Menginjak Usia 40 Tahun, Ini 10 Hal yang Akan Terjadi pada Wanita

Menginjak Usia 40 Tahun, Ini 10 Hal yang Akan Terjadi pada Wanita

Seruni.id – 40 tahun bukan lagi usia muda, seiring bertambahnya usia, banyak perubahan yang akan terjadi. Perubahan yang akan kamu alami saat menginjak usia 40 tahun ini, memang sangat berkaitan erat dengan kesehatan, baik secara fisik, pun mental.

Menginjak Usia 40 Tahun, Ini 10 Hal yang Akan Terjadi pada Wanita

Untuk memahami lebih jelas, berikut berbagai perubahan fisik wanita ketika menginjak usia 40 tahun atau lebih:

1. Ingatan yang Mulai Menurun

Memasuki usia 40 tahun, lambat laun otak mulai menunjukkan penurunan kemampuan, terutama dalam hal ingatan. Kondisi ini membuatmu menjadi mudah lupa akan sesuatu hal, misalnya lupa dalam menyimpan barang atau lupa akan janji dengan temanmu. Bisa dibilang, kondisi ini merupakan demensia dini, yang sebenarnya wajah terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Namun, bukan berarti kamu menderita Alzheimer, tetapi hal ini hanyalah sebuah perubahan tubuh wanita yang wajar terjadi, mengingat otak selama ini sudah bekerja dengan maksimal berpuluh-puluh tahun lamanya. Kamu tak perlu panik dengan kondisi ini, ya. Sebab, hampir semua wanita yang memasuki usia 40 tahun mengalami hal ini. Nah, agar kemampuan mengingat tetap baik, kamu bisa melatihnya dengan cara mempelajari sesuatu yang baru atau sekadar membaca buku. Namun, kalau kondisi ingatan cukup parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk melakukan tes tambahan.

2. Rambut yang Mulai Rontok

Tampaknya masalah ini memang kerap dialami oleh banyak orang dari segala usia. Namun, pada kenyataannya, masalah ini banyak dihadapi oleh wanita saat memasuki usia 40 tahun. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi, ya? Ternyata, masalah kerontokan rambut ini dipengaruhi oleh perubahan hormon tubuh yang terjadi saat memasuki masa menopause. Untuk mengatasinya, mungkin kamu perlu menggunakan hair tonic untuk mengurangi masalah kerontokan yang terjadi pada usia ini.

3. Uban Mulai Terlihat

Tumbuhnya uban menjadi tanda penuaan yang paling jelas terlihat. Ketika memasuki usia 40 tahun, jangan heran kalau rambut berwarna putih cenderung keabu-abuan lebih mendominasi. Tak perlu pusing memikirkan warna rambut yang kian berubah, hal ini pasti akan terjadi. Namun, kalau kamu merasa kurang percaya diri keluar rumah dengan helaian rambut abu-abu di kepala, kamu bisa menggunakan pewarna rambut. Pilihlah pewarna yang aman untuk rambutmu, sehingga kamu bisa lebih percaya diri saat keluar rumah.

4. Sulit Menahan Pipis

Kehamilan, persalinan, hingga menopause bisa menyebabkan menurunnya kendali kandung kemih pada wanita. Sehingga mereka sangat sulit sekali menahan pipis. Bukan hanya itu saja, melansir dari Hello Sehat, Barabara Hannah Grufferman, penulis buku Love Your Age: The Small Setip Solution to a Better, Longer, Happier Life menyebutkan, bahwa 40 persen kebocoran ini bisa terjadi saat kamu batuk, bersih, atau bahkan tertawa. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Bagi kalian yang mengalami kondisi ini, sangat disarankan untuk melakukan senam kegel yang dapat memperkuat otot panggul bawah seperti otot rahim, kandung kemih, dan usus besar.

5. Rambut Halus Mulai Bermunculan

Ketika memasuki usia 40 tahun, uban bukan satu-satunya tanda penuaan. Namun, munculnya rambut-rambut halus di area wajah, dagu, ruas jari tangan, dan jari kaki juga menjadi tanda yang harus kamu pahami. Tahukah apa penyebabnya? Hal ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon estrogen dan testosteron di dalam tubuh. Akibatnya, kamu akan melihat lebih banyak rambut-rambut halus muncul di beberapa bagian tubuh terutama wajah.

6. Mudah Mengalami Nyeri

Semakin bertambahnya usia rasa lelah dan nyeri pada bagian tubuh mudah sekali terjadi. Ini karena tendon dan otot menjadi lebih kaku dibandingkan dengan usia sebelumnya. Cairan pelumas alami yang terdapat pada persendian juga berkurang, sehingga rentan untuk mengalami nyeri sendi.

7. Lebih Mudah Mengalami Stres

Ternyata usia 40 tahun adalah usia yang paling rentan mengalami stres dan depresi. Sebagaimana yang diketahui dari riset terbaru yang mengindikasikan bahwa usia 40an, terutama 44 tahun merupakan usia yang rentan mengalami depresi.

8. Muncul Sensasi Panas dari Dalam Tubuh

Kurang lebih 80 persen wanita yang memasuki usia 40 tahun ke atas akan mengalami yang namanya hot flashes alias sensasi panas yang berasal dari dalam tubuh. Biasanya hal ini terjadi ketika wanita akan memasuki masa menopause. Sensasi panas ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, bisa 7 hingga 11 tahun. Gejala ini lebih sering muncul pada malam hari, hingga membuat tubuh berkeringat dan sulit untuk tidur.

Hot flashes muncul sebagai respon tubuh untuk menyesuaikan perubahan hormon yang terjadi. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan berbagai cara sederhana seperti mengenakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat, menerapkan teknik pernapasan perut, dan juga menciptakan suasana kamar tidur yang sejuk.

9. Kerutan Semakin Jelas Terlihat

Elastisitas kulit memang akan mengalami perubahan saat menginjak usia 40 tahun. Kulit tak lagi kencang, flek hitam kian bermunculan, serta garis-garis halus yang semakin terlihat jelas. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena kini sudah banyak perawatan wajah yang bisa mengatasi hal ini.

10. Gaya Berpakaian Mulai Berubah

Perubahan bukan hanya terjadi secara fisik saja, gaya berpakaian pun mulai berubah saat memasuki usia ini. Jika saat masih muda kamu selalu mengikuti perkembangan tren yang ada, maka saat menginjak umur 40 tahun, hasrat untuk mengikuti trend akan menurun. Kamu tak lagi peduli dengan tren yang berkembang, karena yang terpenting adalah kenyamanan. Sebab, pada usia ini, menjadi perhatian banyak orang bukanlah tujuan yang penting.

Baca Juga: Cara Facial di Rumah dengan Buah-buahan Agar Tampak Awet Muda

Itulah hal-hal yang akan terjaid ketika memasuki usia 40 tahun. Ingat, ya, hal yang terjadi pada perempuan dan laki-laki tentu berbeda. Yuk rawat diri kita mulai dari sekarang, agar bisa tetap sehat dan tampil menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.