Jangan Abaikan Haramnya Riba!

0

Seruni.id – Melanjutkan pembahasan Seruni sebelumnya tentang Allah dan Rasulnya Menyatakan Perang dengan Dua Dosa, yakni Mengganggu Wali Allah dan Rentenir. Maka, kami akan membahas lebih lanjut mengenai haramnya riba yang tidak bisa lagi diabaikan. Berikut Dalil tentang haramnya seseorang menggunakan uang hasil riba:

Image result for dosa riba
arrahmah.co.id

Dosa seorang rentenir atau yang memakan hasil riba, dosanya lebih buruk dibandingkan dosa seorang pezina. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam:

“Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali.” (HR Ahmad dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman)

Bahkan, dapat dikatakan dosa memakan hasil riba bagaikan dosa orang yang telah menzinai orangtua (ibu) kandungnya sendiri. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam:

“Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Sedangkan riba yang paling besar adalah apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya.” (HR Al hakim dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman)

Dan dengan maraknya riba, maka secara tidak langsung menjadi pernyataan dari suatu kaum, bahwa mereka mendapatkan hak dan layak di adzab oleh Allah Ta’ala. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda:

“Apabila telah marak perzinaan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk di adzab Allah.” ( HR Al Hakim)

Tahukah kamu apa dampak dari perbuatan riba?

Dari macam-macam riba yang ada di masyarakat pada umumnya dan beredar luas, dampak yang ditimbulkan adalah:

  • Sangat berbahaya bagi masyarakat serta agama.
  • Pendapat para ahli ekonomi menyatakan bahwa riba dapat menjadi penyebab utama krisis ekonomi karena dengan membayar bunga pinjaman dengan singkat.
  • Mendapatkan dosa yang setimpal setara dengan meniduri ibu kandungnya sendiri.
  • Akan mendapatkan laknat pada hari akhir atau yaumil qiyamah.

Baca Juga: Allah dan Rasulnya Menyatakan Perang dengan Dua Dosa Ini

Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat disimpulkan dengan jelas bahwa Allah sangat melarang perbuatan riba atau renten. Maka, artinya hukum rentenir menurut Islam sangatlah diharamkan.

Dan kita sebagai umat Islam, semoga dihindarkan dari perbuatan keji tersebut. Jangan takut tidak bisa hidup tanpa riba, tapi takutlah jika nantinya riba mengantarkanmu pada neraka. Naudzubillah.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.