5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Media Sosial

hellosehat.com

Seruni.id – Adanya media sosial memang menyenangkan dan sangat membantu sekali, kita bisa bertemu teman, meskipun hanya lewat dunia maya. Di media sosial kita bisa mengekspresikan diri, mulai dari posting foto, berbagi certia dan yang lainnya. Namun, sayangnya jika kita tidak berhati-hati, seringkali postingan di media sosial bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri. Nah, untuk itu, kita harus tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan di media sosial. Berikut ulasannya:

[read more]

 

Hasil gambar untuk media sosial
bogor.net

Memposting Identitas Pribadi

Memposting identitas pribadi tidak boleh dilakukan di media sosial, ya. Karena hal tersebut akan menjadi memicu adanya kejahatan di dunia maya. Sebab, kamu tidak pernah tahu dan menebak dengan siapa kamu berteman. Jadi, berhati-hati sangat perlu dilakukan. Apalagi, jika kamu memiliki bisnis online, jika memang perlu memposting bisnis, lakukan seperlunya saja.

Menyindir

Jangan sesekali menyindir seseorang lewat dunia maya, karena bisa saja yang akan tersindir bukanlah orang yang kamu maksud. Hal ini bisa menjadi bumerang bagi kamu. Lebih baik, pertimbangkan dulu sebelum memposting sesuatu, kemudian lihat kembali pemilihan kata dan susunan kalimtanya, apakah ada yang ambigu dan menimbulkan perdebatan. Dan jangan pula kamu memposting screen shoot percakapan pribadi yang sifatnya bisa membuat malu orang lain.

Berkeluh Kesah

Berkeluh kesah tidak boleh dilakukan di media sosial, ya. Jikapun ingin berkeluh kesah, jangan sampai seperti orang yang meminta belas kasihan. Alangkah lebih baiknya, buatlah seinformatif mungkin dan usahakan kamu memberi solusi bagi mereka yang mengalami hal serupa.

Mengunggah Foto Anak

Khusus untuk kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, memposting hal lucu seperti itu sangat disukai dan dapat dengan mudah mengundang komentar dan tanda suka publik. Namun, harus ada batasannya. Jangan sampai kamu mengunggah foto anak dengan bagian tubuh yang terbuka. Meskipun hanya untuk lucu-lucuan dan tampak tidak berbahaya, akan tetapi harus tetap berhati-hati. Sebab, sekarang ini ancaman pedofil semakin menjamur. Kita tidak tahu di mana mereka berada, yang sangat mengkhawatirkan pelaku pedofil itu adalah orang yang dekat dengan anak-anak.

Menulis Kata-kata Kasar

Kebebasan untuk mengekspresikan diri yang dihadirkan di media sosial seringkali disalahgunakan oleh banyak orang, sehingga banyak dari mereka yang merasa bebas untuk mengemukakan kata-kata kasar mau pun spamming di media sosial. Hal tersebut tentunya tidak boleh dilakukan di media sosial, karena selain akan memberikan hal yang negatif bagi para pembacanya, hal tersebut tidak sepatutnya dilakukan orang lain.

Itulah hal yang tidak boleh dilakukan di media sosial. Mulai saat ini, pergunakanlah media sosialmu secara bijak. Semua ini demi keamanan dan kenyamanan diri sendiri serta keluarga.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.