8 Keutamaan Bertobat Bagi Seorang Muslim, Jangan Ditunda!

8 Keutamaan Bertobat Bagi Seorang Muslim, Jangan Ditunda!
betuahpos.com

Seruni.id – Ketika kita melakukan suatu kesalahan atau dosa, maka kita harus segera bertobat dan jangan menundanya lagi. Terlebih ada beberapa keutamaan bertobat yang akan kita dapatkan. Namun, terkadang setelah bertobat, kita sering mengulang kembali dosa yang sama, hingga terbesit rasa malu untuk kembali memohon ampun kepada Allah SWT.

8 Keutamaan Bertobat Bagi Seorang Muslim, Jangan Ditunda!
bincangmuslimah.com

Namun sayangnya, malu untuk bertobat adalah hal yang keliru. Sebab, kita diperintahkan untuk tidak berputus asa dari rahmat dan ampunan-Nya. Sebagaimana yang tertuang dalam Q.S Az Zumar ayat 53 berikut ini,

“Katakanlah, ‘Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri. Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang’,”

Manusia tak luput dari yang namanya salah dan dosa, maka dari itu kita harus sering-sering bertobat, membersihkan diri, dan mempertebal keimanan. Selain itu, keutamaan bertobat pun bisa kita rasakan ketika kita bersungguh-sungguh, loh. Adapun keutamannya sebagai berikut:

1. Jalan untuk Meraih Kecintaan Allah SWT

Keutamaan bertobat yang pertama adalah merupakan jalan untuk meraih kecintaan Allah SWT. Sebab, tak ada yang lebih beruntung daripada hamba yang dicintai oleh Sang Pencipta. Dari Dialah kita berasal dan kepada-Nya kita akan kembali. Inilah mengapa jika kita bertobat akan mendatangkan kecintaan dari-Nya. Sebagaimana dalam ayat berikut, Allah SWT berfirman yang artinya,

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat, dan mencintai orang-orang yang suka berserah diri.” (Q.S Al Baqarah: 222).

2. Menjadi Jalan Dihapusnya Segala Dosa

Selama kita masih diberi kesempatan untuk hidup, Allah SWT membuka pintu tobat seluas-luasnya. Tak peduli seberapa banyak dosa dan kesalahan seorang hamba. Allah SWT berfirman, yang artinya,

“Dialah Allah yang menerima tobat dari hamba-hamba-Nya dan Maha Mengampuni berbagai kesalahan.” (Q.S Asy Syuura: 25).

Rasulullah pun bersabda, “Seorang yang bertobat dari suatu dosa, sebagaimana orang yang tidak berdosa.” (H.R Ibnu Majah).

3. Jalan Menuju Pintu Surga dan Selamat dari Siksa Api Neraka

Keutamaan bertobat berikutnya adalah menjadi jalan menuju pintu surga dan selamat dari siksa api neraka. Namun, jika seorang hamba bertobat dengan sungguh-sungguh dan tidak mengulanginya kembali. Sebagaimana dalam firman Allah SWT yang artinya,

“..Kecuali orang-orang yang bertobat di antara mereka, dan beriman serta beramal saleh, maka mereka itulah orang-orang yang akan masuk ke dalam surga dan mereka tidaklah dianiaya barang sedikit pun.” (Q.W Maryam: 59-60).

4. Digantinya Semua Keburukan dengan Kebaikan

Keutamaan besar lainnya yang akan diterima oleh orang yang bertobat adalah keinginan untuk mengubah keburukannya dengan amal-amal saleh. Allah SWT berfirman yang artinya,

“..Kecuali orang-orang yang bertobat dan beramal saleh maka mereka itulah orang-orang yang digantikan oleh Allah keburukan-keburukan mereka menjadi berbagai kebaikan.” (Q.S Al Furqan: 68-70).

5. Jalan Keberuntungan Seorang Muslim

Allah SWT berfirman yang artinya, “Dan bertobatlah kepada Allah wahai semua orang yang beriman, supaya kalian beruntung.” (Q.S An Nuur: 31).

Sungguh kita akan merugi jika di kehidupan yang sangat singkat ini, hanya menghimpun dosa. Sebab, pertanggung jawaban di akhiar kelak amatlah berat. Maka bertobatlah dari kesalahan untuk benar-benar “hijrah” ke jalan yang benar adalah langkah muslim yang beruntung.

6. Tobat Dapat Menurunkan Berkah dari Atas Langit

Saat kekeringan melanda, maka umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak tobat dan insaf dari segala dosa dan kesalahan. Sebab, bisa jadi dosa-dosa tersebutlah yang menjadi penghalang datangnya keberkahan dari langit.

“Wahai kaumku, minta ampunlah kepada Tuhan kalian kemudian bertobatlah kepada-Nya niscaya akan dikirimkan kepada kalian awan dengan membawa air hujan yang lebat dan akan diberikan kekuatan tambahan kepada kalian, dan janganlah kalian berpaling menjadi orang yang berbuat dosa.” (Q.S Hud: 52).

7. Mendatangkan Doa-doa Baik dari Malaikat

Keutamaan bertobat selanjutnya adalah malaikat akan mendoakannya. Inilah mengapa Allah SWT begitu mencinta hambanya yang kembali ke jalan yang lurus.

“Para Malaikat yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya, bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala.” (Q.S. Al Ghafir:7)

8. Mendatangkan Keimanan dan Pahala yang Besar

Ketika hati telah bersih dari segala dosa, maka ia akan mudah untuk menerima segala nasihat, terlebih tentang kebaikan. Karena mudah menerimanya, maka akan mudah mula mengamalkannya. Tumpukan dosa pun tertutupi dengan limpahan pahala yang didapat usai bertaubat.

“…Kecuali orang-orang yang bertaubat, memperbaiki diri dan berpegang teguh dengan agama Allah serta mengikhlaskan agama mereka untuk Allah, mereka itulah yang akan bersama dengan kaum beriman dan Allah akan memberikan kepada kaum yang beriman pahala yang sangat besar.” (Q.S. An Nisa: 146).

Baca Juga: 12 Cara Bertobat dari Dosa Zina

Itulah delapan keutamaan bertobat yang sebaiknya harus disegerakan dan tidak menundanya. Terlebih di bulan suci Ramadhan ini, menjadi momen yang tepat untuk kita membersihkan diri dengan bertobat yang sungguh-sungguh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.