6 Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik

  • Bagikan
6 Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik
klikdokter.com

Seruni.id – Tak sedikit penderita rematik yang malas melakukan olahraga. Padahal, olahraga untuk penderita rematik sangat dianjurkan untuk meringkan gejalanya. Dengan melakukannya secara rutin, maka dapat meningkatkan fungsi sendiri dan fleksibilitas otot, sehingga dapat mengurangi gejala nyeri. Namun, tentunya tidak semua jenis olahraga bisa kamu lakukan. Adapun olahraga untuk penderita rematik yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

 

1. Jalan Kaki

6 Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik
pantirapih.or.id

Jalan kaki menjadi salah satu jenis olahraga untuk penderita rematik. Sebab, ini merupakan kegiatan ringan dengan waktu yang fleksibel. Berjalan kaki, sangat baik untuk penderita rematik. Selain dapat menjaga kesehatan jantung, juga dapat meningkatkan kekuatan otot kaki, serta meningkatkan fleksibilitas sendi. Kamu bisa melakukannya setiap pagi atau sore hari, kurang lebih selama 30 menit, sambil menghirup udara yang menyegarkan. Kalau kamu melakukannya secara rutin, maka kamu akan merasakan manfaatnya.

 

2. Bersepeda

6 Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik
popbela.com

Jika dirasa berjalan kaki terlalu sulit dan melelahkan, bersepeda bisa menjadi solusinya. Olahraga yang kini banyak digemari oleh masyarakat ini, dapat melatih gerakan sendiri, meredakan nyeri rematik, meningkatkan ruang gerak, dan kekuatan kaki. Bahkan, bisa juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga untuk penderita rematik ini, akan membuat tubuh lebih sehat sehingga terhindari dari risiko penyakit jantung.

 

3. Yoga

6 Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik
farmaku.com

Olahraga untuk penderita rematik berikutnya adalah yoga. Kamu bisa melakukannya secara rutin untuk mencegah dan meringankan gejala rematik. Karena olahraga yang satu ini mengombinasikan postur tubuh, teknik pernapasan, dan meditasi. Bahkan, telah terbukti bahwa gerakan yoga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh dan sendi, sehingga terhindar dari rasa nyeri akibat rematik. Menurut penelitian, melakukan peregangan pada gerakan yoga, khususnya pada bagian lengan, punggung, pinggul, betis, dan paha, terbukti dapat mencegah munculnya rasa nyeri akibat rematik. Jadi, kalau kamu ingin mencegahnya, yuk segera melakukan di rumah.

 

4. Tai Chi

6 Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik
genpi.co

Tai Chi adalah olahraga beladiri asal Tiongkok yang bisa menjadi pilihan bagi para penderita rematik. Meski olahraga ini menggunakan gerak lambat, tapi tetap mengutamakan fokus agar mampu meningkatkan fungsi otot. Tai Chi, dipercaya mampu mengurangi rasa kaku dan sakit akibat rematik, loh.

 

5. Berenang

6 Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik
muslim.okezone.com

Berenang juga bisa dilakukan untuk penderita rematik, loh. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), keluhan penderita rematik menjadi berkurang setelah mereka melakukan olahargaa renang, daripada melakukan olahraga lainnya. Mereka juga meyakini, bahwa rasa sakit dan nyeri sendi yang mereka alami menjadi lebih ringan. Nah, tak hanya itu saja, air juga membantu mendukung berat badan sehingga olahraga ini tdak terlalu berdampak pada sendi.

 

6. Peregangan

6 Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik
sfidn.com

Peregangan kerap kali dianggap sepele. Padahal, gerakan tersebut memiliki banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan fleksibilitas, mengurangi kekakuan sendi, serta dapat meningkatkan rentang gerak. Melakukan gerakan peregangan setiap hari di pagi hari juga terbukti efektif untuk mengurangi gejala rematik. Bahkan, gerakannya dapat kamu sesuaikan dengan gejala yang dirasakan.

Beberapa tips yang dapat kamu terapkan saat melakukan peregangan adalah, melakukan pemanasan dengan berjalan di tempat selama 3-5 menit, menahan setiap gerakan peregangan selama 10-20 detik, dan ulangi setiap gerakan peregangan 2-3 kali.

Baca Juga: 5 Solusi Mengatasi Rematik di Usia Muda

Itulah enam jenis olahraga yang dapat mengurangi gejala rematik. Mulai sekarang, yuk rutinkan berolahraga agar tubuh tetap sehat dan terhindari dari gejala-gejala rematik lainnya.

  • Bagikan