20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

  • Bagikan
20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
kompasiana.com

Seruni.id – Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk bersantai sambil menyaksikan film animasi terbaik sepanjang masa. Banyak film animasi yang bisa kamu saksikan untuk mengisi waktu ‘me time-mu’. Meski jalan ceritanya ringan, tapi sarat pesan moral, loh. Sehingga siapa saja dapat menontonnya, baik anak-anak maupun orang dewasa. Berikut ini Seruni akan merekomendasikan sejumlah daftar film animasi terbaik yang bisa kamu saksiksan di akhir pekan nanti. Film-film berikut ini siap menghiburmu meski kamu sudah menontonnya berulang kali. Yuk cek daftarnya di bawah ini:

 

Apa itu Film Animasi?

Kamu sudah tahu belum apa sih film animasi itu? Film animasi atau lebih sering kita sebut sebagai kartun, adalah sebuah film berupa serial gambar yang difilmkan satu persatu dengan menampilkan kesinambungan gerak, sehingga muncul sebagai satu gerakan dalam film, kemudian disusun dengan storyboard, hingga akhirnya menghasilkan satu film animasi yang utuh.

 

Rekomendasi Film Animasi Terbaik

Pasti kamu sudah tidak sabar kan untuk mengetahui apa saja film animasi terbaik yang akan Seruni rekomendasikan? Langsung simak berikut ini:

 

1. Frozen

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, Harus Kamu Tonton!
tataotak.com

Lagu Let it Go pastinya sudah lekat banget di kepala kalian, kan? Bagaimana tidak, lagu tersebut dijadikan sebagai sountrack sebuah film animasi terbaik sepanjang masa yang berjudul Frozen. Sejak dirilis pada tahun 2013 lalu, Frozen menjadi salah satu film kartun yang banyak digemari, loh. Tidak hanya anak-anak, tapi mereka yang mereka sudah dewasa pun senang menyaksikannya.

Pantas saja, film yang dibintangi oleh Kristen Bell, Idina Menzel, Jonathan Groff, dan Josh Gad ini berhasil meraih US$1,280 miliar. Karena Frozen berhasil menyita perhatian para penontonnya, akhirnya Disney memutuskan untuk merilis sekuel Frozen II di tahun 2019 lalu. Lagi-lagi, Frozen berhasil meraup US$1,450 miliar. Kisah yang indah, tampilan visual yang cantik, serta lagu yang mudah diingat, membuat sekuel Frozen sukses di industri film. Kamu sudah pernah menyaksikannya?

 

2. The Lion King

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
fanpop.com

Film animasi tidak melulu membosankan kok. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di balik film tersebut selalu terselip pesan moral yang kadang kala tak kita sadari. Di film animasi berjudul The Lion King ini, kamu akan mendapati pesan moral tentang tanggung jawab dan keberanian layaknya Simba si singa.

Ternyata, film klasik dari Walt Disney yang diproduksi pada tahun 1994 ini dinobatkan menjadi film animasi terbaik sepanjang masa. Bahkan, The Lion King sudah dibuat ulang dengan teknologi komputer yang lebih canggih pada tahun 2019 lalu. Sehingga saat menyaksikan The Lion King, kamu seolah ikut berada di dalamnya.

 

3. Inside Out

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
kompasiana.com

Inside Out adalah salah satu film animasi terbaik karya Pixar, yang akan membuatmu banyak berpikir ketika menyaksikannya. Sebab, film ini mengisahkan tentang sisi psikologis manusia. Bahkan, sebelum membuat naskah film, penulis pun sempat melakukan konsultasi dengan psikolog, agar jalan cerita dapat diterima secara nyata oleh penonton.

Film ini bercerita tentang seorang gadis remaja dengan emosi yang tidak stabil Terlebih, ia dan kedua orangtuanya harus pindah kota, sehingga mau tidak mau ia terpaksa untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Dengan menyaksikan Inside Out, kita akan tahu kalau ternyat di dalam kepala manusia ada lima jenis emosi. Apa saja? Kamu bisa menyaksikan selengkapnya untuk lebih tahu detail tentang film ini.

 

4. Toy Story

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
voi.id

Kisah yang unik dengan karakter utama mainan Andy, akan membuat kita betah menyaksikannya, meskipun telah ditonton berulang kali. Bahkan, banyak yang sudah menantikan kehadiran sekuel selanjutnya untuk mengetahui bagaimana perjalanan para mainan tersebut.

Toy Story, disebut-sebut sebagai salah satu film animasi terbaik sepanjang masa, karena menghadirkan kisah yang disukai oleh banyak orang. Karena sudah ada empat film, jadi tak ada salahnya jika di akhir pekan ini kamu menghabiskannya untuk menyaksikan film Toy Story.

 

5. Finding Nemo

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
arlnow.com

Meski film ini dirilis pada tahun 2003, tapi akan tetap seru jika ditonton secara berulang. Film animasi terbaik dengan judul Finding Nemo ini, dikemas dengan cerita yang ringan, kocak, menghibur, sekaligus terseleip pesan tentang pelajaran hidup. Hubungan cinta antara ayah dan anak, digambarkan dengan perjuangan Marlin mencari anaknya Nemo.

 

6. Monster, Inc

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
tek.id

Bagaimana jadinya kalau listrik yang kita gunakan saat ini, ternyata menggunakan tenaga dari suara jeritan anak-anak? Hal inilah yang menjadi tema besar dalam film Monster, Inc. Monster-monster lucu dengan beragam warna yang unik, adalah salah satu alasan mengapa film animasi ini menjadi favorit anak-anak.

 

7. Up

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
theverge.com

Film animasi dengan judul Up, pernah menjadi perbincangan hangat saat pertama kali dirilis pada 2009 lalu, loh. Film kartun terbaik dari Pixar ini, sukses mencampur adukkan perasaan para penontonnya, dari awal hingga akhir cerita. Petualangan dimulai oleh Carl dan istrinya yang ingin pergi ke tempat liburan. Namun, impian tersebut harus musnah di tengah jalan. Carl bertemu dengan Russell dan memulai petualangan baru yang cukup menegangkan. Meski sudah kamu tonton berulang-ulang, tapi film Up tidak akan membuatmu bosan.

 

8. The Lego Movie

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
insertlive.com

Rekomendasi film animasi terbaik yang harus kamu tonton adalah The Lego Movie. Sebenarnya, film ini adalah implimentasi dari film keluarga yang menggabarkan hubungan antara ayah dan anak. Namun, visualisasinya dilakukan dengan menggunakan lego. Para lego digambarkan hidup dengan tenang di kota lego.

Apakah kamu sudah pernah menontonnya? Biarpun kamu sudah menyaksikannya di bioskop, tapi tidak ada salahnya untuk menyaksikan ulang saat mengisi waktu luang, kan? Agar semakin seru, kamu bisa menyaksikan bersama keluarga maupun anak, loh.

 

9. Luca

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
kabarsiger.com

Film animasi berikutnya yang baru dirilis pada tahun 2021 lalu yakni berjudul Luca. Kartun tersebut menceritakan tentang seorang anak bernama Luca yang hidup di tepi pantai Italian Riviera. Meski hidup di tepi pantai, tapi ia begitu gembira, karena bisa berpetualang dengan bebas di dunia baru yang selama ini berlum terjamah.

Namun, dalam perjalannya, ada tantangan berbahaya yang harus ia hadapi. Bahwa ternyata, Luca bukanlah seorang anak manusia, melainkan monster ikan yang hidup di laut dalam. Nikmati petualangan Luca dan teman-teman barunya bersama si kecil di akhir pekan nanti. Pasti mengasyikan.

 

10. Zootopia

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
rukita.co

Berbeda dengan film Monster, Inc. yang beriksah tentang kehidupan para monster, di Zootopia kamu akan diajak untuk melihat bagaimana para hewan menjalani hidup layaknya manusia. Film yang dibintangi oleh Shakira sebagai pengisi suara dan pembawa lagu sountrack ini, mengisahkan tentang Judy Hopps, seekor kelinci yang bercita-cita ingin menjadi polisi. Namun, karena tubuhnya yang mungil, membuat hewan lain meragukan kemampuannya. Hingga akhirnya, Judy membuktikan bahwa ia bisa bekerja seperti hewan besar lainnya dengan mengungkap kasus besar.

 

11. Ratatouille

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
carboncostume.com

Pernah membayangkan gak sih, gimana jadinya jika kamu menemukan seekor tikus yang sangat cerdas dan idealis? Pastinya kamu tidak akan menemukannya di dunia nyatanya. Namun, kamu bisa menyaksikan kecerdasaannya melalui film animasi terbaik berjudul Ratatouille. Di mana, film ini mengisahkan tentang seekor tikus muda bernama Remy, dia sangat cerdas dan idealis.

Bahkan, ia memiliki kemampuan perasa dan pengecap yang baik layaknya manusia. Remy memiliki cita-cita ingin menjadi koki idolanya yang sudah meninggal Auguste Gusteau. Suatu hari, ia tak sengaja berjumpa dengan tukang sampah bernama Linguini yang ternyata dalah putra Gusteau.

Meski ayahnya adalah seorang chef hebat, Linguini sama sekali tidak bisa memasak. Berkat pertolongan Remy, Linguini bisa menjadi koki terbaik di Prancis. Film animasi Pixar ini terpilih sebagai salah satu dari 100 film terbesar abad ke-21 oleh kritikus internasional 2016. Hal tersebut dibuktikan pula dengan keberhasilannya memenangkan Academy Award untuk Fitur Animasi Terbaik.

 

12. Sing

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
celebrities.com

Sing akan menemai akhir pekanmu dengan kisah kompetisi bernyanyi yang seru. Sama seperti animasi Zootopia, hewan-hewan menjadi karakter utama dalam film tersebut. Film tersebut tidak hanya menyuguhkan kisah tentang perjuangan dan pembuktian diri saja, sejumlah aktor papan atas pun turut terlihat sebagai pengisi suara dalam film ini.

Mulai dari Tori Kelly, Taron Egerton, Scarlett Johansoon, Reese Witherspoon, Matthew McConaughey, dan Jennifer Hudson. Serunya, Sing diisi dengan soundtrack lagu-lagu populer yang membuatmu terbawa untuk ikut bernyanyi sepanjang menyaksikan film Sing.

 

13. Coco

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
lifesciences.ucla.edu

Kamu sudah pernah menyaksikan film Coco di bioskop? Lalu, apakah saat itu kamu menangis ketika menyaksikannya? Inilah yang menjadi alasan mengapa film animasi terbaik berjudul Coco ini, harus kamu tonton, walaupun sudah berkali-kali.

Petualangan Miguel di dunia roh untuk mencari kebenaran dari silsilah keluarganya menjadi hal yang paling seru. Film Coco juga mendapatkan penghargaan Academy Award untuk Best Original Song dalam film ini, loh. Jadi, tak ada salahnya di akhir pekan nanti, kamu isi dengan menyaksikan Coco.

 

14. Soul

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
popculture.com

Film animasi terbaru yang dirilis oleh Disney Pixar berikutnya adalah Soul. Kartun ini menceritakan tentang Joe Gardner (Jamie Foxx), seorang guru band sekolah menengah yang mendapatkan kesempatan untuk bergabung di sebuah klub jazz terbaik. Namun, karena terjadi sebuah insiden, membuat Joe terperangkap di The Great Before, sebuah tempat ajaib di mana jiwa-jiwa baru mendapatkan kepribadian, kebiasaan, serta minat sebelum mereka pergi ke bumi.

Di sana, ia bertemu dengan sosok jiwa dengan kode 22 (Tine Fey). Namun, Joe melihat tidak seperti jiwa pada umumnya, 22 tidak pernah tertarik untuk turun ke bumi dan menjadi manusia. Ketika Joe berusaha membujuk 22, betapa hebatnya menjadi manusia, Joe justru menemukan jawaban atas beberapa pertanyaan terpenting dalam kehidupan. Kamu harus banget menyaksikan film ini, karena Soul akan memberikan banyak pelajaran hidup. Termasuk pejalaran untuk selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

 

15. Madagascar

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
kumparan.com

Film animasi yang diperankan oleh hewan-hewan memang paling seru untuk ditonton. Salah satu yang Seruni rekomendasikan adalah Madagascar. Namun, sebelum menyaksikan part kedua, kamu harus menuntuaskan Madagascar part pertama, ya.

Bisa dibilang, Madagascar kedua, menjadi film kartun terbaik daripada seri pertama dan ketiga. Kamu akan dibuat tertawa oleh lawakan-lawakan yang dibawakan oleh masing-masing karakter. Jadi, jangan lupa masukkan film Madagascar 2 di dalam list kala kamu mau menonton film marathon di akhir pekan.

 

16. Raya and The Last Dragon

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
amazon.com

Kamu tahu gak sih? Film animasi terbaik Raya and The Last Dragon menjadi film yang paling ditunggu-tunggu, loh. Sebab, kartun ini mengangkat budaya Asia Tenggara yang belum pernah diangkat oleh film-film lainnya. Film tersebut mengisahkan tentang Raya yang harus berkeliling mencari naga terakhir untuk menyatukan kembali Kumandra yang telah terpecah belah oleh Druun, yaitu roh jahat yang telah membuat orang-orang menjadi batu.

Namun, di tengah perjalanan mencari naga terakhir, Raya dipertemukan oleh mereka dengan nasib yang serupa. Perjalanan mencari naga terakhir seharusnya bisa lebih mudah, jika mereka saling percaya. Akan tetapi, sejak kemunculan Druun, membuat rasa percaya satu sama lain memudah. Lantas, bisakah Raya menemukan naga terakhir?

 

17. Tangled

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
kumparan.com

Pernah menyaksikan film yang mengisahkan tentang Rapunzel? Kisah yang dahulu yang melegenda, kini dikemas secara modern melalui film Tangled. Film yang rilis pada 2010 ini, membuat Rapunzel masuk ke dalam jajaran Disney Princess.

Film animasi terbaik ini, menceritakan tentang Eugene, seorang pencuri yang secara tidak sengaja menemukan menara, di mana menara tersebut adalah tempat tinggal Rapunzel, gadis cantik dengan rambut ajaib. Bersama Eugene, Rapunzel pergi secara diam-diam demi melihat lampion yang muncul tepat di hari kelahirannya. Akankah Rapunzel mengetahui identitas dirinya yang asli dan menyadari bahwa ia bukanlah sosok gadis biasa?

 

18. Moana

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
tirto.id

Masyarakat yang tinggal di wilayah kepulauan, menggantungkan hidupnya dari hasil laut dan pertanian. Namun sayangnya, beberapa waktu terakhir, tangkapan ikan menurun drastis, begitupun dengan tanaman yang gagal dipanen. Moana, calon pemimpin Pulau Motunui menyarankan agar warganya pergi mengarungi lautan dan menuju Pulau Karang.

Akan tetapi, ayah dan warga lainnya tidak setuju dengan usulan tersebut. Sebab, menurut mereka, laut sudah dikuasai oleh iblis yang jahat. Moana harus pergi menemui Dewi Te Fiti yang menurut sang nenek akan dapat membantu rakyatnya keluar dari kesulitan itu. Berhasilkan Moana menemui Dewi Te Fiti?

 

19. Cars

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
liputan6.com

Film ini bercerita tentang sekumpulan mobil dan kendaraan lain yang bisa berbicara. Salah satu mobil bernama Lightning McQueen selalu bercita-cita untuk menjadi mobil balap tercepat di balapan Le Mans endurance. Dia pun bertemu dengan idolanya dan meminta untuk diajari cara ngebut di balapan. Namun, ada juga beberapa konflik lain yang bikin film kartun ini jadi lebih seru.

 

20. Despicable Me

20 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
dreamers.id

Despicable Me adalah salah satu film animasi terbaik yang menceritakan tentang seorang pencuri kelas kakap. Pencuri tersebut sedang merencanakan sebuah pencurian terbesarnya. Barang-barang berharga tidak lagi menjadi incarannya, tapi kali ini bulan yang ingin dicuri. Sungguh tidak masuk akal. Gru, pencuri tersebut, memanfaatkan jasa para minions untuk membantunya mewujudkan cita-cita itu. Namun, ada pencuri lain yang juga ingin mengambil bulan. Film ini juga membawa kisah kekeluargaan yang seru dan menggemaskan.

Baca Juga: 

Itulah deretan daftar film animasi terbaik sepanjang masa yang bisa kamu saksiksan bersama keluarga. Film apa dulu nih yang mau kamu tonton di akhir pekan nanti?

  • Bagikan