10 Tips Agar Tidak Malas Sholat yang Penting Diterapkan!

  • Bagikan
10 Tips Agar Tidak Malas Sholat yang Penting Diterapkan!
travel.okezone.com

Seruni.id – Bagaimana sih agar tidak malas sholat dan melakukannya dengan tepat waktu? Terlebih, sholat adalah ibadah wajib yang mesti dikerjakan oleh setiap muslim. Baca tipsnya di bawah ini, yuk!

10 Tips Agar Tidak Malas Sholat yang Penting Diterapkan!
semarang.ayoindonesia.com

Sholat merupakan ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. Sholat juga termasuk bentuk komunikasi seorang hambat terhadap Allah SWT. Setiap hari, sebagai muslim kita diharuskan menjalankan ibadah sholat fardhu sebanyak lima kali. Mulai dari sholat subuh, zuhur, ashar, magrib, dan isya. Selain sholat fardhu, ada pula ibadah-ibadah sunah lainnya yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Seperti sholat dhuha, tahajud, dan witir.

Meski ibadah sholat mudah dikerjakan, namun kadang kala kita kerap menunda-nunda, bahkan hingga melewatkannya. Padahal, sholat memiliki banyak keutamaan. Selain itu, sholat juga menjadi amal yang pertama kali dihisab di hari kiamat kelak. Lantas, bagaimana sih caranya agar terhindar dari rasa malas untuk beribadah? Yuk simak tipsnya berikut ini:

 

1. Selalu Mengingat Akhirat

Dunia hanyalah tempat singgah sementara, karena tempat yang sesungguhnya adalah akhirat. Dunia menjadi ruang bagi setiap hamba untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya. Kalian boleh saja bersenang-senang hidup di dunia, tapi kalian juga harus ingat bahwa semua yang diperbuat selama ini, akan dipertanggungjawabkan sebagai amal perbutan yang akan mengantarmu ke pintu surga atau neraka. Jadi, tips yang tepat agar tidak malas sholat adalah dengan selalu mengingat akhirat.

 

2. Memperbanyak Beristighfar

Rasa malas bisa datang kapan saja, sekalipun kamu sedang semangat-semangatnya untuk beribadah. Maka, tips agar tidak malas sholat yang bisa kamu lakukan adalah memperbanyak beristighfar. Dengan istighfar, rasa malas pun akan menghilang.

“Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali.” (HR. Muslim).

 

3. Pahami Manfaat Sholat

Selain bentuk komunikasi kepada Sang Pencipta, sholat juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Baik dari segi kesehatan maupun mental seseorang. Namun, di antara kita mungkin masih banyak yang belum memahami manfaat sholat. Sehingga sering kali terasa malas untuk melakukannya. Memahami manfaat sholat, menjadi salah satu cara agar kamu tidak malas menjalankannya. Sebab dari sisi kesehatan, setiap gerakan dalam sholat bisa membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, dari sisi psikologis, sholat bermanfaat membuat hati lebih tentram dan terhindari dari pemikiran negatif serta kotor.

 

4. Menjauhi Hal Negatif

Tips agar tidak malas sholat berikutnya, cobalah untuk menghindari hal-hal yang negatif atau tidak baik untuk diri sendiri. Kemudian, perbanyaklah melakukan segala hal yang positif, yang dapat membuat semangat beribadah.

 

5. Sholat Tepat Waktu

Salah satu tips agar tidak malas sholat adalah dengan mengerjakannya tepat di awal waktu. Sebab, menunda-nunda hanya akan membuat diri semakin malas, hingga akhirnya lupa untuk mengerjakannya. Jadi, usahakanlah untuk mengerjakan di awal waktu. Misalnya, ketika hendak bepergian, kemudian terdengar kumandang adzan, sebaiknya kerjakan sholat terlebih dahulu, baru melanjutkan aktivitas. Selain itu aturlah jadwal pertemuan atau pekerjaan agar tidak berbenturan denganw aktu sholat.

 

6. Berteman dengan Ahli Ibadah

Tips berikutnya yang bisa menghindari dari rasa malas beribadah yaitu bergaul dengan orang-orang yang ahli ibadah. Jelas, hal ini akan membantu kamu untuk meningkatkan amal ibadah. Semakin banyak berteman dengan ahli ibadah, maka kamu pun akan terbawa juga untuk mengikuti kebiasaan tersebut.

 

7. Lakukan Secara Perlahan, Tapi Pasti

Mungkin tips di atas tidak mudah diterpkan oleh mereka yang sudah malas menjalankan sholat sejak awal. Kelompok demikian memang tidak bisa dipaksa. Perlunya proses untuk membangun kembali semangat untuk mengerjakan sholat di dalam hatinya. Proses ini bisa dilakukan perlahan, tapi pasti. Dengan menanamkan keimanan dan kebiasaan sholat tepat waktu, akan membuat seseorang lebih semangat mengerjakan sholat. Pelan tapi pasti, lambat laun akan rutin melakukan sholat fardhu setiap hari sebanyak lima kali.

 

8. Tanamankan Niat yang Tulus

Sholat harus dikerjakan dengan niat yang tulus dan ikhlas. Kebanyak orang yang malas menjalankan ibadah, adalah orang yang tidak tulus dengan niatnya. Ada yang mengerjakan sholat karena niatnya bukan untuk Allah, hanya demi menggugurkan kewajibannya saja atau ingin terlihat baik di mata orang lain. Padahal, niat yang bukan karena Allah, hanya akan merusak ibadah tersebut. Niat yang salah akan membuat orang menjadi sombong dan riya’ dalam ibadahnya. Maka dari itu, biasakan diri untuk berniat sholat dengan tulus dan ikhlas tanpa ingin dipuji atau niat lainnya. Niatkan sholatmu hanya untuk Allah SWT.

 

9. Meyakini Adanya Hari Pembalasan

Kisah tentang siksa neraka bukan sekadar dongeng belaka. Siksa neraka benar adanya, sebagaimana yang Allah SWT sampaikan kepada umat manusia, agar kita tidak lalai memperhatikan setiap amal perbuatan. Ketika melakukan perbuatan buru, maka akan diganjar di hari pembalasan kelak dengan siksa yang begitu pedih.

Melanggar ketentuan Allah dan tidak melaksanakan kewajiban, termasuk meninggalkan sholat fardhu, diancam akan menerima siksa di hari pembalasan. Na’udzubillah min dzalik. Ketika kamu disibukkan oleh aktivitas dunia, maka ingatlah bahwa dunia sementara. Jangan sampai terlena dan menyesali setelah tiada. Sebagai umat muslim, memercayai siksa neraka sebagai upaya agar kita berpikir ulang untuk meninggalkan sholat.

 

10. Membaca Buku Keislaman

Tips agar tidak malas sholat yang terakhir adalah memperdalam pemahaman kita tentang agama Islam. Pemahaman yang baik akan melahirkan kebiasaan yang baik dalam hal ibadah. Membaca buku-buku keislamann akan membuat kita semakin cinta dengan agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW ini. Pemahaman dan wawasan tentang akhirat akan bertambah sehingga kita akan semakin rajin untuk melakukan sholat tepat pada waktunya, lebih baik lagi jika berjamaah.

Baca Juga: Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan

Semoga tips di atas bisa membuatmu lebih giat dalam menjalankan ibadah, terutama ibadah wajib. Jangan lupa bagian artikel ini di media sosialmu, ya.

  • Bagikan