Bertemu Calon Mertua? Ini 7 Hal yang Harus Kamu Hindari!

  • Bagikan
Bertemu Calon Mertua? Ini 7 Hal yang Harus Kamu Hindari!
herworld.co.id

Seruni.id – Ketika pertama kali bertemu calon mertua, kesan pertama yang harus dimunculkan adalah sosok pribadi yang baik. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga sikap. Sebab, momen tersebut akan selalu diingat. Ada beberapa sikap yang mesti dihindari saat pertemuan awal, agar mereka bisa menilai bahwa kamu adalah sosok calon menantu yang ideal.

Bertemu Calon Mertua? Ini 7 Hal yang Harus Kamu Hindari!
lifestyle.okezone.com

Jika kamu bisa menjaga sikap, maka bukan tidak mungkin calon mertua akan mempertimbangkanmu menjadi menantunya kelak. Nah, agar pertemuanmu nanti berjalan lancar, Seruni ingin memberitahu bahwa ada beberapa sikap yang mesti kamu hindari, di antaranya:

 

1. Hindari Mencium Pipi Calon Mertua

Saat pertama kali bertemu calon mertua, hindarilah mencium pipi mereka, ya. Sebab, kamu belum menjadi siapa-siapanya mereka. Hindari sikap terlalu agresif. Akan lebih baik, ciumlah permukaan telapak tangan mereka. Kamu boleh mencium pipi, jika calon mertuamu memberi sinyak bahwa mereka akan menciummu terlebih dahulu.

 

2. Jangan Sering Memainkan Ponsel

Bertemu calon mertua untuk yang pertama kali, mungkin akan membuatmu merasa canggung. Meski demikian, bukan berarti kamu harus selalu fokus pada ponsel, ya. Semua orang pasti tidak akan suka jika kamu sering memainkan ponsel, apalagi calon mertua. Maka dari itu, dalam situasi apa pun, cobalah untuk menahan diri agar tidak terlalu sering mengecek ponsel ketika mengah mengobrol dengan orangtua pasangan.

 

3. Tidak Mendominasi Percakapan

Memulai percakapan untuk mencairkan suasana memang menjadi inisiatf yang sangat baik. Namun, hindari untuk mendominasi percakapan, ya. Sebab biasanya, calon mertua akan proaktif dalam percakapan ini dengan banyak pertanyaan. Sebagai calon menantunya, wajablah sebagaimana mestinya.

Jika secara tidak sadar kamu malah mendominasi percakapan, bukan tidak mungkin calon mertua merasa tidak nyaman. Responsnya akan diperlihatkan secara tersirat tanpa kamu ketahui, atau bahan tidak ditunjukkan sama sekali. Terlihat aktif boleh, tapi untuk kesan pertama sebaiknya seimbangilah percakapan.

 

4. Jangan Terburu-buru Memanggail Calon Mertua dengan Sebutan ‘Mama’ atau ‘Papa’

Ketika bertemu calon mertua, tentu kamu berharap lebih, kan? Bukan hanya menjadi calon, tapi benar-benar ingin menjadi menantunya di kemudian hari. Meski begitu, jangan terburu-buru memanggil mereka dengan sebutan mama atau papa. Apalagi, jika kamu belum pernah bertemu sebelumnya dengan mereka. Panggil mereka dengan formalitas saja, seperti tante, om, ibu, atau pak.

 

5. Terlalu Pendiam dan Kurang Proaktif

Terlalu mendominasi percakapan memang tidak baik, begitupun dengan terlalu pendiam dan kurang proaktif. Tidak hanya menanggapi, kamu bisa bertanya balik seolah-olah antusias dengan percakapan tersebut. Selain berbicara, kamu bisa berinisiatif membantu jika ada yang perlukan di rumah.

Ada kesan unik yang bisa timbul dari sikap pendiam, tetapi bukan berarti diam begitu saja tanpa ada inisiatif. Karena umumnya, calon mertua menyukai calon menantu yang memiliki rasa inisiatif. Tentunya inisiatif ini tidak merugikan kamu, seperti selalu merasa dituntut membelikan makanan, barang atau melakukan pekerjaan yang tidak semestinya.

 

6. Tidak Perlu Mendiskusikan Topik yang Serius

Saat pertama kali bertemu, ada banyak hal yang pastinya ingin dipertanyakan oleh calon mertua kepadamu. Terutama tentang bagaimana hubunganmu dengan anaknya. Jadi jangan dulu membahas topik yang berat dan serius seperti politik. Kamu bisa menceritakan bagaimana pertama kali kamu bertemu dengannya anaknya.

 

7. Hindari Kebohongan Putih

Membuat kesan yang baik agar mereka mereka menilaimu baik pula, adalah hal penting. Namun, kamu harus menghindari godaan untuk memperindah kebenaran tentang dirimu sehingga kamu tampak bijaksana.

Mungkin kamu ingin melebih-lebihan prestasimu baik dari segi akademik pun bidang lainnya, untuk membuatnya tampak seperti kamu cukup menarik bagi pasangan. Namun, jika hubunganmu berlanjut, kemungkinan mereka akan menemukan kebenaran di beberapa titik, yang akan merusak reputasimu dan dianggap sebagai bendera merah.

Baca Juga: 10 Ide Oleh-oleh untuk Mertua Agar Makin Disayang

Itulah sikap yang perlu kamu perhatikan ketika pertama kali bertemu calon mertua. Jadi, berikanlah kesan terbaik saat berjumpa pertama kali, agar mereka tidak kecewa.

  • Bagikan