7 Kesalahan Mengikat Rambut yang Membuatnya Semakin Rontok

7 Kesalahan Mengikat Rambut yang Membuatnya Semakin Rontok
beritagar.id

Seruni.id – Menguncir atau mengikat rambut memang menjadi solusi untuk membuat rambut tampak rapi. Namun, jika dilakukan dengan cara yang salah, maka bisa-bisa rambutmu akan semakin berantakan, dan parahnya kesalahan mengikat rambut akan membuatnya mudah rontok dan terlihat lepek, loh.

7 Kesalahan Mengikat Rambut yang Membuatnya Semakin Rontok
rambutkini.blogspot.com

Nah, jika tidak ingin hal itu terjadi, maka kamu perlu menghindari kesalahan tersebut. Lantas, apa saja kesalahannya?

1. Mengikatnya Saat Masih Basah

Ketika selesai keramas dan kondisi sedang terburu-buru, mungkin kita akan langsung mengikat rambut, mengingat untuk mengeringkannya membutuhkan waktu yang lama. Meskipun nantinya rambut akan kering dengan sendirinya, namun kesalahan mengikat rambut yang satu ini harus dihindari, ya. Sebab, menguncirnya dalam keadaan masih basah, dapat menyebabkan masalah, rambut menjadi rentan rontok dan patah. Jika tak ingin rambut basah menganggu aktivitas, sebaiknya bungkus rambutmu dengan handuk lembut hingga kering. Atau jika sedang terburu-buru, kamu bisa memanfaatkan hair dryer.

2. Memakai Ikat Rambut Berbahan Logam atau Karet Gelang

Pemilihan ikat rambut yang kurang tepat juga akan membuat rambut rontok lebih cepat. Maka sebaiknya, hindarilah memilih kunciran berbahan logam atau karet gelang yang akan membuat rambut menjadi lengket, mudah kusut, dan patah. Usahakan untuk memilih ikat rambut berbahan kain lembut, seperti ikat rambut cepol atau scrunchie.

3. Mengikat Rambut di Tempat yang Sama

Pernah gak sih, kamu mengikat rambut dalam jangka waktu yang lama, kemudian ketika dibuka, rambut terasa kaku dan meninggalkan bekas? Kalau iya, yuk dihindari sekarang juga. Karena kebiasaan mengikat rambut di tempat yang sama dalam jangka waktu yang lama secara terus menerus, akan memberi tekanan yang akan merusak folikel rambut. Apabila kebiasaan ini tidak dihentikan, maka rambut akan semakin rentan rusak dan rontok.

4. Mengikatnya Secara Terus Menerus

Bagi pemiliki rambut panjang, mungkin sering mengalami rasa gerah ketika rambut digerai begitu saja. Alhasil, mengikatnya jadi solusi yang paling sering dilakukan. Namun, jika diikat terus menerus, hanya akan membuat rambut menjadi mudah rusak, loh. Jadi lebih baik, ikatlah rambut ketika memang sedang dibutuhkan saja, ya.

5. Mengikatnya Terlalu Kencang

Kesalahan mengikat rambut berikutnya adalah menguncirnya terlalu kencang. Namun terkadang, jika tidak diikat dengan kencang, akan terasa seperti mau lepas. Benar, kan? Tapi, kebiasaan ini sangat salah. Jika kamu mengikat terlalu kencang, justru hanya akan membuatnya menjadi mudah rapuh, rontok, dan lama-kelamaan akan menipis. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat folikel rambut menjadi rusak dan membuatmu sakit kepala. Jadi, berikan ruang pada rambut untuk bernapas ketika mengikatnya dengan membiarkannya sedikit renggang. Solusi lainnya, kamu bisa melepaskan ikatan rambut setidaknya setiap 1-2 jam sekali agar rambut tetap bisa bernapas.

6. Tidur dengan Rambut Diikat

Kebiasaan yang satu ini mungkin seringkali dilakukan banyak orang. Cara ini memang ampuh dilakukan untuk mencegah rambut kusut saat bangun tidur. Namun, saat kamu berbalik badan atau bergerak di waktu tidur, akan terjadi tekanan pada rambut yang diikat itu. Sehingga tanpa disadari, hal tersebut akan menyebabkan masalah pada rambutmu. Untuk menghindari masalah rambut terjadi, sebaiknya hindari mengikat rambut sebelum tidur, ya.

7. Menarik Lepas Ikatan Rambut dengan Keras

Melepas ikatan rambut memang hal yang sepele, tapi untuk melakukannya harus tetap berhati-hati, ya. Pastikan kamu membuka ikatan tersebut dengan lembut agar tidak merusak rambut. Menarik lepas ikatan rambut dengan keras atau memaksa ikatan agar terlepas hanya akan merusak rambut hingga ke akarnya. Kebiasaan ini hanya akan membuat rambut jadi mudah rontok dan patah. Selain itu, rambut jadi mudah kusut dan berantakan, sehingga kemungkinan untuk rontok jadi semakin besar. Urai ikatan dengan perlahan hingga akhirnya terlepas tanpa menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga: Jangan Dulu Dipotong, Ini Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Kusut

Meski kesalahan mengikat rambut di atas terlihat sangat sepele. Namun, kebiasaan ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan. Pastikan kamu menghindari tujuh hal di atas, agar rambutmu tetap terjaga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.