15 Film Komedi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

  • Bagikan
15 Film Komedi Indonesia Terlucu Sepanjang Masa
movieden.net

Seruni.id – Film komedi Indonesia memang tak pernah sepi peminatnya. Pasalnya, genre film yang satu ini kerap menyuguhkan hal-hal lucu yang mempu mengocok perut dan menjadi hiburan yang paling menyegarkan. Apalagi, semakin hari film komedi Indonesia semakin memberikan kualitas yang bagus, baik dari segi cerita pun kualitas gambar.

Jika kamu sedang mencari film komedi buatan Indonesia yang bagus dan bisa membuat tertawa, Seruni saranin kamu menyimak artikel ini sampai selesai, ya. Sebab, Seruni akan merekomendasikan beberapa film komedi terbaik Indonesia sepanjang masa yang bisa menemani kamu di akhir pekan maupun ketika sedang bosan. Tak usah berlama-lama, langsung saja simak film komedi indonesia terbaik menurut seruni.id di bawah ini, ya.

1. 3 Dara

Film komedi Indonesia

Jika dilihat dari judulnya, mungkin kamu akan mengira bahwa film ini akan diperankan oleh tiga orang gadis cantik. Jangan sampai terkecoh. Sebab, film ini justru diperankan oleh tiga aktor pria yang dikutuk menjadi perempuan. Sudah kebayang ‘kan gimana lucunya? Mereka adalah Adipati Dolken, Tora Sudiro, dan Tanta Ginting; tiga pria yang terkena kutukan karena telah mempermainkan perasaan perempuan. Lebih jelasnya, mereka dikutuk agar tahu bagaimana sulitnya menjadi perempuan.

Film komedi Indonesia bertajuk 3 Dara ini mampu memberikan humor dan menghiburmu, loh. Tingkah laku dan pendalaman karakter tiga pemeran utamanya menjadi nyawa terbesar dari film ini. Tak sampai disitu, keberhasilannya menembus dereta terlaris film Indonesia tahun 2015 pun akhirnya berbuah manis pada perilisan sekuelnya di tahun 2018 silam.

2. Skakmat

Film komedi Indonesia

Kalau film yang satu ini tidak seluruh alurnya bergenre komedi, namun dicampur dengan laga. Diperankan oleh Donny Alamsyah, Tanta Ginting, Cecep Arif Rahman, dan Hannah Al-Rashid ini dijamin membuat kamu terpingkal-pingkal karena agedan menegangkan sekaligus menghibur. Film yang diproduksi oleh MNC Pictures ini berhasil memukai dengan segala lelucon yang dilontarkan oleh para pemerannya. Tidak moudah loh ngelucu sembari kejar-kejaran atau membuat adegan perkelahian menjadi adegan komedi.

3. Me vs Mami

Film komedi Indonesia

Me vs Mami diperankan oleh dua artis cantik dan berbakat yakni Cut Mini dan Irish Bella. Kemampuan akting Cut Mini sepertinya sudah tak diragukan lagi, ya. Nah, di film ini kita seperti diberi kejutan. Pasalnya, Irish Bella, artis sinetron yang berperan menjadi anak dari Cut Mini ini, biasanya selalu memerankan adegan sedih dan bercucuran air mata. Namun di film ini, ternyata artis 23 tahun ini mampu mengundang tawa, loh.

Filmnya sendiri bercerita tentang perjalanan liburan mereka ke Minangkabau. Akan tetapi, sepanjang perjalanan, mereka dihadapkan dengan persoalan-persoalan yang akan membaut kamu gaspol banget. Salah satunya adegan Irish Bella saat ia terjatuh ke danau. Bagi kalian yang sudah menonton film ini, pasti setuju kelau adegan tersebut adalah salah satu bagian terlucu dalam film Me vs Mami.

4. Warkop DKI Reborn

Film komedi Indonesia

Warkop DKI menjadi salah satu film komedi Indonesia terbaik. Sebab, film yang diangkat dari film komedia laris di era 90-an ini menjadi banyak perbincangan masyarakat. Hal ini dikarenakan karakter dari tiga tokoh tersebut, yakni Dono, Kasiono, dan Indro yang sudah melekat di hati para penontonnya terdahulu.

Kemudian ditampilkan kembali dengan lebih fresh yang diperankan oleh para aktor terkenal, seperti Abimana Arystya (Dono), Vino G Bastian (Kasino) dan Tora Sudiro (Indro). Ketiga pemeran tersebut sangat masuk ke dalam karakter dari ketiga komedian tersebut. Tak heran, jika film ini menjadi film komedi terlaris dan banyak ditunggu oleh para penikmatnya. Perlu diketahui, film ini terbagi menjadi 3 part, di mana setiap partnya menyajikan kelucuan yang berbeda-berda dengan pemeran yang berbeda pula.

5. Cek Toko Sebelah

Film komedi Indonesia

Disutradarai oleh Ernest Prakasa ini, film komedi Indonesia satu ini telah rilis pada 2016 silam. Cek Toko Sebelah mengisahkan tentang seorang anak keturunan Tionghoa yang telah menyelesaikan studinya di luar negeri. Namun, pada akhirnya dia hanya disuruh untuk menjaga toko oleh orangtuanya.

Ernest yang juga merangkap sebagai pemeran utama ini, dalam berkomedi ia menertawakan dan membuat kekurangannya menjadi sebuah lelucon yang bisa menghibur orang lain. Contohnya adalah kebiasaan membuat kelakar tentang dirinya yang keturunan Tionghoa serta memarodikan hal-hal yang masih dianggap tradisi atau tabu oleh orang-orang. Jika kamu penasaran akan kelucuan Ernest dalam filmnya itu, langsung tonton sendiri saja.

6. Hangout

film hangout

Sama halnya seperti Ernest Prakasara, Raditya Dika pun kerap menjadi pemeran utama dalam film yang ia sutradarai. Hangout adalah salah satu film yang ia sutradarai sendiri. Film yang rilis pada akhir tahun 2016 lalu itu, berhasil menggaet 2.620.644 penonton. Film bergenre komedi yang dipadukan dengan sederet aksi menegangkan ini mengisahkan tentang seorang pria misterius yang mengundang sembilan orang untuk datang ke sebuah vila di pulau terpencil dan jauh dari pemukiman penduduk.

Undangan tersebut bertujuan untuk hangout atau nongkrong sekaligus membahas proyek besar. Namun, mereka justru dihadapkan pada masalah serius ketika salah satu dari mereka keracunan makanan. Film ini memang bergenre misteri, tapi tetap dibumbui dengan komedi seru yang siap membuat kalian terpingkal-pingkal. Hangout sendiri diperankan oleh aktor serta artis papan atas seperti Mathias Muchus, Titi Kamal, Dinda Kanyadewi, Gading Marten, Surya Saputra, dan Soleh Solihun. Turut ditampilakan pula aktris muda, Prilly Latuconsina, dan seorang Youtuber terkenal Bayu Skak.

7. Susah Sinyal

film susah sinyal

Ernest Prakasa tak hanya menyutradarai film Cek Toko Sebelah saja, namun beberapa film lainnya. Seperti salah satunya Susah Sinyal, yang merupakan film drama komedi yang menceritakan tentang Ellen (Adina Wirasti), seorang pengacara sukses dan single mom. Saking sibuknya, ia jadi jarang meluangkan waktu untuk anak tunggalnya, Kiara (Aurora Rebero). Oleh karena itu, Kiara tumbuh menjadi remaja pemberontak yang lebih banyak melampiaskan emosinya di media sosial.

Dalam menulis film ini, Ernest dibantu oleh sang istri, Meira Anastasia. Ide cerita diambil dari keresahan mereka berdua sebagai orangtua yang sibuk bekerja dan jarang menghabiskan waktu dengan anak. Latar tempat yang dipilih adalah Jakarta dan Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Seperti apa kisah antara ibu dan anak ini? Rasanya menceritakan alur kisah film ini secara detail adalah tindakan yang tidak baik. Jadi, kalian bisa menyaksikannya sendiri, ya.

8. Ngenest

film ngenest

Lagi-lagi film yang disutradarai oleh Ernest Prakasa masuk dalam daftar film komedi Indonesia terlucu sepanjang masa. Mengisahkan tentang pengalaman Ernest menjadi seorang keturuan Tionghoa, film ini betul-betul berangkat dari keresahan seorang Ernest sebagai minoritas di negeri ini. Dikisahkan mabisinya untuk menikahi gadis pribumi, hingga konflik soal keputusan memiliki anak. Bukan kisah yang rumit, namun komedianya yang mengocok perut sepanjang film berlangsung.

9. My Stupid Bos

film my stupid boss

Film ini menceritakan tentang seorang bos yang diperankan oleh Reza Rahardian. Ia melakukan perjalanan ke Vietnam bersama Diana yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Mr. Kho, dan Ardian yang harus mencari karyawan hingga ke negeri seberang. Bos merupakan orang yang paling tinggi derajatnya dari struktur organisai, tak heran jika mereka memiliki kekuasaan dan kekuatan paling super.

Karena mengklaim sebagai orang paling berpengaruh, ia bisa saja seenaknya dan membuat suasana menjadi rumit. Seolah tak peduli di mana ia berada, ia kembali berulah. Bukan lagi merugikan karyawan dan perusahaannya. Dengan sikap dan ulah yang sering terjadi, membuat para karyawannya perlahan mengundurkan diri dan sang bos justru mendekam di penjara.

10. Komedi Gokil 2

film komedi gokil 2

Dengan menampilkan aktor komedian pada jaman dulu, yaitu Indro Warkop, menjadi daya tarik tersendiri bagi film ini, apalagi menjadi semakin gokil dengan adanya Boris, Acho, dan Lolox yang terjebak oleh wanita cantik dalam kost-kostan milik istri om Indro. Tak hanya menceritakan itu saja, dalam film ini menceritakan bahwa om Indor memiliki gebetan cantik yang ditemuinya di Gym saat berolahraga. Tak disangka, ini adalah jebakan istri om Indro. Kekocakan film ini semakin menjadi-jai ketika Acho dan Boris membantu om Indro untuk menghapus foto-foto mesra dengan gebetannya itu.

11. Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga

film milly & mamet

Film yang rilis pada 2018 silam ini, lanjutkan dari kisah Ada Apa dengan Cinta 2 yang diperankan oleh Milly (Sissy Pricillia) dan Mamet (Dennis Adhiswara). Kehidupan dua sejoli itu sedang disibukkan dengan mengurus bayi mereka. Mamet yang punya passion memasak dan sempat bekerja sebagai chef ini, kini bekerja di pabrik milik Papa Milly. Sebuah pilihan yang terkesan terpaksa, karena kini menjadi tumpuan keluarga kecil mereka setelah Milly memutuskan resign dari sebagai bankir dan memilih untuk fokus membesarkan anaknya.

12. Orang Kaya Baru

film orang kaya baru

Komedi berjudul Orang Kaya Baru atau OKB ini adalah sebuah film yang ditulis oleh sutradara andal Joko Anwar. Cerita OKB yang dituangkan Joko ternyat berasal dari pengalaman pribadinya semasa kecil. Rampungnya film tersebut menyisakan rasa puas tersendiri dan bahagia di dalam hatinya. Pria yang kini berusa 42 tahun itu mengaku pengalaman kerasnya kehidupan masa kecilnya kini bisa dilihat masyarakat dalam film karyanya ini.

OKB mengisahkan tentang keluarga sederhana yang terdiri dari Bapak (Lukman Sardi), Ibu (Cut Mini) serta tiga anaknya, Duta (Derby Romero), Tika (Raline Shah), dan Dodi (Fatih Unru). Kehidupan mereka terbilang pas-pasan, namun di tengah keterbatasannya, mereka tetap menunjukkan kekompakan. Babak baru dalam kehidupan mereka dimulai ketika sang ayah meninggal dunia.

Ternyata mereka baru mengetahui, bahwa selama ini mereka adalah orang yang sangat kaya. Hartanya pun diwariskan kepada keluarga yang ia tinggalkan. Tidak pernah merasakan hidup bergelimang harta, keluarga yang ditinggalkan pun berfoya-foya hingga melampaui batas.

13. Preman Pensiun

film preman pensiun

Sebelum akhirnya diangkat menjadi sebuah film layar lebar, Preman Pensiun merupakan lanjutan dari kisah sinetron yang diproduksi oleh MNC Pictures dan bekerja sama dengan ANP yang mengangkat kisah belutan drama komedi yang kental. Film komedi lucu ini mengisahkan tentang kondisi setelah para preman memutuskan berhenti dari aktivitasnya di jalanan dan insaf. Berlatar waktu tiga tahun setelah kajadian di serialnya, Preman Pensiun mengisahkan Muslihat (Epy Kusnandar) yang berbisnis kecimpring usai pensiun dari dunia premanisme.

Namun, penjualannya tersebut mengalami penurunan. Setelah itu, masalah lain pun muncul ketika anaknya yang remaja, Eneng (Safira Mahardani), mulai didekati seorang cowok. Perkara yang lebih besar pun muncul di antara mantan anak buahnya Kang Mus, salah satunya adalah Gobang (Dedi Moch Jamasari).

Setelah pensiun sebagai preman selama tiga tahun dan menjadi peternak lele, Gobang kembali ke terminal utnuk mengadakan reuni kecil-kecilan bersama para kerabatnya. Pertemuan tersebut berkaitan dengan sebuah pengroyokan yang terjadi di Pasar Baru.

14. Yowis Ben

film yowis ben

Yowis Ben rilis pada 2018 lalu dengan jumlah penonton 935622 meskipun tidak lebih unggul dari jumlah penonton dari film Yowis Ben 2, tetapi tak kalah lucu dan seri dengan film komedi lainnya, loh. Film ini menarik dan berbeda dengan film komedi Indonesia lainnya. Sebab, 80 persen menggunakan bahasa Jawa dan Sunda.

Mengisahkan tentang Bayu (Bayu Skak) menyukai Susan (Cut Meyriska) sejak lama. Namun karena merasa minder, Bayu akhirnya memutuskan memendam perasaan itu. Akan tetapi, hari-harinya berubah sejak Susan mengirim voice chat ke ponsel Bayu, yang membuatnya GR luar biasa mengira Susan memberi isyarat agar didekati.

Ternyata Susan hanya memanfaatkan Bayu untuk membantunya mensuplai pecel untuk konsumsi teman-teman OSIS. Bayu berinisiatif membentuk band bersama Doni (Joshua Suherman) sahabat dekatnya, Yayan (Tutus Thomson) seorang tukang tabuh beduk sebagai drummer dan Nando (Brandon Salim) siswa ganteng yang jago keyboard.

Mereka sepakat menamakan band mereka YOWIS BEN. Namun rupanya langkah Bayu dan teman-temannya tidak mudah. Dalam masa-masa YOWIS BEN tumbuh di dunia musik kota Malang, perlahan tapi pasti celah perpecahan antara personel YOWIS BEN mulai tampak.

15. Laundry Show

film laundry show

MVP Pictures menjadikan Laundry Show sebagai salah satu amnunisi tontonan film komedi lucu Indonesia di tahun 2019. Drama komedi yang dibesut oleh Rizki Balki tersebut menampilkan bintang yang tengah menjadi sorotan, yakni Gisella Anastasia dan aktor tampan Boy William.

Film ini diangkat dari sebuah novel karya Uki Lukas yang menceritakan tentang Uki atau yang akrab disapa Kokoh (Boy William) yang memilih keluar dari pekerjaannya untuk membangun sebuah usaha laundry. Namun dalam perjalanannya, Kokoh dihadapkan dengan berbagai masalah, mulai dari pegawai dengan beragam kepribadian, sampai persaingan bisnis dengan Agustina (Gisella Anastasia) yang membuka usaha serupa di dekat bisnisnya.
Film lucu Indonesia yang satu ini banyak dihaiasi oleh pelawak terkenal seperti Opie Kumis, Ence Bagus, Aming, Anyun Cadel, Hifdzi Khoir, Gading Marten, dan Ferry Salim.

Baca Juga: 18 Film Komedi Thailand Terbaik dan Menggelitik

Demikianlah 15 film komedi Indonesia terbaik dan terlucu sepanjang masa. Apakah kamu sudah menontonnya? Menurutmu, yang mana sih film paling lucu dan gokil? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin menonton film komedi Indonesia terbaik. Rekomendasi film di atas dijamin bisa memuaskan kebutuhan akan humor. Selamat menonton.

  • Bagikan