Kenapa Allah Menguji Kita?

inspiradata.com

Seruni.id – Pernahkah kita mengeluh karena Allah memberikan ujian yang tiada habisnya? Pernahkah kita menganggap bahwa Allah tidak adil kepada hambanya, karena hanya kita yang diberikan cobaan bertubi-tubi? Pasti jawabannya, iya. Ketahuilah, sesungguhnya ada alasan kenapa Allah menguji kita. Berikut ulasannya:

Hasil gambar untuk wanita menangis
intisari.grid.id
[read more]

1. Allah Ingin Meninggikan Derajat Kita

Cobaan hidup yang Allah berikan, sesungguhnya untuk meningkatkan derajat kita di depan Allah. Semakin berat cobaan yang diberikan, semakin tinggi pula derajat kita di depan Allah jika kita bisa sabar dan tawakal.

Kita bisa mengambil contoh dari pra Nabi, derajat mereka sangat tinggi di depan Allah sebab mereka berhasil melalui ujian yang sangat berat. Cobaan berat tidak membuat tingkat iman mereka lemah, justru tingkat keimanan mereka semakin meningkat.

2. Allah Ingin Menguji Iman Kita

Allah menguji kita semata-mata hanya ingin tahu seberapa kuat keimanan hambanya. Maka, jangan mengaku sebagai orang beriman sebelum Allah menguji kita, dan janganlah mengeluh ketika mendapati ujian tersebut. Karena sesungguhnya Allah tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan manusia. Sebab, orang yang beriman dan bertaqwa pasti akan diuji oleh Allah.

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS: Al-Ankabut, ayat 2-3).

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS: Al-Baqarah, ayat 214).

3. Untuk Menghapus Dosa-dosa Kita

Seharusnya kita bisa bersyukur ketika Allah memberikan ujian, karena itu merupakan satu tanda jika Allah masih menyayangi kita. Dengan diberikan berbagai macam cobaan, dosa-dosa kita akan berguguran seperti daun yang berjatuhan dari pohonnya. Tapi dengan syarat kita ikhlas menerima cobaan itu dan tetap beriman kepada Allah.

4. Allah Tidak Ingin Kita Berpaling Dari-Nya

Kebanyakan dari kita sering melupakan Allah dan justru asyik dengan urusan dunia. Seperti dilancarkan usahanya, tidak ada permasalahan dan hidup dipenuhi dengan kesenangan dan kemewahan. Namun, ketika diberikan ujian, kebanyakan orang suka mendadak kembali kepada Allah karena mereka sadar hanya Allah yang bisa menolongnya. Jadi dapat disimpulkan, jika kita diberikan cobaan yang tiada henti, Allah tidak ingin kita berpaling dari-Nya. Ketahuilah kalau semua cobaan kita pasti akan berbuah manis.

Semoga kita bisa mengambil hikmahnya dan bisa menerima cobaan yang sedang menimpa kita saat ini setelah mengetahui alasannya.

 

[/read]

 

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.