim pun akhirnya mengambil langkah tegas, yaitu dengan mencoret kredit nama terlapor.

Baca Juga: 10 Macam Kekerasan Seksual yang Harus Diwaspadai

Jadi, itulah sejumlah fakta terkait film Penyalin Cahaya yang kini tengah ramai dibahas. Berbicara mengenai waktu tayang, sejak kasus tersebut mencuat ke publik, belum ada konfirmasi apapun, apakah jadwalnya akan mundur atau tidak. Jika tidak, film tersebut dijadwalkan tayang di Netflix pada 13 Januari 2022 mendatang.

  • Bagikan
seruni.id