Jelang Lebaran, Ini 6 Hidangan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jelang Lebaran, Ini 6 Hidangan yang Tidak Boleh Dilewatkan
klikdokter.com

Seruni.id – Tak terasa, bulan Ramadhan hampir berakhir. Perjalanan menahan lapar dan haus selama bulan suci akan segera selesai. Itu tadanya Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Berkumpul dan bercanda bersama keluarga menjadi momen yang ditunggu-tunggu.

Namun, berkumpul tanpa makanan yang bisa disantap, terasa kurang lengkap. Hidangan lebaran selalu menjadi sesuatu yang istimewa, sesuatu yang khas, sesuatu yang menarik. Meskipun tahun ini tidak bisa kumpul dan tak bisa ke mana-mana, tapi jangan lupa untuk menghidangkan beberapa makanan berikut ini, ya.

1. Ketupat dan Opor Ayam

Jelang Lebaran, Ini 6 Hidangan yang Tidak Boleh Dilewatkan
cookpad.com

Lebaran kurang lengkap rasanya jika tanpa menyajikan dua hidangan ini, ketupat dan opor ayam. Maka tak heran, ketika berkunjung ke setiap rumah, hidangan ini selalu disajikan. Ternyata ketupat dan opor ayam telah menjadi hidangan khas hari raya sejak zaman Sunan Kalijaga pada abad ke-15. Bukan hanya karena kelezatannya saja, dua hidangan khas lebaran ini dianggap filosofis karena ketupat sendiri memiliki arti ‘ngaku lepat’ atau mengakui kesalahan.

2. Rendang

Jelang Lebaran, Ini 6 Hidangan yang Tidak Boleh Dilewatkan
dream.co.id

Hidangan berbahan daging dengan cita rasa pedas ini dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah, makanya rasanya sangat khas sekali. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses mengolahnya tidak membutuhkan waktu yang sebentar, melainkan berjam-jam lamanya, hingga kering dan warna berubah hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

3. Semur

Jelang Lebaran, Ini 6 Hidangan yang Tidak Boleh Dilewatkan
masakapahariini.coom

Semur juga menjadi hidangan lebaran yang tidak boleh terlewatkan. Berbahan daging rebus yang diolah dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala, dan cengkeh. Kecap menjadi salah satu bahan penting dalam pembuatan semur. Sebab, berfungsi untuk menguatkan cita rasa. Namun, harus tetap terasa menyatu harmonis dengan bahan-bahan lainnya. Selain berbahan utama daging sapi dan kentang, semur juga berdiri dari bermacam-macam variasi dalam penyajiannya, seperti penambahan tahu, tempe, telur, ikan, dan bahan lain-lain sesuai dengan selera masyarakat di daerah masing-masing.

4. Sate Ayam

Jelang Lebaran, Ini 6 Hidangan yang Tidak Boleh Dilewatkan
info-kuliner.com

Tak hanya tersedia di acara pesta pernikahan saja. Sate kerap menjadi hidangan say Hari Raya Idul Fitri. Nah, untuk membuat bumbu kacang sate ayam lebih terasa istimewa, kamu bisa tambahkan kecap yang punya cita rasa manis, gurih dan mudah meresap. Jangan sampai terlewat ya untuk menghidangkan sate saat lebaran nanti.

5. Sambal Goreng Ati

Jelang Lebaran, Ini 6 Hidangan yang Tidak Boleh Dilewatkan
masakapahariini.com

Menyatap ketupat dan opor rasanya belum lengkap tanpa perpaduan sambal goreng ati. Hidangan yang satu ini menjadi makanan wajib yang mesti ada di meja makan nih, apalagi jika kamu adalah pencinta rasa pedas. Sambal goreng ati sendiri terdiri dari kentang dan hati sapi yang dipotong berbentuk dadu kemudian dimasak dengan sambal cabai merah. Saat menyantap, jangan lupa lengkapi dengan satu atau dua kerupuk udang, pasti makin lezat.

6. Sayur Godog

Jelang Lebaran, Ini 6 Hidangan yang Tidak Boleh Dilewatkan
yummy.co.id

Sayur ini sebagai pelengkap ketupat. Di bebarapa daerah sayur godog memiliki banyak aneka ragamnya. Bahan sayur ini bisa bermacam-macam seperti labu siam, daun pakis, kacang panjang, buncis, buah pepaya muda dan lainnya. Perbedaannya hanya pada campuran bumbu-bumbunya.

Baca Juga: Tips Aman Kirim Kue Kering Lebaran Agar Tidak Hancur

Nah, itu tadi beberapa hidangan yang tidak boleh terlewatkan saat lebaran nanti. Meski tak bisa ke mana-mana, kamu tak perlu bersedih. Sebab, kamu bisa tetap merasakan sensasi mudik walau hanya di rumah saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.