Jangan Bosan, ini 5 Keutamaan Mengulang Doa dalam Islam

  • Bagikan
Jangan Bosan, ini 5 Keutamaan Mengulang Doa dalam Islam
fimela..com

Seruni.id – Mengulang doa laksana kayuhan sepeda, yang suatu saat akan membawa kita ke arah yang kita tuju. Maka jangan pernah bosan apalagi sampai berhenti melakukannya. Meski saat ini segala doa belum juga dijabah, yakinlah Allah SWT punya waktu yang tepat untukmu. Agar kamu tak bosan jika harus mengulang doa, berikut Seruni telah merangkum beberapa keistimewaannya. Simak berikut ini:

Jangan Bosan, ini 5 Keutamaan Mengulang Doa dalam Islam
zonabanten.pikiran-rakyat.com

 

1. Sunnah Rasulullah

Mengulang doa merupakan salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan oleh Rasulullah SAW. Menurut Ibnu Mas’ud radiyallahu’anhu mengatakan:

“Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menyukai berdoa (dengan mengulang) tiga kali dan istighfar tiga kali.”

 

2. Menghindari dari Murkanya Allah SWT

Keistimewaan dari mengulang doa yaitu dapat menghindari kita dari murkanya Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang Allah SWT firmankan di dalam surat Gafir ayat 60 yang artinya:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina.”

 

3. Menguatkan Keimanan

Ketika senantiasa mengulang doa, maka akan menguatkan keimanan seseorang. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, sebagai berikut:

“Barang siapa di antara kalian telah dibukakan baginya pintu doa, pasti dibukakan pula baginya pintu rahmat, dan tidaklah Allah diminta sesuatu yang lebih Dia senangi daripada diminta kesehatan (atau keselataman).”

 

4. Dijauhkan dari Rasa Gelisah

Selain mendapatkan pahala, mengulang doa menjadi salah satu senjata yang ampuh untuk melawan rasa gelisah. Hal ini diungkapkan oleh Rasulullah SAW, beliau bersabda:

“Barang siapa tidak mau meminta kepada Allah, niscaya Dia akan marah kepadanya.” (HR. Ahmad II/442 no.9699, dan At-Tirmidzi V/456 no.3373, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Dan dihasankan syaikh Al-Albani).

5. Mendapatkan Pahala

Mengulang daoa merupakan bentuk keistimewaan Islam, salah satunya akan memperoleh pahala berkali-kali bagi umatnya. Hal itu disampaikan oleh Nabi SAW:

“Doa adalah ibadah.” (HR. Abu Daud no. 1479, At Tirmidzi no. 2969, Ibnu Majah no. 3828 dan Ahmad 4/267: dari An Nu’man bin Basyir)

Baca Juga: 6 Jenis Doa yang Dibenci Allah SWT, Jangan Lakukan!

Demikianlah keutamaan berdoa dalam Islam yang dilakukan secara berulang. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan