Kamu Punya Tipe Kulit Normal atau Tidak? Coba Cek dengan Cara ini!

  • Bagikan
Kamu Punya Tipe Kulit Normal atau Tidak? Coba Cek dengan Cara ini!
kompas.com

Seruni.id – Mungkin banyak sekali yang belum memahami tentang tipe kulit, apakah tipe kulit normal atau tidak. Padahal, mengetahui tipe kulit itu penting banget, loh. Karena tidak semua perawatan yang digunakan untuk wajah bisa cocok pada kulit normal.

Memilih skincare secara asal tanpa memperhatikan jenis kulit hanya membuatnya jauh dari kata sehat. Perlu kamu ketahui nih, setiap skincare memiliki kandungan berbeda-beda dan biasanya disesuaikan dengan jenis kulit. Jadi, jika kamu salah dalam memilihnya, jangan heran kalau akan berdampak pada kondisi kulit.

Kamu Punya Tipe Kulit Normal atau Tidak? Coba Cek dengan Cara ini!
kamini.id

Nah, membahas masalah kulit, berikut ini Seruni akan mengulas mengenai ciri-ciri sekaligus cara mudah untuk mengenali apakan kamu memiliki tipe kulit normal atau tidak. Jadi, disimak baik-baik, ya!

 

1. Wajah Memiliki Tekstur yang Halus dan Lembut

Kita bisa mengenali tipe kulit dengan cara mudah, loh. Untuk mengindikasikan apakah kita memiliki tipe kulit normal atau tidak adalah dengan mengobservasi. Jika kulit terasa halus dan lembut tanpa adanya tesktur-tesktur di wajah, maka bisa dikatakan jenis kulit tersebut normal.

Meski demikian, kulit harus tetap diwarat, ya. Pastikan merawatnya dengan menggunakan produk yang tidak menyebabkan iritasi, kekeringan, atau membuat kulit berminyak.

 

2. Jarang Mengalami Masalah pada Kulit Wajah

Biasanya, tipe kulit normal jarang sekali mengalami masalah. Misalnya, seperti jerawat atau kulit kusam. Hal tersebut dapat disebabkan karena pengaruh hormon yang seimbang atau pengaruh dari makanan yang mereka konsumsi.

 

3. Tidak Mengalami Sensitivitas yang Berlebihan

Salah satu ciri tipe kulit normal adalah jarang sekali mengalami sensitivitas yang berlebihan. Misalnya, ketika kamu mencoba produk baru, kulit tidak akan merasakan sensitivitas atau reaksi yang berlebihan.

Berbeda dengan tipe kulit sensitif, biasanya akan memunculkan reaksi ketika menggunakan suatu produk. Reaksi yang ditimbulkan bisa berupa rasa perih, sensasi terbakar, gatal, kemerahan, atau sesak pada wajah.

 

4. Wajah Tidak Kusam

Sinar matahari dan polusi rasanya sudah menjadi teman dekat bagi mereka yang kerap beraktivitas di luar ruangan. Kedua hal tersebut sering kali mempengaruhi kondisi kulit pada wajahmu, loh.

Kulit dapat terlihat lesu, lelah, bahkan kusam jika terus menerus terkena sinar matahari tanpa adanya perawatan. Namun, kalau kulitmu tidak mengalami kondisi tersebut, maka bisa dipastikan tipe kulitmu termasuk normal dan kamu bisa melanjutkan perawatan yang telah dilakukan.

 

5. Pori-pori pada Wajah Tidak Tampak Jelas

Tipe kulit normal biasanya cenderung tidak mengalami lonjakan minyak yang berlebihan ataupun kekeringan berlebihan, sehingga membuat wajah terlihat sangat bagus dan sehat.

Hal ini disebabkan karena pemilik kulit normal tercukupi kelembapannya. Sehingga membuat pori-pori di wajah terlihat tersamarkan bahkan terlihat seperti tidak memiliki pori-pori.

Baca Juga: 6 Masalah Kulit yang Menandakan Adanya Gangguan pada Hati

Nah, itulah lima cara mudah mengetahui tipe kulit normal atau tidak. Walaupun kulitmu tergolong normal, ada baiknya harus tetap dirawat, ya. Caranya mudah saja, cukup mengonsumsi makanan yang sehat, mengatur jam tidur normal, hingga merawatnya secara rutin.

  • Bagikan