Hindari 6 Hal ini Saat Mengikuti Wawancara Kerja

Hindari 6 Hal ini Saat Mengikuti Wawancara Kerja
google.com

Seruni.id – Wawancara kerja, atau lebih dikenal dengan interview, merupakan salah satu rangkaian proses rekrutmen dalam mencari karyawan di suatu perusahaan. Biasanya seorang HRD sebuah perusahaan akan memeprtimbangkan banyak hal selama proses seleksi karyawan.

Hindari 6 Hal ini Saat Mengikuti Wawancara Kerja
google.com

Mereka akan memperhatikan tiap tindakan yang kamu lakukan, seperti bahasa tubuh, intonasi suara hingga perkataanmu dalam proses wawancara. Selain itu, ada beberapa hal loh, yang mesti kamu hindari saat melakukan interview kerja agar berjalan dengan lancar. Apa sajakah? Berikut diantaranya:

1. Datang Terlambat

Ketika kamu hendak melakukan wawancara kerja, sebaiknya datanglah satu jam sebelum interview berlsangsung. Jangan sampai kamu terlambat sampai di sana. Jika iya, itu menjadi kesalahan yang sangat fatal sekali. Pihak perusahaan tidak mau tahu masalah keterlambatamu. Untuk itu, siasati dengan cara berangkat lebih awal dan survei tempat wawancara. Namun, akan berbeda cerita jika perusahaan yang membutuhkanmu. Tapi, bukan berarti bisa datang sesukamu, ya.

2. Mengatakan Hal-hal Negatif

Hindari pula untuk mengatakan hal-hal negatif saat sesi wawancara kerja. Misalnya, menjelekkan perusahaan tempat kerjamu sebelumnya. Karena menurut Survei Career Builder, menemukan bahwa 62% perusahaan cenderung tidak akan memperomosikan karyawan yang memiliki sikap dan sifat negatif pun pesimis.

Perusahaan akan lebih senang dengan orang yang optimis dan selalu berpikir serta berbicara hal-hal yang positif. Jadi ada baiknya, selalu mencari hal positif dalam pengalamanmu. Jika merasa terlalu banyak bekerja di perusahaan sebelumnya, lebih baik dibicarakan bagaimana itu mengajarkanmu untuk mengelola waktu dengan sangat baik.

3. Tidak Kontak Mata Saat Wawancara

Hal yang satu ini, kerap diabaikan oleh para pelamar pekerjaan yang akan melakukan interview. Tahukah kamu, bahwa kontak mata dengan pewawancara sangatlah penting, loh. Dengan menatap mata lawan bicara, menggambarkan akan keseriusan seseorang.

Menurut orang Jepang, jika kita menatap mata seseorang saat sesi wawancara, menandakan bahwa orang tiu sangat serius. Hindarilah berbicara dengan pewancara, namun pandangan jalan-jalan di awang, selain tidak sopan, juga dianggap meremehkan, loh.

4. Terlalu Banyak Berbagi Tentang Kehidupan Pribadi

Hindarilah menceritakan terlalu banyak tentang kehidupan pribadimu. Jangan bawa semua hal tersebut ke dalam sesi wawancaramu.

5. CV Tidak Sesuai Kenyataan

CV (Curriculum Vitae) menjadi berkas yang sangat penting untuk kamu bawa saat hendak wawancara kerja. Jadi sebaiknya, buatlah CV sebaik-baiknya dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Tulislah kelebihan yang memang kamu miliki, tidak mengada-ngadakan. Karena jika kamu tidak jujur, kamu harus menanggung risikonya. Jangan sampai kamu malu karena sisi CV yang keren tapi kenyaatannya tidak sama dengan isi CV tersebut.

6. Terlihat Sibuk

Selaind atang terlambat saat akan wawancara kerja, jangan mengambil risiko memberikan manajer perekrutan melihat kamu sibuk sendiri sambil memegang ponsel di tangan, terutama tepat sebelum ia keluar untuk menyambutmu. Ada baiknya saat interview kerja, disarankan untuk tidak mengeluarkan telepon genggam selama proses wawancara berlangsung.

Baca Juga: 8 Kiat Sukes Melamar Pekerjaan

Demikianlah enam hal yang harus kamu hindari saat sedang melakukan wawancara kerja. Nah, tapi sebelumnya, jangan lupa berdoa, ya, agar sesi wawancara berjalan dengan lancar. Jika sudah berusaha sebaik mungkin, namun kabar baik tak kunjung kamu terima, itu artinya kamu harus lebih bersabar dan menambah sedikit usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.