7 Pahala bagi Istri yang Diselingkuhi Suami, Apa Saja?

  • Bagikan
7 Pahala bagi Istri yang Diselingkuhi Suami, Apa Saja?
Portrait of a young Muslim woman (Freepik.com)

Seruni.id – Adakah pahala bagi istri yang diselingkuhi suami? Allah SWT telah memberikan pahala istri yang dikhianati oleh suaminya dengan cara berselingkuh. Apa saja pahalanya? Berikut uraiannya.

Dengan alasan apapun, perselingkuhan adalah tindakan yang tidak dapat dibenarkan. Sebab, perselingkuhan tidak hanya menyebabkan keretakan dalam rumah tangga saja, tapi juga mendatangkan dosa bagi siapapun yang melakukannya. Ketika seorang suami melakukan hal tersebut, berarti sama saja ia telah melakukan kebohongan besar dan mengingkari janji pernikahannya dahulu.

Itulah mengapa Allah SWT begitu membenci hamba-Nya yang berselingkuh. Sementara itu, Allah SWT telah menjanjikan pahala bagi istri yang diselingkuhi suami, terlebih jika mereka bersikap sabar menghadapi hal tersebut. Berikut ini, Seruni telah merangkum sejumlah pahala bagi istri yang diselingkuhi oleh suaminya:

 

1. Memperolah Pahala Seperti Asiyah, Istri Fir’aun

Bagi istri yang diseliungkuhi oleh suami, tenanglah, jika kamu sabar menghadapi hal tersebut, maka kamu akan diganjar dengan pahala seperti Asiyah. Asiyah adalah istri Fir’aun yang pernah dipaksa oleh suaminya untuk menyembahnya. Namun, ia menolaknya. Kemudian Asiyah mendapatkan perlakukan yang buruk dan disiksa bertubi-tubi. Bahkan, kepalanya pernah dijatuhi sebuah batu yang sangat besar.

Samapi akhirnya, Asiyah pun mengembuskan napas terkahir dan oleh Allah disebut sebagai salah satu wanita mulia yang dijamin surga. Hal ini, juga disebutkan dalam sebuah hadis yang artinya,

“Dan jika seorang istri bersabar menghadapi keburukan akhlak suaminya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti yang diberikan kepada Aisyah istri Fir’aun.” (HR Muslim).

 

2. Dijauhkan dari Laknat Allah SWT

Allah sangat tidak menyukai hamba-Nya yang ingkar janji, apalagi melakukan perbuatan yang sudah jelas-jelas dilarang. Begitupun dengan perselingkuhan, adalah salah satu perbuatan yang Allah SWT benci. Maka, bagi seorang istri yang sabar, ia akan dijauhkan dari laknat Allah, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

 

3. Dimudahkan Jalan Menuju Surga

Allah SWT tidak hanya memberikan pahala bagi istri yang diselingkuhi, tapi juga akan dimudahkan jalannya menuju surga. Dengan catatan, sang istri sabar menerima perilaku buruk suami dan tidak membalasnya dengan keburukan pula. Maka, Allah berjanji untuk membuka semua pintu surga untuknya.

“Dan seorang istri yang taat pada suaminya, niscaya ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dikehendaki.” (Hadist Hasan Shahih)

 

4. Hiudpnya Diridhai Allah SWT

Tetap sabar meski diperlakukan tidak baik oleh suami, adalah hal yang tidak mudah. Ada hal yang harus dikorbankan, perasaan misalnya. Sebab, mereka harus meredam amarah dan tetap berbakti sebagai seorang istri. Namun, tak perlu khawatir, karena Allah akan meninggikan derajatnya di surga atas kesabaran tersebut. Allah berjanji untuk memberikan kebahagiaan dan ketenangan hidup sebagai pahala atas segala kesabaran.

 

5. Dikabulkan Doanya

Adapun pahala bagi istri yang diselingkuhi lainnya adalah, Allah akan mengabulkan doanya. Sebab, selingkuh termasuk ke dalam kategori perlakuan dzolim. Sehingga istri yang pernah diselingkuhi akan mendapatkan pahala dan juga dikabulkan doa-doanya. Ini sama halnya seperti yang terjadi saat istri Fir’aun berdoa kepada Allah. Hal tersebut digambarkan dalam sebuah ayar Al-Qur’an yang artinya,

“Wahai Tuhan bangunkanlah untukku sebuah rumah di surga di sisi-Mu dalam surga dan selamatkan daku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang dzalim.” (QS. At Tahrim: 11)

Doa di atas, merupakan doa yang kerap diucapkan oleh Asiyah tatkala dirinya harus menghadapi kemarahan dan siksa dari suaminya. Allah pun mengabulkan doanya untuk mendapatkan rumah di surga di sisi Allah dan Allah menjadikannya sebagai salah satu wanita paling mulia di dunia.

 

6. Mendapatkan Pahala Besar dari Amalan Sunnah

Allah SWT juga menjanjikan ganjaran lainnya bagi para istri yang diselingkuhi suami, yaitu pahala yang lebih besar dari amalan sunnah. Sebab, kesabaran seorang istri adalah ciri-ciri wanita mulia yang hidupnya akan diridhai Allah.

“Hak suami merupakan kewajiban bagi istri. Melaksanakan kewajiban harus didahulukan daripada melaksanakan amalan sunnah.” (Fathul Baari)

 

7. Mendapatkan Kebahagiaan di Akhirat

Tak hanya dimudahkan jalannya menuju surga, istri yang sabar juga bakal mendapatkan kebahagiaan di akhirat. Hubungan Mama dan suami akan berpengaruh pada kebahagiaan di akhirat kelak. Apabila seorang istri berbakti pada suami dan tetap bersikap sabar meski terus merasa disakiti, maka janji Allah adalah kebahagiaan yang abadi di akhirat.

“Perhatikan bagaimana hubunganmu dengannya karena suami merupakan surgamu dan nerakamu.” (HR Ahmad)

Baca Juga: Apakah Layanganku Sudah Putus?

Betapa pun besar pahala bagi istri yang diselingkuhi, tapi tetaplah berdoa agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Karena kebahagiaan seorang istri adalah mendapati suami yang setia hingga jannah-Nya kelak.

  • Bagikan
seruni.id