7 Jenis Minuman Sehat yang Pas untuk Berbuka Puasa

idntimes.com

Seruni.id – Setelah berpuasa seharian menahan lapar dan haus, tentu yang pertama kali akan dicari adalah minuman yang bisa menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa lemas yang sudah muncul sejak siang hari. Sebagian orang ada yang memilih minum air es dengan apapun isinya, yang bisa menyegarkan dan memiliki rasa yang manis. Namun, jika kebiasaan ini berlanjut hingga satu bulan penuh selama Ramadan, maka hal ini cukup buruk.

Mengapa? Karena jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi gula yang berlebihan akan menimbulkan efek samping, seperti kegemukan atau kenaikan gula darah yang cukup siginfikan. Jadi, jika ingin menyegarkan tubuh ketika berbuka nanti, Seruni akan merekomendasikan 7 minuman sehat. Berikut daftarnya.

Air Putih

Hasil gambar untuk air putih
hellosehat.com

Tidak diragukan lagi, bahwa air putih merupakan salah satu jenis minuman sehat yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Karena air putih memiliki sifat yang netral dan tidak mengandung bahan pemanis atau zat lainnya. Selain itu, minum air putih juga akan membantu untuk menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

Susu Dicampur Kurma

Gambar terkait
fimela.com

Kita membutuhkan nutrisi yang mudah diserap untuk membuat tubuh menjadi segar kembali. Salah satu alternatif yang bisa dijadikan andalan adalah susu yang dicampur dengan kurma. Kamu bisa memasukkan satu gelas susu dicampur dengan tiga buah kurma. Sebelum diblender, jangan lupa untuk membuang bijinya terlebih dahulu, ya. Setelah itu proses sampai halus, jika ingin lebih segar, kamu bisa menambahkannya dengan es batu.

Milkshake Pisang

Hasil gambar untuk Milkshake Pisang
medium.com

Buah pisang kaya akan kandungan potasium, serat makanan, vitamin B6, vitamin C, serat rendah kolestrol. Jadi, sangat pas disajikan untuk berbuka puasa nanti. Untuk membuat milksahe pisang, kamu bisa menyiapkan 1-2 buah pisang dengan secangkir susu. Minuman sehat ini sangat ampuh untuk mengembalikan energimu, loh.

Jus Buah Segar

Hasil gambar untuk Jus Buah Segar
suara.com

Minuman sehat selanjutnya adalah jus buah, karena bisa memberikan cukup banyak energi, membuat kamu kenyang, dan juga kaya akan serat. Buah-buahan yang disarankan untuk dibuat jus diantaranya adalah semangka, alpukat, jeruk, mangga, stroberi, dan tomat. Saat membuat jus, pastikan tidak menambahkan gula terlalu banyak. Agar rasanya lebih nikmat dan segar, lebih baik dicampur dengan buah yang sudah manis.

Air Kelapa Muda

Hasil gambar untuk air kelapa muda
merdeka.com

Air kelapa muda juga sangat baik karena bisa menyegarkan tubuh dengan instan. Air kelapa juga mengandung banyak ion yang dapat memperbaiki kondisi elektrolit yang hilang saat melakukan puasa dari pagi hingga jelang malam. Kamu bisa minum air kelapa muda yang segar beserta buahnya. Jika rasanya kurang manis, bisa ditambahkan dengan gula rendah kalori seperti gula jagung atau stevia. Selain itu, juga bisa ditambahkan jeruk nipis atau lemon untuk memberikan rasa segar beserta tambahan vitamin.

Jus Sayuran

Gambar terkait
pixabay.com

Seperti yang kita ketahui, sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, fitonutrien dan zat penting lainnya. Di kala berpuasa, selain dapat dinikmati sebagai menu sayuran pada umumnya, kita juga dapat mengkreasikannya menjadi jus yang istimewa. Cobalah kombinasikan wortel, bayam, peterseli dan buah bit. Cuci bersih dahulu semua bahan tersebut, kemudian blender hingga halus. Tuang ke dalam gelas dan masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu agar lebih segar ketika dinikmati saat waktu berbuka tiba.

Kefir

Hasil gambar untuk minuman Kefir
idntimes.com

Kefir merupakan minuman hasil fermentasi susu yang sangat bermanfaat, terutama dalam membantu menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, kefir mengandung banyak prebiotik atau bakteri yang mampu mempromosikan kesehatan pencernaan yang optimal, menguatkan sistem imun dan mengembalikan energi yang terkuras selama puasa.

Dari sekian banyak minuman sehat untuk buka puasa di atas, mana yang jadi favoritmu?

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.