Hentikan Kebiasaan ini Jika Tidak Ingin Wajah Keriput

  • Bagikan
Hentikan Kebiasaan ini Jika Tidak Ingin Wajah Keriput
hellosehat.com

Seruni.id – Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami banyak perubahan. Misalnya, tubuh mulai mengendur hingga wajah keriput. Kondisi tersebut sudah pasti akan terjadi. Namun, apakah kamu tahu, kalau kemunculannya itu tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja, loh.

Beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan ini juga ternyata berdampak pada kulit wajah hingga membuatnya keriput lebih cepat. Jadi, sebelum kamu mencoba untuk melakukan perawatan mahal, cobalah untuk mencegah wajah keriput dengan cara yang lebih alami. Untukmu yang ingin tampil awet muda, yuk simak beberapa kebiasaan yang mempercepat munculnya keriput berikut ini:

 

1. Sering Olahraga Lari

Hentikan Kebiasaan ini Jika Tidak Ingin Wajah Keriput
hellosehat.com

Olahraga lari memang menyehatkan. Namun, terlalu sering melakukannya ternyata juga kurang baik untuk kulit, loh. Usut punya usut, ketika sedang berlari, kolagen dan elastin pada kulit akan rusak atau pecah. Nah, jika tak ingin wajah keriput lebih cepat, kurangilah intensitas berlarimu. Cobalah sesekali hanya berjalan saja, agar kolagen di dalam tubuh tetap aman.

2. Kurang Tidur

Hentikan Kebiasaan ini Jika Tidak Ingin Wajah Keriput
orami.co.id

Kurang tidur tidak hanya membuat tubuh lemas atau menjadi tidak fokus saja. Namun, juga bisa menyebabkan wajah keriput hingga memunculkan lingkar hitam di bawah mata. Kalau kamu terlalu sering begadang dan kurang tidur, jangan heran kalau kamu akan mengalami masalah kulit dalam jangka panjang.

Kurangnya waktu tidur akan menimbulkan rasa stres yang menyebabkan tubuh serta kulit menghasilkan radikal bebas. Semakin banyak mendapatkan paparan radikal bebas, maka semakin mungkin pula wajah akan tampak menua, meski umurmu masih muda.

 

3. Menggunakan Air Ledeng

Hentikan Kebiasaan ini Jika Tidak Ingin Wajah Keriput
alderon.co.id

Walaupun tampak sepele, tapi penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari memiliki peran yang sangat besar. Klorin diperlukan untuk proses menghilangkan kuman yang ada pada air ledeng. Namun, siapa sangka, ternyata kandungan klorin pada air bisa berbahaya jika diminum atau digunakan untuk mencuci muka. Sebab, kandungan klorin bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi.

 

4. Menggunakan Kacaramata atau Lensa Kontak yang Sudah Kedaluwarsa

Hentikan Kebiasaan ini Jika Tidak Ingin Wajah Keriput
topcareer.id

Kerap menghabiskan waktu untuk membaca buku di ruangan yang kurang penerangan? Selain kurang baik, kebiasaan ini juga akan merusak kesehatan mata, sehingga membuatmu harus menggunakan kacamata. Tahukah kamu? Rupanya, sering menggunakan kacamata juga bisa menimbulkan garis-garis halus atau keriput di sekitaran mata.

Tak hanya penggunaan kacamata, sering menggunakan lensa kontak juga tidak terlalu bagus. Ada baiknya, gantilah lensa kontak secara rutin, karena hal tersebut dapat menyebabkan keriput. Selain untuk mencegah datangnya keriput, penampilanmu juga akan terlihat lebih segar.

 

5. Terlalu Sering Sauna

Hentikan Kebiasaan ini Jika Tidak Ingin Wajah Keriput
lifestyle.kompas.com

Body massage menjadi solusi terbaik ketika tubuh terasa lelah dan pikiran sedang stres. Usai melakukan massage, biasanya kamu akan didetoksifikasi di ruangan beruap atau ruang sauna. Sauna memang membuat tubuh lebih segar, tapi ternyata jika dilakukan terlalu sering, kurang baik untuk tubuh. Paparan uap dengan panas yang ekstra bisa mengurai elastin dan kolagen yang ada pada kulit.

Baca Juga: 6 Artis Indonesia yang Tetap Cantik dan Awet Muda Meski Berusia 40 Tahun

Kamu sering melakukan kebiasaan di atas? Ingat, ya, hal-hal tersebut memang baik dilakukan, tapi usahakan jangan terlalu sering. Seperti yang telah dijelaskan, kebiasaan tersebut akan berdampak kurang baik untuk kesehatan kulit. Jadi, mulai sekarang, coba untuk dikurangi, ya. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan