8 Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kompor Listrik

  • Bagikan
8 Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kompor Listrik
getsetclean.in

Seruni.id – Pemerintah rencananya akan membagikan 300.000 kompor listrik secara gratis kepada masyarakat. Langkah tersebut diambil untuk meminimalisir penggunaan gas elpiji 3 kg yang kini memakan subsidi cukup besar. Kabarnya, saat ini, PLN telah melakukan uji coba dan akan membagikan secara gratis ke tiga kota, yakni Solo, Denpasar, dan Sumatera Utara. Namun, sebelum benar-benar pemerintah membagikan kompor tersebut, kamu harus tahu dulu nih apa saja kelebihan dan kekurangan kompor listrik, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Agar tidak bingung, mari cari tahu berikut ini.

8 Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kompor Listrik
theweddingvowsg.com

Kelebihan Penggunaan Kompor Listrik

1. Kemanan Lebih Terjamin

Banyak orang yang kini mulai beralih dari kompor gas ke kompor listrik karena alasan keamanan. Apalagi kompor induksi lebih aman jika digunakan di ruangan tertutup. Berbeda dengan kompor gas yang memiliki risiko menyebabkan ledakan dan kebarakan. Kompor induksi tidak berisiko layaknya kompor gas. Tidak hanya itu, kompor listrik dianggap lebih aman karena tidak akan menyebabkan panas jika disentuh dengan tangan telanjang.

2. Lebih Mudah Dibersihkan

Biasanya, kompor gas akan menyisakan bekas bekaran di dekat area tungku. Sering kali hal ini membuat jengkel para ibu rumah tangga, karena cukup sulit untuk membersihkannya secara maksimal. Namun, hal ini tidak akan kamu temui pada kompor listrik, loh. Sebab, kompor listrik memiiki desain kaca dengan permukaan yang datar. Sehingga tidak perlu susah payah ketika membersihkannya, cukup mengelap sekali, kompor langsung bersih. Untuk membersihkannya hanya perlu menggunakan cairan pembersih dan lap saja, loh.

3. Panasnya Bisa Diatur

Sama seperti kompor gas, kompor induksi juga memiliki pilihan untuk mengatur besar kecilnya api. Hanya saja, fitur yang dimiliki oleh kompor listri lebih lengkap. Misalnya untuk memasak sup, hot pot, atau sekadar menghangatkan. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir gosong saat memasak sesuatu. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan, panasnya akan terpasang.

4. Panas Lebih Merata

Kelebihan dari kompor listrik berikutnya yaitu dapat menghasilkan panas yang lebih stabil daripada kompor gas. Sehingga segala olahan dapat matang sempurna. Menariknya, panas yang stabil tersebut, memungkinkan waktu memasak yang jauh lebih singkat dan efektif. Selain itu, dengan menggunakan kompor listrik, tidak akan membuat bagian bawah panci atau wajan menghitam seperti halnya menggunakan kompor gas.

Kekurangan Penggunaan Kompor Listik

1. Harga Relatif Mahal

Selain memiliki kelebihan, kompor induksi juga punya kekurangan, loh. Salah satunya yaitu harganya yang relatif mahal jika dibandingkan dengan kompor gas. Pasalnya, kompor induksi dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan modern. Namun, harga tersebut tentunya sebanding dengan apa yang didapatkan nantinya.

2. Membutuhkan Banyak Energi Listrik

Sesuai dengan namanya, kompor ini menggunakan aliran listrik untuk bisa digunakan. Meski lebih aman daripada kompor gas yang bisa menyebabkan ledakan, tapi kompor listrik membutuhkan daya yang cukup besar, yaitu sekitar 300 hingga 1.200 watt. Jadi, kalau kamu ingin beralih ke kompor induksi, maka kamu harus siap dengan tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya.

3. Membutuhkan Peralatan Masak Khusus

Kekurangan berikutnya, saat menggunakan kompor induksi, maka kamu tidak bisa menggunakan alat masak seperti pada umumnya, ya. Kompor induksi harus menggunakan alat-alat khusus yang memang pas untuk desain kompor datar tersebut. Apalagi, tidak semua jenis wajan bisa menerima panas dari kompor listik. Hanya wajan dan panci yang terbuat dari besi dan baja saja yang bisa menghantarkan panas dari kompor induksi.

4. Mudah Tergores

Meski kompor induksi bisa dibersihkan dengan mudah, tapi ternyata permukaannya mudah sekali tergores, loh. Oleh karena itu, telitilah sebelum meletakkan alat masak. Pastikan tidak ada kerikil atau benda tajam di permukaannya. Selain itu, jangan memindahkan kompor induksi dengan cara menggeser atau menyeretnya. Pada saat membersihkan kompor, sebaiknya kamu hanya menggunakan kain lembut dan cairan pembersih yang sesuai.

Baca Juga: Ingin Menggunakan Air Fryer? Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya Yuk!

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangaan dari kompor induksi yang perlu kamu ketahui. Jadi, sebelum beralih ke kompor listrik, pastikan kamu sudah paham tentang ini, ya. Dan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan