5 Fakta Minuman Manis yang Harus Diwaspadai

  • Bagikan
5 Fakta Minuman Manis yang Harus Diwaspadai
health.kompas.com

Seruni.id – Minuman manis memang menyegarkan. Apalagi, semakin hari semakin banyak jenisnya dan bisa diapatkan dengan mudah. Meski begitu nikmat, tapi kamu perlu ingat, mengonsumsi gula harus dalam batas aman. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dapat membahayakan kesehatan, loh. Buat kamu yang merasa sudah kecanduan, sebaiknya lebih berhati-hati, ya. Pasalnya ada beberapa fakta yang mungkin akan membuatmu terkejut. Berikut faktanya:

5 Fakta Minuman Manis yang Harus Diwaspadai
pikiran-rakyat.com

 

1. Apa Saja Sih yang Termasuk Minuman Manis?

Pasti kamu bertanya-tanya, apa saja sih yang termasuk ke dalam minuman manis? Menguti dari Centers for Disease Control and Prevention Amerika (CDC), minuman manis merupakan berbagai jenis minuman dengan rasa manis. Rasa tersebut berasal dari tambahan berbagai jenis gula. Seperti brown sugar, corn sweetner, corn syrup, dextrose, fructose, glucose, high-fructose corn syrup, honey, lactose, malt syrup, maltose, molasses, raw sugar, and sucrose. Jenis tersebut bisa berupa minuman bersoda, minuman rasa buah, minuman berenergi, hingga kopi maupun teh yang ditambahkan gula.

 

2. Memiliki Kandungan Gula yang Tinggi

Minuman manis biasanya mengandung gula yang cukup tinggi. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk membatasinya. Sebab, pada dasarnya, tubuh manusia memang membutuhkan gula untuk memberikan energi, hanya saja jumlahnya tidak berlebihan. Menurut Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, anjuran gula/ornag per harinya hanyalah 10% dari total energi (200 kkal) atau setara dengan 4 sendok makan gula/orang/hari (50 gram/orang/hari). Oh ya, gula juga tidak hanya ada di dalam minuman saja, tapi juga bisa ada di dalam kue, dessert, hingga makanan bertepung.

 

3. Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan

Jika tubuh terlalu banyak menampung asupan gula berlebihan setiap harinya, hati-hati dampak buruk akan mengintaimu. Misalnya, seperti terjadinya kerusakan gigi, kelebihan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, ginjal, hati non-alkohol, asam urat, hingga artritis.

 

4. Berhubungan dengan Pola Hidup yang Tidak Sehat

Mengutip dari laman CDC, mereka yang memiliki gaya hidup kuerang sehat, seperti merokok, waktu tidur yang kurang, jarang olahraga, sering mengonsumsi fast food, jarang mengonsumsi buah, cenderung menjadi konsumen minuman manis. Belum lagi jika ditambah dengan kebiasaan yang kurang sehat lainnya, seperti sering menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop.

 

5. Bisa Bikin Kecanduan

Sama halnya seperti rokok atau obat-obatan terlarang, gula juga bisa menyebabkan seseorang kecanduan. Hal ini berdasarkan pada uji terhadap hewan, tapi memang belum bisa dipastikan juga berlakubagi manusia. Kendati demikian, kita pun mesti menyadari saat tidak bisa menahan gula atau sudah masuk dalam kategori berlebihan, untuk bisa segera diatasi, mengingat dampak buruk yang bisa mengintai.

Baca Juga: Konsumsi 7 Minuman Sehat yang Mampu Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Demikianlah lima fakta tentang minuman manis yang harus kamu tahu. Yuk mulai sekarang kurangilah mengonsumi minuman yang mengandung banyak gula agar tubuh tetap sehat.

  • Bagikan