Jangan Minder Ini 8 Keuntungan Memiliki Kulit Sawo Matang

Jangan Minder Ini 8 Keuntungan Memiliki Kulit Sawo Matang
priceprice.com

Seruni.idWarna kulit memang beragam, tapi bukan berarti itu menjadi alasan untuk mebeda-bedakan orang dari warna kulitnya. Terlebih bagi mereka yang memiliki kulit sawo matang.

Jangan Minder Ini 8 Keuntungan Memiliki Kulit Sawo Matang
kurio.id

Meski memiliki kulit dengan warna yang cenderung gelap, bukan berarti kita harus minder. Sebab, di balik kulit sawo matang, banyak sekali keuntungan dan manfaatnya dibandingkan mereka yang berkulit putih, loh. Gak percaya? Coba cek di bawah ini yuk!

1. Tidak Mudah Terbakar

Kulitmu akan tetap menjadi lebih gelap jika terlalu lama terkana sinar matahari, tapi kamu tidak akan merasa belang yang begitu timpang dengan kulitmu yang sebelumnya. Hal ini lantaran jumlah melanin pada kulit sawo matang lebih banyak daripada kulit putih. Kandungan melanin ini berperan penting dalam menjaga kulitmu dari efek jangka pendek paparan sinar matahari, seperti kulit yang terbakar (sunburn).

2. Memiliki Risiko Lebih Kecil untuk Terkena Kanker Kulit

Kanker kulit bisa mengancam siapa saja, terlebih bagi pemilik kulit putih. Ini karena melanin atau pigmen penghasil warna yang berbeda pada lapisan epidermis dan berfungsi memproteksi sinar UV pada pemilik kulit putih lebih sedikit daripada pemilik kulit sawo matang. Dengan begitu, paparan sinar UV yang mengenai kulit putih dapat lebih mudah merusak jangan sel-selnya.

3. Lebih Awet Muda

Kolagen sangatlah penting untuk tubuh, gunanya untuk menjaga elastisitas kulit, kelenturan, kekenyalan, kelembapan, dan ketahanan pada kulit. Nah, serat kolagen yang dimiliki kulit sawo matang ini cenderung lebih banyak dan tebal daripada kulit putih. Itu sebabnya pemilik kulit sawo matang tidak mudah berkerut atau keriput, justru tampak lebih awet muda.

4. Penghambat Radikal Bebas

Menurut pendiri situs The Sun and Your Skin, banyaknya melanin yang dimiliki kulit sawo mtang, berperan dalam menangkal radikal bebas. Lebih jelasnya, banyaknya kandungan melanin yang terdapat pada lapisan epidermis kulit akan membantu lemak mempertahankan kelembapan kulit. Apabila kulit kehilangan kelembapannya, maka akan menyebabkan kering dan pecah-pecah.

5. Memiliki Tulang yang Lebih Kuat

Banyaknya jumlah pigmen yang dimiliki kulit sawo matang, mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari. Hal inilah yang kemudian membuat para pemilik kulit sawo matang memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami osteoporosis, karena mampu menyerap kalsium lebih banyak daripada kulit putih.

6. Otak, Saraf, dan Alat Indera Berfungsi dengan Baik

Melanin yang terdapat pada lapisan epidermis kulit tidak hanya berfungsi untuk mempengaruhi warna kulit dan rambut. Namun, juga dibutuhkan oleh tubuh demi bertahan hidup. Organ-organ yang ada pada tubuh, berfungsi lebih baik seiring dengan banyaknya jumlah melanin yang dimiliki.

7. Memancarkan Aura yang Lebih Hangat

Dalam tubuh setiap orang, memiliki jumlah sel-sel melanosit yang sama, tapi beruntunglah bagi kamu yang memiliki kulit sawo matang. Karena mereka memiliki melanosit yang mampu menghasilkan melanin dalam jumlah banyak. Meningkatnya melanin inilah yang memberikan kulit warna yang lebih hangat.

8. Proses Reproduksi Jauh Lebih Baik

Kulit yang cenderung gelap, menghasilkan melanin dengan jumlah yang lebih banyak. Melainin tersebut berfungsi untuk menyaring sinar ultraviolet untuk mencegah kerusakan pada DNA. Dengan begitu, perempuan berkulit gelap memiliki tingkat terendah dalam kasus kelahiran bayi cacat atau tidak sempurna.

Baca Juga: Bingung Memilih Baju yang Sesuai dengan Warna Kulit? Ini Tipsnya!

Itulah keuntungan memiliki kulit sawo matang, sehingga kamu tidak perlu lagi merasa minder. Apalagi, banyak orang berkulit putih di Amerika atau Eropa yang justru ingin sekali mendapatkan warna kulit yang lebih eksotis. Dari berjemur di pantai sampai pakai produk atau peralatan tanning khusus, mereka lakukan karena ingin kulit kecokelatan.

Mungkin memang ungkapan ‘rumput tetangga selalu tampak lebih hijau, benar adanya. Terutama masalah kulit ini. Tapi, daripada minder, lebih baik yuk hargai dan syukuri apa yang sudah kita miliki sekarang dan tak perlu merasa iri jika penampilan kita berbeda dengan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.