Ingin Menggunakan Air Fryer? Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya Yuk!

  • Bagikan
Ingin Menggunakan Air Fryer? Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya Yuk!
kompas.com

Seruni.id – Kehadiran air fryer akan memudahkan setiap orang yang ingin mengonsumsi makanan enak tanpa minyak berlebih. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan alat ini, cari tahu dulu yuk apa saja kekurangan dan kelebihannya berikut ini.

Ingin Menggunakan Air Fryer? Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya Yuk!
tasteofhome.com

Segala macam makanan yang digoreng, memang tak pernah gagal memberikan kenikmatan. Namun sayangnya, kenikmatan tersebut tak lepas dari risiko penyakit. Sebab, makanan tersebut mengandung banyak minyak. Untungnya, saat ini telah hadir sebuah alat dengan teknologi air fryer yang akan memudahkan kita. Air fryer sendiri merupakan alat penggoreng dengan memanfaatkan udara panas. Dengan bantuan alat tersebut, makanan akan garing tanpa harus digoreng dengan minyak.

Diyakini, bahwa alat ini lebih sehat, karena hanya membutuhkan sedikit minyak saja, atau bahkan tidak perlu sama sekali, tergantung jenis makanannya. Lantas, apakah alat ini memang benar-benar sehat atau justru membahayakan, ya? Sebelum menggunakannya, yuk cari tahu kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

Kelebihan Penggunaan Air Fryer

1. Menurunkan Kandungan Lemak pada Makanan

Umumnya, ketika menggoreng makanan akan membutuhkan minyak sedikitnya 750 ml. Terlalu banyak minyak, tentu akan berbahaya untuk kesehatan. Namun, lain halnya ketika kamu menggunakan air fryer, alat ini hanya membutuhkan 1 sendok makan minyak saja. Menurut sebuah penelitian, bahwa kentang yang digoreng menggunakan alat tersebut memiliki kadar minyak 70% lebih rendah, daripada kentang yang digoreng dengan cara biasa. Selain lebih sehat, penggunaan alat ini juga dapat menghemat kantongmu, loh.

2. Multifungsi

Mungkin kamu berpikir bahwa alat ini hanya berfungsi untuk menggoreng saja. Padahal, sangat multifungsi, loh. Kamu bisa menggunakan air fryer sebagai alat pemanggang makanan. Baik memanggang kue ataupun daging. Hal tersebut memang memungkinkan. Sebab, konsep dari air fryer sendiri adalah mematangkan makanan dengan udara yang sangat panas dan mengurangi kandungan air.

3. Makanan yang Digoreng dengan Air Fryer Dapat Menurunkan Berat Badan

Ketika sedang melakukan program diet, tentu saja kita harus menghindari makanan yang tinggi lemak. Seperti gorengan misalnya. Namun, dengan menggunakan air fryer, kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena tidak menggunakan banyak minyak goreng, maka kandungan lemak dan kalorinya pun rendah. Oleh karena itu, memasak dengan alat ini, dapat membantu menurunkan berat badanmu.

4. Tidak Ada Risiko Kebocoran Gas

Saat menggunakan alat ini, kamu tidak perlu takut terjadi kebocoran gas yang berujung pada keracunan udara atau ledakan, ya. Sebab, alat ini hanya akan berfungsi dengan tenaga listrik. Meski demikian, kamu tetap perlu berhati-hati. Usahakan untuk tidak meletakkannya di dekat sumber air. Selain itu, cabut kabelnya ketika sudah tidak digunakan.

5. Lebih Cepat Matang

Menggoreng dengan minyak, membutuhkan waktu yang lumayan. Mulai dari menunggu minyak sampai panas, memasukkan makanan yang akan digoreng, membolak-balikkannya, hingga menunggunya sampai benar-benar matang. Cukup membosankan, ya? Kelebihan dari air fryer ini, kamu tidak perlu menunggu lama hingga makanan matang.

Sebab, waktu yang dibutuhkan cukup singkat. Untuk menggoreng frozen food alias makanan beku, kamu tidak perlu mencairkannya terlebih dahulu. Karena udara panas akan mencairkan es. Makanan pun akan matang dan garing dengan sendirinya. Akan tetapi, kelebihan ini akan merugikan, apabila kamu terlalu lama memasang timer, bisa-bisa makanan menjadi gosong atau terlalu kering.

6. Mengurangi Pembentukan Zat Berbahaya pada Makanan

Ketika menggoreng makanan yang tinggi karbohidrat, maka akan terbentuk sebuah zat bernama akrilamida yang bersifat karsinogenik, yaitu dapat memicu munculnya kanker. Menurut penelitian, penggunaan air fryer dapat menurunkan zat tersebut hingga 90%.

Kekurangan Penggunaan Air Fryer

1. Kapasitas Kecil

Di balik kelebihan air fryer, tentu ada kekurangan yang menyertainya. Salah satu kekurangannya adalah kapasitasnya yang kecil, tidak seperti penggorengan biasa. Selain itu, makanan yang akan digoreng tidak bisa ditumpuk sembarangan, karena tidak ada alat pengaduk di bagian dalam. Sehingga kamu harus menggunakan rak susun untuk menata makanan dalam jumlah banyak. Agar dapat matang secara merata, jangan lupa untuk membolak-balik ke sisi lain di tengah proses penggorengan.

2. Daya Listrik yang Cukup Besar

Meski alat ini hemat minyak, tapi tidak pada listrik, ya. Sebab, alat ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar, setidaknya 1.000 watt. Angka ini harus menjadi pertimbangan sebelum membeli air fryer. Apakah akan membuat tagihan listrik melonjak? Dan apakah kapasitas listrik di rumah memadai? Coba dipikirkan baik-baik, ya.

3. Pembentukan Senyawa Kimia

Banyak hal yang patut dipertanyakan sebelum membeli alat penggoreng ini. Salah satunya adalah, apakah alat ini bebas dari senyawa kimia berbahaya? Dan ternyata jawabannya adalah tidak. Makanan yang diolah dengan suhu tinggi, otomatis akan membentuk senyawa aldehida, amina heterosiklik, dan hidrokarbon aromatik polisiklik yang dapat memicu kanker. Jadi, pentingnya mempertimbangkan secara matang sebalum membelinya, ya.

4. Tidak Menjamin Menyehatkan

Meski alat ini mampu membuat makanan mengandung lebih sedikit minyak. Namun, perlu kamu ingat, bahwa gorengan tetaplah gorengan. Saat memasak dengan minyak, entah dalam jumlah sedikit maupun banyak, tentu akan ada efek kesehatan yang terkait.

Tips Memilih dan Menggunakan Air Fryer Secara Tepat

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan, keputusan untuk menggunakan atau tidak, tetap ada di tanganmu. Namun, tak ada salahnya jika Seruni juga ingin memberikan tips memilih dan menggunakan air fryer secara tepat berikut ini.

  • Pilihlah air fryer yang bebas BPA. BPA atau bisphenol A merupakan bahan kimia yang membahayakan kesehatan, apabila terserap ke dalam makanan yang kamu konsumsi.
  • Air fryer memilih tiga ukuran, mulai dari yang kecil, sedang, dan besar. Pastikan kamu memilih sesuai dengan kapasitas kebutuhanmu.
  • Pastikan kamu menggunakan minyak yang dapat menahan suhu tinggi. Seperti minyak zaitun, minyak sayur, atau kanola.
  • Sama halnya seperti menggoreng pada umumnya, pastikan air fryer telah panas. Hal ini agar makanan tidak terlalu lama berada di dalamnya.
  • Hindari memasukkan makanan terlalu banyak. Tujuannya untuk menghindari tingkat kematangan yang tidak merata.
  • Selalu membersihkan air fryer setelah menggunakannya.

Baca Juga: Ingin Gorengan Tidak Terlalu Berminyak Saat Dimakan? Ini Tipsnya!

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang telah Seruni rangkum di atas, penggunaan air fyrer maupun teknik menggoreng dengan minyak, memiliki risikonya masing-masing. Jika ingin menghindari risiko tersebut, maka kurangilah makanan berminyak dan perbanyak mengonsumsi makanan yang dikukus atau rebus.

Namun, jika kamu ingin menikmati gorengan, baik yang digoreng dengan minyak atau air fryer, pastikan membatasi jumlah dan frekuensinya. Selebihnya, silakan kamu sesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan masing-masing.

  • Bagikan
seruni.id