Ini 8 Cara Mencegah Bau Tak Sedap pada Hijab

Ini 8 Cara Mencegah Bau Tak Sedap pada Hijab
oss.mommyasia.id

Seruni.id – Tinggal di negara tropis yang panas, membuat produksi keringat berlebih masuk di area kulit kepala. Telebih bagi wanita berhijab, ini menjadi masalah serius yang menyebabkan hijab lebih mudah mengeluarkan bau tak sedap.

Ini 8 Cara Mencegah Bau Tak Sedap pada Hijab
dream.co.id

Tentunya kamu ingin kan selalu tampil prima dan segar? Nah, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah bau tak sedap pada hijab meskipun dipakai seharian. Simak caranya berikut ini.

1. Pastikan Rambutmu Bersih

Rambut bersih merupakan kunci utama dalam mencegah bau tak sedap pada hijab. Sebab, rambut yang belum keramas justru hanya akan menumpuk minyak pada bagian kulit kepala dan bekas-bekas keringat juga masih akan menempel di kulit kepala hingga hal ini membuat jilbabmu menjadi bau. Sebagai wanita berhijab, usahakan untuk rajin keramas menjag kesehatan area kepala agar tetap bersih dan selalu segar. Keramaslah minimal 2 hari sekali agar kulit kepala tetap terjaga kebersihannya.

2. Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Pemilihan bahan untuk hijab maupaun pakaian menjadi perhatian penting. Berpakaian tidak hanya untuk menunjang penampilan, namun juga memperhatikan kenyamanan. Kenyamanan menjadi nomor satu. Jadi, pilihlah bahan yang lembut di kulit serta tidak tebal, untuk mencegah timbulnya bau tak sedap.

3. Cuci Hijab dengan Sabun dan Cuka Putih

Ketika mencuci hijab, sebaiknya gunakan detergen, lalu peras air dengan maksimal dan biarkan kering secara alami. Hindari menyetrika hijab yang masih basah, karena tentu saja ini akan meninggalkan bau tak sedap. Apabila kamu mencucinya menggunakan tangan, tambahkan 1/4 cup cuka putih ke dalam air, cuci hingga bersih, kemudian keringkan di bawah sinar matahari. Selain menjaga aroma, cuka putih juga ampuh menghilangkan noda membandel pada hijab.

4. Jika Terlanjur Bau, Gunakan Baking Soda

Apabila hijabmu sudah terlanjur mengeluarkan aroma yang tak sedap, maka usahakan untuk memberikan baking soda untuk menyerap baunya. Beberapa orang menyarankan untuk menyimpan hijab dan baking soda di dalam plastik seharian, kemudian keluarkan hijab dan kibaskan hingga semua baking soda hilang.

5. Gunakan Essensial Oil

Jika penggunaan parfum dirasa terlalu menyengat, cobalah memilih essensial oil yang memiliki aroma lebih soft. Pilihlah aroma yang sesuai dengan seleramu. Tidak perlu langsung meneteskan essensial oil ke hijab. Kamu bisa menaruhnya di dalam kotak penyimpanan, lalu simpan hijab di dalamnya. Biarkan material hijab menyerap aroma lembut dari essensial oil dan kamu pun siap menggunakannya kembali.

6. Kenakan Hair Mist Sebelum Menggunakan Hijab

Sebelum menggunakan hijab, pastikan rambutmu sudah bersih. Setelah itu semprotkan hair mist untuk berikan ekstra wangi saat pakai hijab. Pastinya cara ini bisa kamu lakukan untuk mencegah hijab dari bau apek dan membuat kamu wangi seharian dengan hijabmu.

7. Jika Keringatan, Lepaskan Hijab Hingga Kering dan Pakai Kembali

Jika aktivitas kamu sangat padat hingga membuat kamu menjadi berkeringat, untuk cegah hijab dari bau apek. Sebaiknya saat berkeringat kamu lepaskan hijab dan biarkan area kepala kering dengan mengangin-anginkannya hingga kering. Memakai hijab dalam keadaan keringatan hanya akan membuat hijab menjadi bau apek karena keringat yang menumpuk.

Baca Juga: Tutorial Hijab Segi Empat yang Simpel dan Stylish

8. Jangan Menggunakan Hijab yang Sudah Kotor Lebih dari Dua Kali

Cegah hijab dari bau apek dengan tidak menggunakan hijab lebih dari dua kali karena bisa membuat hijab menjadi kotor. Hijab yang dipakai lebih dari dua kali cenderung menyerap dan menumpuk keringat yang bisa jadi penyebab bau. Sebagai pengguna hijab sebaiknya tetap selalu menjaga kebersihan agar selalu nyaman.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.